Ini Cara Sederhana untuk Mencegah Batu Ginjal Sejak Dini

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Februari 2022

“Mencukupi kebutuhan minum air setiap hari merupakan salah satu cara terbaik dan utama untuk mencegah penyakit batu ginjal. Dengan mencukupi air minum setidaknya 3 liter sepanjang hari akan menjaga warna urine tetap jernih. Selain itu, batasi juga tambahan garam hingga makanan kaya oksalat.”

Ini Cara Sederhana untuk Mencegah Batu Ginjal Sejak DiniIni Cara Sederhana untuk Mencegah Batu Ginjal Sejak Dini

Halodoc, Jakarta – Cara terbaik untuk mencegah penyakit batu ginjal sejak dini yaitu memastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan minum air setiap hari. Kamu dianjurkan untuk minum hingga 3 liter air sepanjang hari setiap hari. Menjaga urine tetap jernih dapat mencegah produk limbah yang terlalu pekat dan membentuk batu. 

Kamu dapat mengetahui seberapa encer urine dengan melihat warnanya. Semakin gelap warna urine, maka semakin pekat. Urine biasanya berwarna kuning gelap di pagi hari, karena mengandung limbah yang dihasilkan tubuh dalam semalam. Minum air seperti teh, kopi, dan jus buah dapat dihitung sebagai asupan cairan. Namun, air putih adalah pilihan yang paling sehat dan terbaik untuk mencegah batu ginjal. 

Cara Mencegah Batu Ginjal Sejak Dini

Membuat penyesuaian dalam pola makan saat ini bisa membantu mencegah batu ginjal dengan sederhana. Berikut cara yang dapat dilakukan:

  1. Tetap Terhidrasi

Minum banyak air putih adalah cara terbaik untuk mencegah batu ginjal. Jika kurang minum, maka output urine akan rendah. Output  urine yang rendah berarti urine lebih terkonsentrasi dan cenderung tidak melarutkan garam urine yang menyebabkan batu. 

  1. Kurangi Asupan Natrium

Terlalu banyak kandungan garam dalam makanan dapat meningkatkan batu ginjal. Hal tersebut karena asupan garam berlebih di dalam urine mencegah kalsium diserap kembali dari urine ke darah. Hal ini menyebabkan kalsium urine tinggi, sehingga mengakibatkan terbentuknya batu ginjal. 

Mengurangi asupan garam dapat membantu menjaga kadar kalsium urine lebih rendah. Semakin rendah kalsium urine, semakin rendah pula terkena batu ginjal. 

  1. Kurangi Konsumsi Makanan Kaya Oksalat

Beberapa batu ginjal terbuat dari oksalat, senyawa alami yang ditemukan dalam makanan yang mengikat kalsium dalam urine untuk membentuk batu ginjal. Membatasi makanan kaya oksalat dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Makanan yang mengandung oksalat tinggi yaitu:

  • Bayam.
  • Cokelat.
  • Ubi jalar.
  • Kopi.
  • Kacang-kacangan.
  1. Batasi Konsumsi Protein Hewani

Makanan tinggi protein hewani bersifat asam dan dapat meningkatkan asam urine. Asam urine yang tinggi dapat menyebabkan batu ginjal. Cobalah untuk membatasi atau menghindari konsumsi daging merah, unggas, dan ikan. 

  1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium

Banyak yang mengira bahwa mengonsumsi kalsium merupakan penyebab utama batu ginjal. Padahal kekurangan kalsium sebenarnya justru dapat meningkatkan risiko seseorang terkena batu ginjal. Sebaiknya jangan kurangi kalsium, melainkan kurangi natrium dan makanan kaya oksalat. 

  1. Hindari Konsumsi Suplemen Vitamin C

Suplemen vitamin C (asam askorbat) dapat menyebabkan batu ginjal, terutama pada pria. 

Kapan Harus Ke Dokter?

Dalam beberapa kasus, mengubah pilihan makanan mungkin tidak cukup untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Jika batu ginjal terjadi secara berulang, sebaiknya bicarakan dengan dokter tentang perawatan dan pencegahan medis.

Perlu diketahui juga, beberapa resep obat atau obat bebas resep juga dapat menyebabkan batu ginjal. Beri tahu dokter jika kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan berikut ini:

  • Dekongestan.
  • Diuretik.
  • Antikonvulsan.
  • Steroid.
  • Obat kemoterapi.
  • Obat urikosurik.

Semakin lama kamu minum obat tersebut, semakin tinggi risiko batu ginjal. Jika kamu menggunakan salah satu dari obat-obatan di atas, bicarakan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc tentang pilihan obat lain. Karena kamu tidak boleh berhenti minum obat yang diresepkan tanpa persetujuan dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Ways to Prevent Kidney Stones
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. 5 steps for preventing kidney stones
Kidney. Diakses pada 2022. 6 Easy Ways to Prevent Kidney Stones

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan