Ini Perawatan Tepat untuk Pengidap Myopia atau Rabun Jauh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Mei 2023

“Perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan mata bagi orang yang mengidap myopia atau rabun jauh. Menggunakan lensa sehat dan membiasakan gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko komplikasi dari myopia.”

Ini Perawatan Tepat untuk Pengidap Myopia atau Rabun JauhIni Perawatan Tepat untuk Pengidap Myopia atau Rabun Jauh

Halodoc, Jakarta – Myopia atau rabun jauh adalah kondisi mata yang umum di mana penglihatan jauh menjadi kabur, sementara penglihatan dekat tetap normal. Misalnya, seseorang yang rabun jauh mungkin tidak dapat melihat tanda jalan raya sampai jaraknya hanya beberapa meter. 

Kondisi ini akibat bentuk mata yang terlalu memanjang atau kornea yang terlalu melengkung. Kondisi ini juga biasanya bermula pada masa kanak-kanak dan remaja, dan dapat memburuk seiring bertambahnya usia.

Biasanya, miopia merupakan gangguan kecil yang dapat diperbaiki dengan kacamata, lensa kontak, atau pembedahan. Tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, tipe progresif yang disebut miopia degeneratif berkembang yang bisa sangat serius dan merupakan penyebab utama kebutaan. 

Miopia degeneratif hanya mempengaruhi sekitar 2% dari populasi. Hal ini diyakini diwariskan dan lebih umum pada orang Yahudi, Jepang, Cina dan Timur Tengah. Beberapa kebiasaan juga dapat menjadi faktor risiko terjadiny myopia. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu juga dapat membaca artikel mengenai Kebiasaan yang Dapat Mengurangi Risiko Rabun Jauh pada Anak.

Tips Perawatan Tepat Bagi Pengidap Myopia

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan tepat untuk pengidap myopia atau rabun jauh:

1. Periksa mata secara teratur

Periksakan mata secara teratur kepada dokter mata atau optometris untuk memastikan bahwa penglihatan tetap stabil. Ini sangat penting untuk menghindari komplikasi dan memastikan bahwa penglihatan tetap optimal.

2. Gunakan lensa resep khusus untuk myopia

Mengenakan lensa korektif dapat mengobati rabun jauh dengan menangkal peningkatan kurva kornea mata atau peningkatan panjang penglihatan mata. Jenis lensa resep meliputi:

  • Kacamata. Ini adalah cara sederhana dan aman untuk mempertajam penglihatan akibat rabun jauh. Adanya kacamata lensa juga berguna untuk mengoreksi kombinasi kelainan refraksi, seperti rabun jauh, astigmatisme, dan presbiopia.
  • Lensa kontak. Ukurannya kecil, cakram plastik yang tempatnya secara langsung di kornea. Lensa kontak tunggal dapat memperbaiki lebih dari satu kelainan refraksi. Ada berbagai bahan dan persyaratan perawatan.

3. Hindari penggunaan gadget yang berlebihan

Penggunaan gadget seperti ponsel pintar, tablet, dan komputer dapat memperburuk myopia. Hal ini karena penggunaan gadget cenderung membuat mata fokus pada jarak dekat untuk waktu yang lama. Jika kamu harus menggunakan gadget, pastikan untuk dapat beristirahat setiap beberapa menit dan melihat ke kejauhan.

4. Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah dan memperbaiki kesehatan mata. Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang.

5. Konsumsi makanan yang sehat

Makanan yang kaya akan vitamin A, C, dan E, serta omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan mata dan memperlambat perkembangan myopia. Beberapa makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti wortel, bayam, kacang-kacangan, ikan salmon, dan buah-buahan.

6. Hindari merokok

Merokok dapat memperburuk myopia dan berdampak negatif pada kesehatan mata secara keseluruhan. Jika kamu merokok, sebaiknya berhenti segera untuk menjaga kesehatan mata kamu.

7. Hindari cahaya yang terlalu terang

Cahaya yang terlalu terang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada mata, terutama bagi orang yang memiliki myopia. Jika bekerja di lingkungan yang terlalu terang, gunakan kacamata dengan lensa yang berwarna dan dapat mengurangi kecerahan cahaya.

8. Hindari myopia dengan istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi ketegangan pada mata. Pastikan tidur yang cukup dan menghindari begadang untuk menjaga kesehatan mata.

Itulah beberapa perawatan tepat bagi kamu pengidap rabun jauh. Adanya World Myopia Awareness Week tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya untuk menjaga kesehatan mata dan senantiasa untuk melakukan beberapa hal yang dapat mengurangi risiko timbulnya myopia. 

Pastikan untuk selalu mengecek kesehatan mata. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis mata melalui Halodoc. Dengan Halodoc, kamu dapat menemukan dokter ahli di dekatmu. Jadi tunggu apalagi, segera download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
BHVI. Diakses pada 2023. Myopia Awareness Week.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Myopia (Nearsightedness).
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Nearsightedness.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan