Ini Besar Kalori Segelas Bubble Tea yang Perlu Diketahui

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Agustus 2023

“Sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi bubble tea. Meskipun besar kalorinya bervariasi, tetapi minuman ini bisa memicu masalah kesehatan karena kandungan gulanya yang sangat tinggi.”

Ini Besar Kalori Segelas Bubble Tea yang Perlu DiketahuiIni Besar Kalori Segelas Bubble Tea yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Bubble tea adalah minuman teh yang ditambah dengan bubble atau boba yang bertekstur kenyal. Bila kamu termasuk salah satu penyuka minuman manis yang berasal dari Taiwan ini, kamu perlu mengetahui jumlah kalori dari segelas bubble tea

Pasalnya, minuman ini memiliki kalori yang tinggi. Alhasil, bisa meningkatkan berat badan dan masalah kesehatan lainnya bila kamu konsumsi secara berlebihan. Yuk, ketahui seberapa berkalorinya minuman ini melalui ulasan berikut!

Jumlah Kalori dalam Segelas Bubble Tea

Jumlah kalori dari segelas minuman ini sebenarnya bervariasi tergantung pada susu, gula, dan topping-nya. Untuk teh susu khas seukuran 500 mililiter dengan tambahan mutiara atau boba tapioka, mengandung sebanyak 325 kalori.

Sebagian besar kafe sekarang menawarkan ukuran yang lebih besar dari biasanya, yaitu 700 mililiter yang mengandung sebanyak 455 kalori. Sedangkan camilan sehat biasanya hanya memiliki 150-300 kalori.

Jadi, minum segelas ukuran standar sudah menghabiskan kuota kalori dari snack kamu untuk hari itu. Pasalnya, mengonsumsi minuman tersebut yang berukuran 700 mililiter, setara dengan makan 1,5 snack dalam ‘sekali duduk’.

Bila kamu minum segelas bubble tea setiap hari tanpa mengubah pola makan atau berolahraga, kenaikan berat badan bisa terjadi sebanyak 1-2 kilogram dalam sebulan. 

Nah, agar berat badan kamu bisa terkontrol dengan baik, kamu bisa simak berbagai olahraga yang tepat pada artikel Berbagai Jenis Olahraga untuk Diet yang Optimal

Waspada Dampak Terlalu Banyak Mengonsumsi Bubble Tea

Sebaiknya jangan berlebihan saat mengonsumsi bubble tea, karena kebiasaan ini bisa memicu banyak masalah kesehatan, seperti: 

1. Meningkatkan risiko obesitas

Bubble tea mengandung gula yang sangat tinggi. Karena itu, terlalu sering mengonsumsi minuman ini berisiko memicu obesitas. Kelebihan gula membuat protein dalam tubuh berkurang yang bisa memicu peningkatan hormon ghrelin (hormon lapar). 

Hormon ini yang membuat nafsu makan meningkat sehingga sulit untuk mengontrol berat badan. Selain itu, obesitas juga bisa memengaruhi kecerdasan seseorang. Simak ulasannya pada laman ini Pengaruh Obesitas pada Kesehatan dan Kecerdasan Anak

2. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Boba yang terdapat dalam minuman bubble tea berasal dari tapioka. Adapun, tapioka ini kadang mengandung bahan tambahan yang bernama guar gum

Adapun, guar gum berfungsi untuk mempertahankan keutuhan boba tapioka serta membuatnya mengembang saat kamu rendam dalam air.

Jika kamu konsumsi secara berlebihan, guar gum dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti perut terasa penuh dan rasa nyeri atau kram pada perut. Dalam kasus yang jarang terjadi, guar gum juga dapat mengakibatkan penyumbatan pada saluran pernapasan dan pencernaan.

3. Meningkatkan Risiko Penyakit Tertentu

Minuman bubble tea yang mengandung lemak tinggi dapat mengakibatkan penumpukan kolesterol dalam darah jika kamu konsumsi secara berlebihan. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, kadar gula yang tinggi dalam minuman ini juga berperan dalam meningkatkan risiko resistensi insulin, yang akhirnya dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Kandungan gula dalam bubble tea juga dapat mengganggu proses penghilangan asam urat dari tubuh, sehingga meningkatkan risiko penyakit asam urat.

4. Memicu perubahan suasana hati

Mengonsumsi minuman dengan tinggi gula membuat peningkatan kadar gula dalam darah. Ketika kadar gula menurun secara drastis, hal ini membuat kamu akan merasa cemas dan gelisah.

Kondisi ini bahkan bisa memicu perubahan suasana hati. Bahkan, terlalu sering mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang mengandung gula, bisa meningkatkan risiko stres hingga depresi.

5. Berisiko mengalami masalah gigi

Terlalu sering mengonsumsi minuman manis membuat pertumbuhan dan perkembangan bakteri dalam gigi semakin meningkat. Bakteri akan menghabiskan sisa-sisa gula setelah kamu mengonsumsi bubble tea.

Bakteri juga dapat menyebabkan munculnya plak dan memicu munculnya karang gigi. Jika sudah seperti ini, kamu memerlukan pertolongan dokter gigi untuk mengatasi permasalahan yang ada pada mulut dan gigi.

Jadi, pastikan untuk selalu membatasi asupan makanan dan minuman manis agar kesehatan gigi tetap optimal.

Tips Sehat Mengonsumsi Bubble Tea

Mengingat segelas bubble tea mengandung kalori yang cukup tinggi, sebaiknya cobalah untuk mengurangi atau membatasi konsumsi minuman ini. Tujuannya, agar berat badan tetap terjaga dan kamu pun terhindar dari berbagai risiko kesehatan.

Namun, bila kamu sesekali ingin mengonsumsi minuman manis ini, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kalori dan membuatnya sedikit lebih sehat:

  • Mintalah penjual untuk mengurangi porsi bubble, atau pilihlah topping yang memiliki lebih sedikit kalori, seperti grass jelly.
  • Kurangi gula dengan meminta less sugar (sekitar 70 persen rasa manis), kemudian menjadi half sugar  (50 persen), dan akhirnya menjadi slight sugar (30 persen).
  • Gantilah penggunaan susu biasa menjadi susu almond atau susu kedelai. Alternatif susu seperti susu almond mengandung hampir setengah kalori dari 2 persen susu. Namun, berhati-hatilah, karena ada alternatif susu yang malah lebih tinggi kalori.

Itulah berbagai dampak terlalu banyak mengonsumsi bubble tea dan tips yang bisa kamu coba, jika kamu atau keluarga kamu ingin mengonsumsinya. Jangan lupa untuk memperbanyak asupan air putih juga, ya.

Jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatanmu dan keluarga dengan produk kesehatan berkualitas. Dapatkan secara mudah di aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Drink Pearly. Diakses pada 2023. How Many Calories Are In A Bubble Tea?
South China Morning Post. Diakses pada 2023. Drinking bubble tea: what’s in it, and how can you cut back on all the calories?
Nourish by Web MD. Diakses pada 2023. Boba Tea: Are There Health Benefits?
E Times. Diakses pada 2023. Here is How Bubble Tea Affects Your Health.
Health Essentials. Diakses pada 2023. Effects of Drinking Bubble Tea on The Skin.
Blue Island Smiles. Diakses pada 2023. Does Sugar Cause Cavities? The Answer May Surprise You!

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan