Ini Manfaat Menulis Jurnal Harian untuk Kesehatan Mental

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Oktober 2022

“Ada banyak manfaat menulis jurnal harian, terutama bagi mental. Kebiasaan ini juga dapat membantu penyembuhan depresi.”

Ini Manfaat Menulis Jurnal Harian untuk Kesehatan MentalIni Manfaat Menulis Jurnal Harian untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Manfaat menulis jurnal harian untuk kesehatan mental nyatanya sangat banyak. Kegiatan yang disebut journaling ini adalah tindakan menyimpan catatan pikiran, perasaan, wawasan pribadi, dan banyak lagi. Bisa ditulis, digambar, atau diketik. 

Menulis jurnal harian adalah cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan mental. Meski tidak mudah untuk menulis setiap hari, efek positif dari journaling bisa dirasakan meski tidak dilakukan setiap hari. 

Manfaat Menulis Jurnal Harian

Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari menulis jurnal harian, terutama bagi kesehatan mental, yaitu:

1. Bisa Mengurangi Kecemasan

Menulis jurnal tentang perasaan dapat membantu menurunkan tekanan mental yang dialami. Dalam sebuah penelitian pada 2018 yang diterbitkan di jurnal JMIR Mental Health, para peneliti meminta 70 orang dewasa dengan berbagai kondisi medis dan kecemasan untuk menulis selama 15 menit, tiga hari seminggu selama 12 minggu. 

Hasilnya, para peserta mengalami peningkatan perasaan sejahtera dan lebih sedikit gejala depresi setelah satu bulan. Kesejahteraan mental mereka terus meningkat selama 12 minggu menuis jurnal.

2. Membantu dengan Merenung

Ketika stres atau termakan oleh pikiran negatif, sulit untuk melihat situasi secara objektif. Menulis dalam jurnal dapat membantu kamu menciptakan ruang dan jarak yang diperlukan untuk merenungkan apa yang telah terjadi, di mana kamu berada, dan apa yang akan terjadi selanjutnya.

3. Menciptakan Kesadaran

Manfaat lainnya dari menulis jurnal harian adalah menciptakan kesadaran. Menuliskan perasaan tentang situasi yang sulit dapat membantu kamu memahaminya dengan lebih baik. Tindakan menempatkan pengalaman ke dalam kata-kata dan struktur memungkinkan kamu untuk membentuk persepsi baru tentang peristiwa tersebut.

4. Mengatur Emosi

Menulis jurnal harian juga memiliki manfaat untuk mengatur emosi. Dengan menuliskan apa yang dirasakan, kamu lebih mampu mengendalikan emosi dengan baik. 

5. Mendorong Keterbukaan

Menulis secara pribadi tentang peristiwa yang membuat stres dapat mendorong beberapa orang untuk mencari dukungan sosial. Ini dapat membantu penyembuhan emosional dan masalah kesehatan mental yang mungkin dialami.

6. Membantu Penyembuhan Masalah Kesehatan Mental

Menulis jurnal dapat membantu penyembuhan berbagai masalah kesehatan mental, seperti depresi, gangguan stres pasca trauma (PTSD) dan gangguan kecemasan. 

Tips Journaling untuk Pemula

Setelah mengetahui berbagai manfaat menulis jurnal harian bagi kesehatan mental, berikut ini tips menulis yang mungkin bermanfaat:

  • Pilih waktu yang paling cocok untuk menulis jurnal. Menetapkan waktu yang teratur sangat membantu, tetapi terimalah bahwa mungkin perlu untuk bersikap fleksibel.
  • Mulailah dengan mengungkapkan perasaan. Beri waktu bagi diri sendiri untuk menyebutkan masing-masing perasaan. Kemudian lanjutkan untuk mengamati pikiran dan pola berpikir apa pun.
  • Mulai dari yang kecil. Mulailah dengan menulis hanya beberapa menit tentang topik pilihan kamu. Misalnya peristiwa hari itu atau sesuatu yang mengganggu kamu.
  • Ciptakan dan ekspresikan apa yang kamu inginkan dari kehidupan dan apa yang kamu rasakan. Tidak ada aturan, dan tidak ada cara yang salah untuk melakukan ini.
  • Jangan khawatir tentang ejaan dan tanda baca. Tidak ada seorang pun yang akan menghakimi kamu.
  • Pilih media yang cocok untuk kamu. Bisa di kertas, menggunakan komputer, atau merekam pikiran kamu yang diucapkan.
  • Terimalah bahwa terkadang kamu tidak mood menulis, dan tidak apa-apa. Istirahatlah jika perlu. 

Itulah pembahasan mengenai manfaat menulis jurnal bagi kesehatan mental dan tips menulis yang bisa diterapkan. Jika kamu membutuhkan penanganan lebih lanjut dari ahlinya, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan psikolog atau psikiater.

Referensi:
JMIR Mental Health. Diakses pada 2022. Online Positive Affect Journaling in the Improvement of Mental Distress and Well-Being in General Medical Patients With Elevated Anxiety Symptoms: A Preliminary Randomized Controlled Trial.
Positive Psychology. Diakses pada 2022. 5 Benefits of Journaling for Mental Health.
Psych Central. Diakses pada 2022. The Mental Health Benefits of Journaling.
WebMD. Diakses pada 2022. Mental Health Benefits of Journaling.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan