Ini Bedanya Gangguan Bipolar dan Mood Swing

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   19 Agustus 2020
Ini Bedanya Gangguan Bipolar dan Mood SwingIni Bedanya Gangguan Bipolar dan Mood Swing

Halodoc, Jakarta – Mood swing bisa menjadi bagian dari gangguan bipolar. Mood swing adalah perubahan suasana hati dan mood swing pada orang dengan gangguan bipolar bisa berbeda tergantung pada tingkat keparahan dan durasinya. 

Pada kondisi mood swing, perubahan suasana hati biasanya tidak mengganggu kehidupan. Jika kamu mengalami sedikit ups and down tapi masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari, itu adalah hal yang lumrah. Sedangkan pada gangguan bipolar, mood swing yang terjadi bisa mengganggu kualitas hidup. Informasi selengkapnya mengenai gangguan bipolar dan mood swing bisa dibaca di sini!

Mengenal Gangguan Bipolar dan Mood Swing

Terkadang, perubahan suasana hati atau mood swing adalah gejala penyakit mental. Ini juga bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang terjadi di tubuh. Mood swing yang serius dapat mengancam kualitas hidup dan perlu mendapatkan penanganan medis. 

Perubahan gaya hidup sering kali dapat membantu meringankan gejala mood swing. Stres dan kecemasan terkadang memicu seseorang mengalami mood swing. Selain itu, kurang tidur juga dapat memicu terjadinya mood swing

Baca juga: Apa yang Membedakan Gangguan Bipolar dengan Depresi?

Orang yang mengalami gangguan kecemasan biasanya juga mengalami mood swing. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, mood swing bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan mental lainnya. 

Jika butuh informasi lebih lanjut mengenai gangguan mood swing bisa ditanyakan langsung kepada psikolog di Halodoc. Dokter spesialis kejiwaan atau psikolog akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Bipolar sendiri sebagai sebuah gangguan dengan gejala mood swing memiliki gejala mood swing yang signifikan dengan tanda utamanya adalah: 

1. Perubahan mood secara berkala. 

2. Perputaran suasana hati yang cepat. 

3. Psikosis.

Beberapa orang yang mengidap gangguan bipolar bisa mengalami perubahan suasana hati yang ditandai dengan perubahan mood secara perkala. Bisa menjadi manik atau bahkan hipomanik di masa-masa tertentu, bahkan bisa juga dalam hitungan jam. 

Baca juga: Dampak Kesehatan Mental yang Dialami Korban Pedofilia

Orang dengan gangguan bipolar yang episodenya parah, mania dan/atau depresi mungkin akan mengalami psikosis, yang didefinisikan sebagai pelepasan dari kenyataan. Gejala psikosis mungkin termasuk keyakinan salah, juga dikenal sebagai delusi, bersamaan dengan pendengaran dan/atau melihat hal-hal yang sebenarnya tidak ada atau halusinasi.

Mengatasi Mood Swing dan Bipolar

Untuk gangguan mood swing biasa, cara penanganannya adalah dengan perubahan gaya hidup. Ini bisa dimulai dari olahraga teratur. Aktivitas fisik yang rutin sangat bagus untuk kesehatan fisik dan mental, sehingga membantu kamu mengatasi dan menghindari perubahan mood.

Saat berolahraga, tubuh menghasilkan hormon endorfin yang dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati. Menghindari kafein, alkohol, dan gula dapat membantu mengatasi mood swing

Baca juga: Kejadian Traumatis Bisa Sebabkan Distimia

Kafein bisa membantu mengurangi lelah tetapi bisa memperparah kecemasan dan kegugupan. Alkohol juga dapat memperburuk suasana hati yang dan membuat kamu berperilaku tidak rasional. 

Demikian juga dengan makanan manis, meski lezat, bisa menyebabkan perubahan kadar gula darah. Fluktuasi ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan gejala lainnya. Makan dalam porsi kecil dapat menstabilkan suasana hati.

Seperti yang disinggung sebelumnya, perubahan gula darah setelah makan besar dapat berkontribusi pada perubahan emosi. Makanan yang lebih kecil dan dibagi sepanjang hari, dapat membantu menstabilkan gula darah untuk menjaga agar perubahan suasana hati yang ekstrem ini tidak terjadi.

Stres dan kecemasan dapat memperburuk gejala mood swing. Meditasi, pernapasan dalam, dan yoga terbukti membantu mengelola stres. Untuk penanganan gangguan bipolar sendiri lebih khusus meliputi terapi perilaku dan obat-obatan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Bipolar Disorder.
ABCNEWS.GO.COM. Diakses pada 2020. Am I Bipolar Or Just Moody?
WebMD. Diakses pada 2020. Are My Mood Swings Normal?
DualDiagnosis. Diakses pada 2020. Understanding the Difference Between Bipolar Disorder and Life’s Normal Ups and Downs.
Healthline. Diakses pada 2020. What Causes Extreme Mood Shifts in Women?


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan