• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pentingnya Peran Ayah dalam Perkembangan Psikologis Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Pentingnya Peran Ayah dalam Perkembangan Psikologis Anak

Ini Pentingnya Peran Ayah dalam Perkembangan Psikologis Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 November 2022

“Bukan hanya ibu, peran ayah juga diperlukan untuk perkembangan psikologis anak. Dengan begitu, anak dapat menjadi sosok yang penuh kepercayaan diri dan jiwa sosial yang tinggi.”

Ini Pentingnya Peran Ayah dalam Perkembangan Psikologis AnakIni Pentingnya Peran Ayah dalam Perkembangan Psikologis Anak

Halodoc, Jakarta – Tumbuh-kembang anak kerap dihubungkan dengan peran ibunya yang lebih banyak mendampingi mereka di rumah. Tapi, peran ayah tidak kalah penting dalam mendukung perkembangan fisik, mental, hingga psikologis anak.

Manfaat Peran Ayah dalam Perkembangan Psikologis Anak

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Anak yang mendapatkan dukungan dari ayahnya dapat merasakan jika dirinya dihargai dan dicintai. Sehingga, ia memiliki harga diri yang tinggi serta berhubungan dengan kepercayaan diri yang lebih baik.

Bahkan, mendapatkan pendidikan dari sang ayah juga membuat anak memiliki toleransi lebih baik terhadap perasaan stres. Mereka juga mampu untuk menghadapi situasi baru dan membela diri sendiri dengan teman sebayanya.

2. Memiliki Perilaku yang Baik

Ayah dapat memberikan teladan bagi anak-anaknya dan mengajarkan tentang perilaku baik. Alhasil, anak memiliki kontrol perilaku dan impuls yang lebih baik, serta tingkat sosialisasi yang lebih baik.

Selain itu, anak-anak juga cenderung menjadi seseorang yang lebih penyayang dan murah hati. Peran ayah yang dilakukan dengan benar dapat membuat anak sadar akan kebutuhan dan hak dari orang lain.

3. Memiliki Banyak Perspektif

Anak-anak memiliki banyak sekali pertanyaan di dalam benaknya dan bisa jadi mendapatkan jawaban yang berbeda dari ayah dan ibunya. Anak dengan orangtua yang aktif dalam pengasuhan bisa memiliki pemikiran dan pemecahan masalah dengan perspektif yang berbeda-beda.

Peran ayah dalam mendidik anak juga dapat memberikan kesempatan untuk memberikan pandangan tentang hidup, serta mengajari Si Kecil terkait berbagai macam keterampilan hidup yang berharga. Pembelajaran ini sangat aplikatif pada kehidupan dan bisa dibawa hingga mereka dewasa.

4. Kepercayaan Diri yang Tinggi

Anak-anak yang mendapatkan perhatian dari ayahnya membuat mereka merasa dicintai. Saat merasakan cinta dari ayah dan ibunya, anak merasakan cinta yang berlebih dan dapat tumbuh lebih bahagia dan sehat. Sehingga, tingkat kepercayaan dirinya lebih baik.

Maka dari itu, jangan pernah mengabaikan anak, terutama sedang masa pertumbuhan. Saat peran pendidikan hanya didapat dari ibunya, tentu tidak sebanyak yang dipelajari ketika didapatkan dari kedua orangtuanya.

Jika kamu baru menjadi ayah dan bingung tindakan apa saja yang perlu dilakukan agar pendidikan anak yang didapatkan maksimal, cobalah untuk mengambil kelas pelatihan terkait parenting. Hal ini dapat memberikan banyak manfaat terkait memaksimalkan pertumbuhan anak, bahkan hingga mereka dewasa.

Luangkan waktu paling tidak satu hari dalam satu minggu untuk mendapatkan waktu berkualitas bersama Si Kecil. Habiskan waktu bersama untuk melakukan aktivitas yang anak senangi atau sesuatu yang baru agar bisa mempelajari sesuatu yang baru. Usahakan untuk menepati janji mingguan tersebut dan jangan membuat anak kecewa.

Apabila masih memiliki pertanyaan lainnya terkait berbagai peran ayah dalam perkembangan psikologis anak, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi dengan psikolog/psikiater profesional. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Child Crisis Arizona. Diakses pada 2022. 5 Important Ways Fathers Impact Child Development.
Daily Sabah. Diakses pada 2022. Fathers are important: Their roles in child development.