Ini Dosis Tepat Albendazole untuk Mengatasi Infeksi Cacing

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Juni 2023

“Dosis albendazole untuk mengatasi infeksi cacing bervariasi pada setiap individu. Jumlah dosis yang diberikan dokter ditentukan tergantung pada kondisi dan berat badan individu.”

Ini Dosis Tepat Albendazole untuk Mengatasi Infeksi CacingIni Dosis Tepat Albendazole untuk Mengatasi Infeksi Cacing

Halodoc, Jakarta – Seseorang yang terkena infeksi cacing dapat mengobatinya dengan albendazole. Obat ini memiliki manfaat untuk mengobati neurocysticercosis, yaitu infeksi yang terjadi karena cacing pita babi yang menyerang otot, otak, dan mata. 

Infeksi cacing menyerang sistem saraf. Jika terinfeksi, pengidapnya dapat mengalami kejang, pembengkakan otak, dan gangguan penglihatan.

Selain cacing pita pada babi, obat ini juga dapat membasmi infeksi cacing yang disebabkan oleh cacing lainnya. Seperti, cacing dari cacing gelang, cacing tambang, cacing kremi, cacing cambuk, dan parasit lainnya. 

Dosis Albendazole Ditentukan Sesuai Berat Badan Individu

Untuk mengatasi infeksi cacing, albendazole bekerja dengan mencegah cacing menyerap gula (glukosa) sehingga cacing kehilangan energi hingga akhirnya mati. 

Dokter meresepkan albendazole dengan dosis yang bervariasi pada setiap pengidap. Biasanya, jumlah dosis akan sesuai arahan dokter, tergantung pada kekuatan obat dan berat badan individu.

Berikut ini dosis rata-rata yang umumnya diberikan oleh dokter, khusus albendazole bentuk tablet untuk mengatasi infeksi cacing:

  • Dewasa dan anak-anak dengan berat badan 60 kilogram atau lebih adalah 400 miligram (mg) sebanyak 2 kali sehari. Obat tablet dapat kamu minum bersama makanan selama 8 hingga 30 hari.
  • Dewasa dan anak-anak dengan berat badan kurang dari 60 kilogram biasanya 15 mg per kilogram berat badan per hari dan menjadi 2 dosis. Diminum selama 8 hingga 30 hari.

Untuk jenis penyakit cacing lainnya, pastikan konsumsi sesuai dosis anjuran dokter. Jika kamu melewatkan satu dosis obat ini, minumlah sesegera mungkin.

Namun, jika sudah sangat terlambat sampai mendekati dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan kembali ke jadwal dosis reguler. Ingat juga, jangan pernah menggandakan dosis.

Cara Penggunaan Albendazole

Obat ini harus kamu gunakan persis sesuai arahan dari dokter. Hindari menggunakannya dengan dosis yang lebih tinggi, lebih sering, atau lebih lama dari perintah dokter.

Ingat, penggunaan yang tidak sesuai dengan arahan dokter dapat menyebabkan berbagai efek samping. Maka itu, penting untuk memastikannya pada dokter sebelum mengonsumsinya.

Albendazole dapat kamu konsumsi bersama makanan, terutama dengan makanan yang berlemak. Sebab, makanan berlemak dapat membantu penyerapan obat dalam tubuh.

Selain menelannya bersamaan dengan makanan, tablet albendazole juga bisa digerus, kunyah, atau telan langsung dengan air. 

Perawatan tambahan mungkin perlu dilakukan bersama albendazole pada beberapa jenis infeksi. Setidaknya dalam interval dua minggu untuk membersihkan infeksi sepenuhnya. 

Pastikan juga untuk menyimpan obat dalam wadah tertutup pada suhu kamar, jauh dari panas, kelembapan, dan cahaya langsung. Hindari juga membekukan obat, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jangan pernah menyimpan obat yang sudah kedaluwarsa atau obat yang sudah tidak kamu perlukan lagi.

Ingat, Jangan Sembarang Simpan Obat, Ketahui 4 Cara Ini agar obat tetap aman dan bisa kamu gunakan.

Potensi Efek Samping

Albendazole dapat menyebabkan efek samping yang tidak serius. Efek samping tersebut berupa:

  • Diare.
  • Pusing.
  • Rambut rontok.
  • Sakit kepala.

Namun ada juga efek samping serius yang memerlukan penanganan medi segera, meski jarang terjadi:

  • Reaksi alergi.
  • Penglihatan kabur.
  • Demam, menggigil, sakit tenggorokan.
  • Kulit atau mulut kemerahan, melepuh, atau mengelupas.
  • Kejang.
  • Tanda dan gejala kerusakan hati, seperti urin berwarna kuning tua atau cokelat.
  • Perasaan sakit atau gejala seperti flu.
  • Tinja berwarna terang, kehilangan selera makan, sakit perut bagian kanan atas, sering merasa lelah dan lemah, mata atau kulit menguning.
  • Pendarahan yang tidak biasa dan munculnya memar.

Itulah yang perlu kamu pahami tentang dosis obat albendazole untuk mengatasi infeksi cacing. Jika mengalami gejala yang mengkhawatirkan, jangan ragu untuk mengunjungi dokter terdekat.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Albendazole (Oral Route).
Everyday Health. Diakses pada 2023. Albendazole.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Albendazole tablets.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan