• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengatasi Trauma yang Patut untuk Segera Dicoba
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Mengatasi Trauma yang Patut untuk Segera Dicoba

Ini Cara Mengatasi Trauma yang Patut untuk Segera Dicoba

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 November 2022

“Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi trauma masa lalu. Termasuk berlatih self-care dan melakukan meditasi.”

Ini Cara Mengatasi Trauma yang Patut untuk Segera DicobaIni Cara Mengatasi Trauma yang Patut untuk Segera Dicoba

Halodoc, Jakarta – Cara mengatasi trauma adalah salah satu keahlian yang kamu butuhkan. Sebab, sepanjang hidup, adalah hal yang biasa untuk mengalami peristiwa traumatis. Entah itu tindakan kekerasan, cedera serius, pelecehan seksual, atau peristiwa mengejutkan lainnya. 

Hal-hal tersebut dapat menyebabkan trauma hingga jangka panjang. Kamu bahkan mungkin mengalami stres traumatis hanya dengan menyaksikan peristiwa yang serupa atau memiliki anggota keluarga dekat atau teman yang mengalami peristiwa semacam itu.

Cara Mengatasi Trauma

Berikut ini beberapa cara mengatasi trauma yang bisa kamu coba:

1. Terima Dukungan

Pertama dan terpenting, melewati trauma adalah keinginan untuk sembuh dan bersedia menerima bantuan dan dukungan. Meski ternyata sebagian besar perjalanan penyembuhan terjadi sendiri, atau mungkin melibatkan banyak dukungan komunitas atau terapi individu. 

Apapun caranya, kamu akan memiliki peluang terbaik untuk pulih dari trauma jika menerima dukungan. Baik dari orang yang kamu cintai, kelompok pendukung, terapis, atau dari teman atau kolega. 

2. Aktif secara Fisik

Olahraga bisa jadi cara yang mudah dan efektif untuk mengatasi trauma. Selain secara langsung membantu kamu sembuh, olahraga dan gerakan fisik juga memberi tubuh bahan kimia perasaan nyaman yang sangat dibutuhkan seperti endorfin.

3. Kenali dan Kelola Emosi

Menulis jurnal adalah cara umum untuk mengelola stres dan melewati trauma. Cobalah jika dirasa bermanfaat bagi kamu. Jika tidak, tetap berguna untuk menghabiskan waktu untuk mengenali emosi kamu. 

Lakukan yang terbaik untuk berhubungan dengan apa yang kamu rasakan. Biarkan diri mengalaminya sepenuhnya selama beberapa saat, lalu perhatikan bagaimana emosi itu berlalu.

Merasakan emosi, dan menerimanya, adalah cara mengatasi trauma yang efektif. Kamu mungkin memiliki beberapa perasaan sulit di sepanjang jalan, seperti kemarahan, dan itu tidak masalah. Wajar jika memiliki berbagai macam emosi, dan tidak ada salahnya jika beberapa di antaranya baru bagi kamu.

4. Berlatih Self-Care

Self-care atau perawatan diri dapat membantu mengurangi stres. Latih perawatan diri melalui perjalanan mengatasi trauma dengan mengambil tindakan secara teratur, untuk melakukan hal-hal yang terasa baik dan mencintai diri sendiri.

Tindakan ini sederhana dan tak perlu mengeluarkan biaya. Hal yang terpenting adalah menyisihkan waktu untuk mengurus diri sendiri, dan melakukan hal-hal yang membuat kamu merasa berharga.

5. Istirahat

Selama mempraktikkan cara mengatasi trauma, kamu mungkin merasa lebih lelah dari biasanya. Kamu mungkin merasa memiliki energi fisik, tetapi pikiran tidak bekerja dengan baik. Penyembuhan dari trauma membutuhkan banyak energi.

Cara terbaik untuk mengatasi berkurangnya energi adalah bersikap lembut terhadap diri sendiri. Beristirahatlah dan lakukan hal-hal yang menyenangkan. Beri diri waktu sejenak akan membantu menjaga energi dan memastikan kamu tidak kelelahan.

6. Berlatih Mindfulness atau Meditasi

Cara lain yang bisa dicoba untuk mengatasi trauma adalah berlatih mindfulness atau meditasi. Ini dapat membantu kamu menghilangkan stres. Selain itu, meditasi dan latihan pernapasan juga dapat membantu kamu merasa lebih rileks dan tenang dalam hidup. 

7. Terlibat dalam Kreativitas

Bersenang-senang adalah alat penyembuhan yang hebat. Menjadi kreatif bisa jadi solusi. Ini bisa berupa apa saja, termasuk membuat musik, menulis puisi, menulis jurnal, atau bahkan sekadar membaca buku fiksi. Jika bingung mulai dari mana, kamu bisa coba ikut kelas terapi seni.

Itulah beberapa cara mengatasi trauma yang bisa kamu coba. Jika cara-cara tersebut tak berhasil, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan psikolog atau psikiater.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
American Psychological Association. Diakses pada 2022. How To Cope With Traumatic Stress.
Very Well Mind. Diakses pada 2022. 10 Ways to Heal From Trauma.