• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ini Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Oktober 2022

“Bunga matahari mengandung banyak vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Manfaatnya mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga menurunkan risiko sakit jantung.”

Ini Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan KecantikanIni Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Bunga matahari (Helianthus annuus) mengandung karbohidrat, protein, lemak dan serat. Tak hanya itu, bunga berwarna kuning ini juga dilengkapi dengan beragam jenis vitamin dan mineral.

Kandungan vitaminnya meliputi vitamin E, B1, B3 dan vitamin B6. Sementara kandungan mineralnya meliputi  asam folat, magnesium, seng (zinc), tembaga, fosfor serta zat besi.

Asupan vitamin dan mineral yang disebutkan bermanfaat baik guna menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, manfaat lainnya mencakup mengontrol kadar diabetes hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Manfaat Bunga Matahari

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dalam menurunkan risiko sakit jantung, kandungan dalam bunga matahari bekerja dengan memblokir enzim penyebab penyempitan pembuluh darah. Dengan begitu, pembuluh darah menjadi lebih rileks, sehingga aliran darah berjalan lebih lancar.

Dampaknya, tekanan darah tinggi yang menjadi penyebab sakit jantung perlahan akan menurun. Proses tersebut dibantu oleh asupan magnesium dan asam lemak tak jenuh (linoleat).

2. Mengontrol Diabetes

Penelitian yang dilakukan oleh Department of Human Nutrition, University of Otago, menyebutkan bahwa mengonsumsi 1 ons (30 gram) bunga matahari efektif menurunkan kadar gula darah sebanyak 10 persen. Efeknya bisa terasa jika dikonsumsi setiap hari dalam waktu enam bulan. 

Dari penelitian yang sama, kandungan protein dan lemak di dalam bunga matahari memperlambat proses pengosongan lambung. Ini dapat membantu mengurangi efek peningkatan gula darah dari asupan karbohidrat. Dengan begitu, masalah diabetes jadi lebih terkontrol.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat bunga matahari ini berkat kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin ini adalah antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Cara kerjanya dengan mengurangi radikal bebas yang masuk ke dalam mata. Radikal bebas ini merupakan ancaman yang dapat merusak makula dan bagian mata lainnya. 

4. Meningkatkan Kesehatan Otot

Protein yang terkandung dalam bunga matahari merupakan nutrisi penting guna mendukung fungsi dan pengaturan jaringan tubuh. Protein ini juga digunakan tubuh untuk membentuk massa otot. Sebanyak 90 persen kandungan protein dari makanan akan diserap oleh untuk membangun dan memperbaiki otot yang rusak.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan kekebalan tubuh yang baik, kesehatan tubuh secara keseluruhan dapat terjaga maksimal. Manfaat bunga matahari ini terjadi berkat kandungan vitamin E, seng dan selenium di dalamnya.

Kekebalan tubuh berperan dalam melawan patogen penyebab penyakit, seperti kuman, bakteri, virus, parasit atau jamur. Patogen tersebut kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses metabolisme.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Asupan serat dan protein dalam bunga matahari efektif menurunkan atau menjaga bobot tubuh. Kedua nutrisi tersebut membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Serat di dalamnya membantu meningkatkan proses pencernaan dan mengontrol gula darah.

Meski menyehatkan, tidak disarankan mengonsumsi bunga matahari secara berlebihan. Sebab, jika tubuh kelebihan asupan vitamin B6, ini bisa menyebabkan kesemutan, cepat lelah hingga sesak napas.

Untuk mengetahui batas aman konsumsi bunga matahari, silakan tanya dokter lewat aplikasi Halodoc. Ini dilakukan guna meminimalisir risiko efek samping yang bisa saja terjadi. 

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Sunflower Seeds.
Healthline. Diakses pada 2022. Are Sunflower Seeds Good for You? Nutrition, Benefits and More.