Ini Cara Meningkatkan Produktivitas saat Kerja Hybrid

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 November 2022

“Kamu perlu memilih tempat yang tepat untuk membantu kamu lebih fokus bekerja. Kalau memang kamar adalah pilihan terbaik, sebaiknya hindari bekerja di tempat tidur, yang hanya akan mengganggu posisi duduk saat bekerja.”

Ini Cara Meningkatkan Produktivitas saat Kerja HybridIni Cara Meningkatkan Produktivitas saat Kerja Hybrid

Halodoc, Jakarta –  Banyak orang yang mensyukuri sistem kerja hybrid seperti sekarang ini, di mana kamu tidak perlu selalu persen berada di kantor. Masa-masa kerja hybrid membuat pekerja bisa melakukan tugasnya lebih santai sambil  melakukan aktivitas lain. 

Ini sangat menguntungkan, terutama misalnya untuk ibu bekerja.  Ayah bekerja juga bisa bergantian menjaga anak ketika kebetulan dapat jadwal kerja di rumah. Buat karyawan yang mengambil pekerjaan sampingan, mereka juga lebih bisa leluasa mengatur waktu antara pekerjaan permanen dan sampingannya. 

Masalahnya, tidak semua orang bisa nyaman bekerja dengan sistem hybrid. Ada orang yang membutuhkan struktur supaya lebih disiplin dan teratur dalam bekerja. Yuk, simak cara meningkatkan produktivitas bekerja hybrid melalui ulasan berikut!

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Hybrid 

Hal yang membuat orang merasa nyaman bekerja di kantor adalah suasana kantor yang mendukung untuk fokus bekerja. Misalnya keteraturan, keberadaan atasan, ruang kerja yang formal, adanya jam istirahat dan waktu pulang, ini semua pada akhirnya membuat pekerja merasa punya waktu bekerja pasti.

Kerja hybrid, terutama ketika jadwal bekerja di rumah, kadang tidak terasa menyenangkan. Ketika bekerja dari rumah, kamu memang tidak perlu bangun pagi untuk berangkat ke kantor. Namun sayangnya, ini malah membuat pekerja jadi cenderung bersantai dan kurang produktif. 

Lantas, bagaimana caranya supaya tetap produktif meski kerja hybrid? Ini tipsnya:

1. Tetap Bangun Pagi

Ketika masih bekerja penuh di kantor, pekerja selalu mengupayakan untuk datang tepat waktu. Namun, aturan datang tepat waktu tidak bisa diterapkan sepenuhnya jika bekerja di luar kantor. 

Nah, supaya kamu tetap bisa produkti, sebaiknya tetap ikuti jam kantor dan melakukan pekerjaan sesuai dengan jam kerja yang telah ditetapkan. Supaya lebih bersemangat, sebelum mulai kerja, lakukan aktivitas fisik agar tidak mengantuk dan badan lebih fresh.

2. Singkirkan Apa Saja yang Memicu Distraksi

Jika kamu ingin memaksimalkan produktivitas dalam lingkungan kerja hybrid, kamu perlu menyingkirkan semua hal yang memicu distraksi. Misalnya bantal empuk yang terasa nyaman untuk dipeluk, akses ke televisi digital, jajanan, handphone, semuanya bisa membuat kamu tidak fokus bekerja. Pada hasilnya, ini akan menguras waktu untuk bekerja. 

3. Membuat Rencana

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan sebelum memulai hari bekerja adalah dengan membuat rencana. Perencanaan akan membantu memaksimalkan hari sehingga tidak terbuang sia-sia. Kamu pun bisa terhindar dari hal-hal yang semestinya tidak dilakukan. 

4. Buat Ruang Kerja Khusus di Rumah

Lingkungan tempat bekerja bisa memengaruhi produktivitas bekerja. Misalnya, kalau kamu bekerja di dapur atau di tempat tidur, bisa jadi akan begitu banyak distraksi.

Kamu perlu memilih tempat yang proper yang dapat membantu kamu bisa lebih fokus bekerja. Namun, kalau memang kamar adalah pilihan terbaik, sebaiknya hindari bekerja di tempat tidur karena ini hanya akan mengganggu posisi duduk saat bekerja.

5. Tetapkan Batasan 

Tetapkanlah batasan, seperti kapan waktu harus fokus dan kapan waktu beristirahat. Ini akan membantu menjaga keseimbangan produktivitas kerja. Ini juga bisa didukung dengan sistem operasional kantor, seperti mengadakan rapat rutin.

Rapat rutin dapat membantu mengingatkan kamu dan teman-teman kantor meskipun sedang tidak berada di tempat yang sama. Kalian tetap berada pada sistem yang terstruktur dan memiliki tanggung jawab kepada manajemen. Mengadakan rapat rutin juga membantu membuat semua orang tetap terlibat dan mempromosikan aspek humanisme seperti layaknya  bekerja di kantor.

Menurut survei yang dilakukan oleh Mercer South and East Asia (2020), bekerja hybrid justru dapat membuat pekerja lebih rentan stres karena tidak bisa membagi waktu. Supaya kerja lebih efisien dan produktivitas terjaga, ada baiknya kamu mempraktikkan tips yang sudah disebutkan tadi.

Kalau kamu tergolong orang yang rentan stres, dan tidak bisa menikmati kerja hybrid. Kamu bisa komunikasikan ke atasan atau coba konsultasikan masalahmu dengan profesional medis lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan mental lainnya!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Integrify. Diakses pada 2022. 3 Ways To Increase Productivity When Working In A Hybrid Work Environment.
The Enterprisers Project. Diakses pada 2022. Hybrid work: 4 ways to strengthen teams and boost productivity.
Recruitee.com. Diakses pada 2022. How to manage a hybrid working model: 7 tips to maintain productivity.
Intellect.co. Diakses pada 2022. Why hybrid work is taking a toll on our mental health, based on science.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan