Ini Gejala dan Komplikasi Herpes Labial yang Perlu Diwaspadai

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Februari 2022

“Penting untuk mewaspadai gejala herpes labial dan memeriksakan diri sesegera mungkin. Sebab, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius yang fatal dan mengancam nyawa.”

Ini Gejala dan Komplikasi Herpes Labial yang Perlu DiwaspadaiIni Gejala dan Komplikasi Herpes Labial yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Herpes labial adalah lepuh merah berisi cairan yang terbentuk di dekat mulut atau di area wajah lainnya. Penyebabnya adalah infeksi virus herpes simpleks.

Virus tersebut bisa menular melalui kontak dekat, seperti berciuman. Herpes labial juga dapat menular bahkan ketika tidak terlihat. Ingin tahu seperti apa gejala dan komplikasi herpes labial? Yuk, simak pembahasannya!

Gejala Herpes Labial

Pada awalnya, herpes labial menyebabkan gejala berupa sensasi kesemutan atau terbakar di bibir atau wajah. Di tahap ini, luka lepuh belum terbentuk. Ini adalah waktu terbaik untuk memulai pengobatan.

Setelah luka terbentuk, lepuh berisi cairan akan terlihat. Biasanya juga muncul rasa sakit dan terasa lembut saat lepuh disentuh. Perlu diketahui bahwa bisa saja ada lebih dari satu luka lepuh yang muncul.

Berikut ini tahapan terbentuknya luka lepuh akibat herpes labial:

  • Tahap 1: Kesemutan dan gatal terjadi sekitar 24 jam sebelum muncul luka lepuh.
  • Tahap 2: Lepuh berisi cairan muncul.
  • Tahap 3: Lepuh pecah, mengeluarkan cairan, dan membentuk luka yang menyakitkan.
  • Tahap 4: Luka mengering dan berkeropeng menyebabkan gatal dan pecah-pecah.
  • Tahap 5: Keropeng terlepas dari kulit dan berangsur sembuh.

Herpes labial umumnya bertahan hingga dua minggu dan akan menular sampai lepuh mengeras. Jika baru pertama kali terinfeksi, luka lepuh mungkin tidak muncul hingga 20 hari setelah tertular virus herpes simpleks.

Selain luka lepuh, beberapa gejala herpes labial lainnya yang dapat terjadi adalah:

  • Demam.
  • Nyeri otot.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.

Komplikasi yang Dapat Ditimbulkan

Sebenarnya, herpes labial jarang menimbulkan komplikasi, terutama pada orang yan sistem kekebalan tubuhnya kuat. Namun, pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah, komplikasi yang lebih serius bisa terjadi.

Berikut beberapa kemungkinan komplikasi akibat herpes labial:

  • Dehidrasi. Ini dapat terjadi jika rasa sakit dari luka yang timbul membuat pengidapnya sulit minum.
  • Herpetic whitlow. Merupakan infeksi menyakitkan yang dapat terjadi melalui luka pada kulit dan menyebabkan lecet. Biasanya terjadi pada jari, akibat menyebarnya infeksi saat menjilat jari.
  • Keratokonjungtivitis herpes. Merupakan infeksi sekunder yang dapat menyebabkan pembengkakan, iritasi mata, dan luka pada kelopak mata. Ini adalah kondisi serius yang jika tidak diobati dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.
  • Ensefalitis atau pembengkakan otak. Hal ini mungkin terjadi jika infeksi menyebar ke otak.

Tips Pencegahan

Dokter mungkin akan meresepkan obat antivirus untuk diminum secara teratur jika mengalami herpes simpleks cukup sering. Obat ini juga mungkin diresepkan jika berisiko tinggi mengalami komplikasi serius.

Untuk membantu menghindari penyebaran herpes labial ke orang lain atau ke bagian lain dari tubuh, berikut ini beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan:

  • Hindari berciuman dan kontak kulit saat ada lepuh. Virus menyebar paling mudah ketika lepuh mengeluarkan cairan.
  • Hindari berbagi barang pribadi. Misalnya handuk, pelembap bibir, dan barang-barang pribadi lainnya dapat menyebarkan virus ketika ada lepuh.
  • Jaga kebersihan tangan. Rutinlah cuci tangan sebelum menyentuh bagian tubuh sendiri dan orang lain, terutama bayi.

Nah, itulah pembahasan mengenai herpes labial. Karena bisa berpotensi fatal, segera download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, jika kamu mengalami gejala kondisi ini.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Cold Sore.
Healthline. Diakses pada 2022. Cold Sores.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Everything You Need To Know About Cold Sores.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan