• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Deretan Makanan untuk Membersihkan Usus Besar
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Deretan Makanan untuk Membersihkan Usus Besar

Ini Deretan Makanan untuk Membersihkan Usus Besar

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 20 September 2022

“Usus besar sebenarnya bisa membersihkan dirinya sendiri secara alami. Namun, beberapa makanan spesifik seperti brokoli, sayuran hijau berdaun gelap, susu, dan oatmeal ternyata dapat membantu membersihkan usus besar.”

Ini Deretan Makanan untuk Membersihkan Usus BesarIni Deretan Makanan untuk Membersihkan Usus Besar

Halodoc, Jakarta – Pada dasarnya, sistem pencernaan bisa membersihkan dirinya sendiri. Pembersihan usus besar secara medis dilakukan biasanya untuk kebutuhan operasi, atau kalau kamu memang terindikasi penyakit tertentu, sehingga dokter akan meminta kamu melakukannya.

Selain itu, membersihkan usus besar juga dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan tertentu. Buah-buahan pun identik sebagai makanan yang dapat melakukan tugas ini. Yuk, simak selengkapnya makanan apa saja yang dapat membersihkan usus besar di sini!

Makanan untuk Membersihkan Usus Besar

Jenis makanan tertentu dapat membantu memindahkan limbah di usus besar untuk keluar dari tubuh.  Membersihkan usus besar pun dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan tertentu. Apa sajakah itu? 

1. Brokoli

Brokoli mengandung serat larut sehingga dapat membantu meningkatkan keteraturan BAB dan menjaga bakteri sehat di usus. Brokoli juga kaya akan antioksidan sehingga baik untuk kesehatan tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan.

2. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Makan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan lobak adalah cara yang baik untuk membuat usus besar menjadi lebih bersih. Sayuran berdaun hijau gelap mengandung klorofil, yang membantu menghilangkan bakteri jahat di usus besar dan menyembuhkan lapisan lendir saluran pencernaan.

Sayuran berdaun hijau juga berperan melindungi saluran pencernaan dari jenis makanan lain yang bisa mengganggu pencernaan.

3. Susu

Susu dapat membantu menghilangkan racun, meningkatkan energi, dan meredakan gejala seperti kabut otak. Mengonsumsi susu juga dapat membersih usus besar. Selain itu, kandungan kalsium dapat membantu mengurangi iritasi pada usus besar, serta menurunkan risiko kanker usus. 

4. Raspberry

Raspberry memiliki efek antioksidan yang dapat membunuh sel kanker lambung dan usus besar. Kandungan serat dan air dalam raspberry juga dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat yang cukup ini kemudian akan meningkatkan keteraturan BAB, yang sangat penting untuk ekskresi racun setiap hari.

5. Oatmeal

Makan oatmeal adalah cara yang aman untuk membuat usus besar kembali bersih. Oatmeal mengandung serat yang tinggi dapat meningkatkan berat feses, dan bisa meredakan sembelit.

Kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan potongan buah ataupun susu untuk mendapatkan rasa yang lebih enak dan tidak hambar.

6. Lemon

Lemon kaya akan pektin yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Lemon juga dapat membantu menurunkan berat badan. Nah, dalam kaitannya dengan mengosongkan usus besar, kandungan nutrisi pada lemon juga membantu kesehatan pencernaan lebih optimal dengan menghilangkan racun dari tubuh.

Cobalah untuk membiasakan minum perasan lemon dan campurkan dengan jahe segar. Kombinasi ini akan lebih baik bila diseduh dengan air hangat.

Cara Lain untuk Membersihkan Usus Besar

Selain jenis makanan yang sudah disebutkan tadi, kamu juga perlu menerapkan beberapa hal lain untuk meningkatkan kebersihan usus besar, misalnya:

  • Perbanyak konsumsi air putih.
  • Olahraga teratur, karena olahraga juga dapat melatih gerak sistem pencernaan.
  • Batasi konsumsi daging merah dan makanan olahan.
  • Batasi jumlah kopi dan gula yang dikonsumsi.

Itulah jenis makanan untuk membersihkan usus besar. Kalau kamu punya masalah dengan kesehatan pencernaan dan butuh pemeriksaan dokter, kamu bisa buat janji pemeriksaan ke rumah sakit lewat Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Life Infused. Diakses pada 2022. The 6 Best Cleansing Foods To Keep Your Bowel Clean.
National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Red raspberries have antioxidant effects that play a minor role in the killing of stomach and colon cancer cells.
WebMD. Diakses pada 2022. Does Dairy Do a Colon Good?
Healthline. Diakses pada 2022. Can You Use Your Diet to Cleanse Your Colon?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Is colon cleansing a good way to eliminate toxins from your body?