Ini Cara Tepat untuk Menangani Hodophobia

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Desember 2022

“Terapi perilaku kognitif adalah salah satu teknik penanganan hodophobia. Teknik ini mengajari cara menguasai ketakutan, sehingga rasa takut itu tidak lagi mengganggu.”

Ini Cara Tepat untuk Menangani HodophobiaIni Cara Tepat untuk Menangani Hodophobia

Halodoc, Jakarta –    Hodophobia adalah istilah medis untuk orang yang memiliki ketakutan ekstrem saat bepergian. Bentuk ketakutannya bisa pada moda transportasi tertentu ataupun ketakutan akan peristiwa bencana alam yang bisa jadi mengiringi perjalanan.  

Hodophobia bisa menimbulkan kecemasan, tetapi ada cara untuk mengelola dan mengatasinya. Cara mengatasinya bisa dengan mempelajari tempat yang akan didatangi, memvisualisasikan diri akan berhasil melakukan perjalanan aman dan lancar,  melatih teknik pernapasan, dan bepergian dengan teman atau grup. 

Berikut ini adalah cara tepat menangani hodophobia yang bisa kamu lakukan!

Jenis Terapi untuk Penanganan Hodophobia

Pastinya, butuh waktu dan latihan untuk menguasai teknik koping untuk penanganan hodophobia. Mencoba berbagai pendekatan dapat membantu menentukan teknik mana yang tepat untuk mengatasi gejala kecemasan. 

Untuk menemukan teknik yang tepat, kamu perlu berkonsultasi dengan terapis kesehatan mental profesional. Sebelum menentukan terapi yang tepat, biasanya psikolog ataupun psikiater akan bertanya mengenai riwayat kesehatan, sejarah kondisi psikiatri, dan interaksi sosial.

Sejauh ini, ada dua jenis perawatan terapeutik yang tersedia:

1. Terapi Pemaparan

Tujuan terapi ini adalah untuk mengekspos fobia secara bertahap dan konsisten, sebagai bentuk desensitisasi (proses pengurangan sensasi emosional terhadap respons negatif).

2. Terapi Perilaku Kognitif 

Terapi perilaku kognitif menggabungkan berbagai teknik yang memberi strategi penanggulangan mental untuk memprogram ulang persepsi tentang ketakutan. Teknik ini membantu pengidapnya menguasai ketakutan, sehingga rasa takut itu tidak lagi mengendalikan.

3. Pengobatan

Kecemasan dan gejala panik sebagai akibat dari kondisi hodophobia dapat dibantu dengan pengobatan jangka pendek. Obat sementara yang paling umum digunakan adalah:

  • Beta blocker, yang menghentikan efek fisik dari lonjakan adrenalin yang menyebabkan gejala kecemasan seperti:

-Peningkatan detak jantung.

-Tekanan darah tinggi.

-Detak jantung cepat.

-Suara gemetar.

  • Obat penenang, yang mengurangi perasaan cemas yang berlebihan dan membantu rileks. Obat penenang digunakan dengan sangat hati-hati karena sifat adiktifnya.

Strategi Koping untuk Kondisi Hodophobia

Selain penanganan dari terapis, ada beberapa strategi koping yang digunakan untuk mengatasi hodophobia. Strategi koping ini perlu diperhatikan para pengidap dan menjadi catatan buat keluarga ataupun rekan perjalanan orang yang mengidap kondisi hodophobia ini.

Beberapa strategi tersebut antara lain:

  • Latihan melakukan perjalanan singkat yang kemudian seiring berjalannya waktu ditambah jaraknya. 
  • Mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin untuk mengurangi kecemasan.
  • Jika memungkinkan, pilihlah tujuan dengan tingkat stres yang rendah.
  • Buat jadwal dan rencana perjalanan secara mendetail sehingga kamu punya agenda yang jelas.
  • Bepergian dengan teman atau orang yang dapat dipercaya dan bisa memberikan kenyamanan. 
  • Bila memungkinkan, lakukan perjalanan sesering mungkin. 

Itulah informasi mengenai cara tepat menangani hodophobia. Kalau kamu punya masalah kesehatan dan butuh bertemu dokter langsung untuk memeriksakan diri, kamu bisa buat janji pemeriksaan ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. What to Know About Hodophobia.
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Fear of Traveling (Hodophobia)?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan