Ini Dampak saat Seseorang Memiliki Pyrophobia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Desember 2022

“Pyrophobia adalah perasaan takut berlebihan pada api yang dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi aktivitas harian. Contohnya, selalu panik jika melihat api atau bahkan hanya mencium aromanya.”

Ini Dampak saat Seseorang Memiliki PyrophobiaIni Dampak saat Seseorang Memiliki Pyrophobia

Halodoc, Jakarta – Pyrophobia adalah fobia atau perasaan takut yang parah saat melihat api, bahkan untuk ukuran yang kecil sekalipun. Rasa ketakutannya sangat parah, sehingga kerap memengaruhi kegiatan harian, termasuk memasak. Bahkan, dampaknya bisa lebih parah dari hanya sekedar takut saja.

Pyrophobia Dapat Sebabkan Dampak Buruk pada Pengidapnya

Pyrophobia adalah salah satu dari banyaknya fobia yang termasuk dalam gangguan kecemasan. Seseorang yang mengidapnya dapat merasakan takut yang luar biasa dan bahkan tidak masuk akal, padahal tidak ada bahaya yang mengintai pada situasi tersebut.

Bahkan, seseorang yang memiliki kondisi ini dapat merasa cemas jika melihat api bahkan dari jarak yang jauh, atau mendengar tentang api. Hal ini menyebabkan orang tersebut kerap menghindari tempat umum atau situasi yang menurut mereka dapat menyebabkan kebakaran.

Bahkan, pyrophobia dapat berdampak besar untuk kehidupan sehari-hari. Beberapa hal yang bisa terjadi, antara lain:

  • Mencium bau asap atau bau terbakar dapat menimbulkan perasaan cemas yang parah hingga serangan panik.
  • Selalu memeriksa kompor atau pemanas lainnya yang ada di rumah.
  • Tidak dapat mentolerir lilin atau api unggun.
  • Kerap menghindari restoran dengan tempat masak yang terlihat.

Semua hal ini dapat memberikan masalah pada aktivitas harian. Untuk mengatasi fobia yang dirasakan, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke psikolog/psikiater yang ahli untuk memeriksa kesehatan mental.

Pengobatan Pyrophobia yang Umum Dilakukan

Ada berbagai macam upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan takut dan cemas terhadap api. Beberapa tindakan yang umum direkomendasikan, antara lain:

1. Terapi Perilaku Kognitif

Terapi ini berguna untuk membantu seseorang dalam mengubah cara berpikir tentang api. Ahli medis juga dapat mengajarkan berbagai fakta tentang api, seperti kemungkinan terjadinya kebakaran, cara kebakaran mulai terjadi, hingga cara aman untuk memadamkan api.

Terapis juga mengajarkan cara mengelola pemicu terjadinya fobia ini. Contohnya, dengan mengatur napas atau meditasi saat melihat api atau mendengarkan sesuatu yang berhubungan dengan pemicu rasa takut ini. Bahkan, pengidapnya juga diajarkan cara mengatasi kecemasan atau gejala serangan panik.

2. Terapi Pemaparan

Salah satu jenis psikoterapi ini dilakukan dengan memaparkan situasi yang berhubungan dengan api, seperti melihat gambar atau video api. Setelah itu, terapis juga berusaha mengatasi rasa takut dengan melihat korek api atau lilin yang menyala.

3. Konsumsi Obat-Obatan

Perawatan ini dilakukan untuk mengatasi perasaan cemas atau kepanikan yang timbul saat fobia sedang kambuh. Beberapa obat yang umum diresepkan adalah obat anti-kecemasan.

4. Teknik Relaksasi

Untuk mendapatkan perasaan tenang dan mengatasi perasaan cemas, teknik relaksasi bisa dilakukan. Beberapa metodenya, seperti meditasi, pernapasan dalam, yoga, hingga relaksasi otot. Hal ini sangat baik untuk dilakukan secara rutin setiap merasa cemas.

Itulah berbagai dampak buruk yang bisa dirasakan pada seseorang dengan pyrophobia. Jika kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya segera melakukan beberapa cara pengobatan seperti yang sudah disebutkan. Namun untuk mengetahui tindakan pengobatan yang paling efektif, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke psikolog/psikiater terlebih dahulu.

Untuk pemesanan pada ahlinya, fitur pemeriksaan kesehatan mental dari aplikasi Halodoc bisa digunakan untuk dilakukan kapan dan dimana saja. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Pyrophobia (Fear of Fire).
Very Well Mind. Diakses pada 2022. What Is Pyrophobia?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan