• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Usir Penuaan Dini di Leher

Ini Cara Usir Penuaan Dini di Leher

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Cara Usir Penuaan Dini di Leher

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu bagian tubuh mana yang paling rentan terhadap penuaan dini selain kulit wajah? Jawabannya adalah kulit di bagian leher. Pada bagian ini, kulit cenderung lebih tipis dan jika tidak diberi perawatan tepat maka dapat membuatnya terlihat “melorot” dan kehilangan elastisitas.

Jadi jika kamu memberikan perawatan khusus pada wajah, jangan sekali-kali melupakan bagian leher, ya. Kulit leher memerlukan perawatan kulit yang sama dan juga perhatian ekstra sekalugus. Kadang karena merasa bagian kulit ini “terlindung” di balik pakaian, maka kamu melewatkan penggunaan krim di leher. Padahal, sangat penting juga menggunakan tabir surya pada leher meskipun ia terlindungi dari sinar matahari.

Lalu bagaimana caranya mengusir penuaan dini di leher? Yuk, simak lima cara mudah ini yang bisa langsung kamu aplikasikan di beauty routine kamu setiap hari.

1. Beri Perlindungan
Jangan “memamerkan” bagian leher kamu ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. Kecuali saat berlibur di pantai, sebaiknya lindungi bagian leher dari sengatan sinar matahari. Gunakan pakaian yang bagian kerahnya tertutup, atau kamu bisa menggunakan topi besar atau syal untuk menutupi bagian ini. Jadi, kulit leher yang terbuka tidak langsung terkena sengatan sinar matahari.

2. Pentingnya Tabir Surya
Bukan cuma mencegah pigmentasi akibat paparan sinar matahari, tabir surya juga membantu memberikan perlindungan terhadap penuaan dini. Sebaiknya gunakan tabir surya pada leher sebanyak yang kamu gunakan pada kulit wajah. Semakin tinggi SPF-nya semakin ia bisa melindungi kulit dari sinar matahari. Perhatian kandungan SPF-nya agar sesuai dengan aktivitas yang kamu lakukan. Lalu pilih juga tabir surya yang bisa digunakan di kulit bagian leher agar tidak salah pilih.

3. Gunakan Krim Khusus
Tak ada salahnya memilih jenis krim khusus untuk perawatan kulit di bagian leher. Produsen kosmetik tertentu menyediakan krim khusus untuk bagian leher saja atau bagian mata saja. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Namun begitu, dari penelitian ditemukan bahwa ternyata krim wajah bisa memberikan manfaat yang sama jika diaplikasikan ke kulit leher. Jadi pilihan ada di tangan kamu, mau pilih krim khusus leher atau menggunakan krim wajah yang juga bisa diaplikasikan ke leher untuk atasi masalah penuaan dini.

4. Posisi Tidur
Ingin terhindari dari penuaan dini di leher? Coba pilih posisi tidur terlentang saja. Posisi tidur terlentang ini merupakan posisi tidur terbaik jika ingin cegah penuaan dini. Dengan tidur terlentang, leher akan berada dalam keadaan lurus di malam hari. Sedangkan jika kamu tidur dengan posisi menyamping ke kanan atau kiri, maka kulit bagian wajah dan leher akan tertekan di bantal. Jika dilakukan terus menerus, kebiasaan ini bisa menyebabkan munculnya garis halus di kulit, lho.

5. Gara-Gara Smartphone
Para dermatologi menyatakan jika penggunaan smartphone secara terus menerus nyatanya bisa membuat kerutan muncul di bagian leher. Ini karena ketika menggunakan smartphone kepala akan tertunduk ke bawah secara terus menerus sehingga risiko garis halus muncul lebih besar. Ingin terhindar dari penuaan dini di leher? Kurangi pemakaian smartphone, ya.

Kalau kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan yuk tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa bicara langsung dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu jika menginginkan produk kesehatan yang dibutuhkan seperti vitamin dan suplemen, kamu juga bisa membelinya di Halodoc, lho. Pesanan akan siap diantar ke tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.