Ini Prosedur Anestesi yang Wajib Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Januari 2023

“Anestesi adalah tindakan yang dilakukan sebelum operasi dimulai. Tujuannya untuk mengurangi rasa sakit dan memberikan efek kebas di bagian tubuh tertentu selama proses pembedahan.”

Ini Prosedur Anestesi yang Wajib DiketahuiIni Prosedur Anestesi yang Wajib Diketahui

Halodoc, Jakarta – Anestesi adalah istilah yang merujuk pada kondisi ‘kehilangan sensasi’. Sederhananya, seseorang akan kehilangan sensasi untuk merasakan rasa sakit atau hilang kesadaran sementara.

Obat anestesi sendiri terdiri dari empat jenis utama, yakni umum, lokal, regional, dan obat penenang. Efeknya mulai dari membantu pasien merasa rileks hingga memberikan efek kebas di bagian tubuh tertentu.

Cara pemberiannya juga berbeda, tergantung pada jenis anestesi dan prosedur medis yang akan dilakukan. Proses pemberiannya dapat melalui injeksi (suntikan), inhalasi (masker), dan topikal (salep).

Prosedur Anestesi Tergantung pada Jenisnya

Prosedur yang dilakukan akan tergantung pada jenis anestesinya. Ini penjelasannya:

1. Anestesi lokal

Anestesi lokal digunakan untuk memberikan sensasi rasa kebas di area tubuh tertentu. Meski tidak merasakan sakit, pasien masih bisa merasakan tekanan atau gerakan. Jenis ini tidak menyebabkan mereka kehilangan kesadaran.

Cara kerjanya dengan menghentikan saraf yang bertugas untuk mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak. Fungsinya untuk:

  • Mengobati rasa sakit

Caranya dengan menggunakan semprotan dan gel yang dijual bebas. Di dalamnya anestesi lokal untuk mengatasi masalah ringan, seperti sakit tenggorokan dan sariawan. Sementara dalam bentuk suntikan dan obat steroid, ini bertujuan untuk mengatasi nyeri sendi.

  • Prosedur minor

Dokter juga dapat memberikan suntikan anestesi bersamaan dengan obat penenang. Tujuannya adalah membantu pasien tetap rileks dan bebas rasa sakit selama prosedur pengobatan. Biasanya, anestesi bertujuan untuk pelaksanaan prosedur biopsi, cabut gigi, dan pengangkatan tahi lalat.

  • Prosedur utama

Terkadang, dokter menggunakan anestesi lokal selama operasi besar. Di sini, pasien akan tetap terjaga, tapi tidak merasakan sakit sama sekali. Contoh prosedurnya, yakni operasi otak. Selain itu, jenis anestesi ini juga berfungsi untuk mencegah rasa sakit setelah operasi besar.

2. Anestesi regional

Anestesi regional mirip dengan anestesi lokal karena menyebabkan mati rasa. Namun, dokter biasanya menggunakan jenis anestesi ini untuk memberikan sensasi kebas di area yang lebih besar, mulai dari pinggang ke bawah.

Anestesi regional tersedia dalam bentuk epidural atau blok tulang belakang. Kedua jenis anestesi melibatkan penyuntikan obat bius ke tulang belakang. Tujuannya untuk memblokir sinyal rasa sakit yang kembali ke otak.

Ini penjelasan keduanya:

  • Epidural. Prosedur ini biasa digunakan dokter selama proses persalinan. Cara kerjanya dengan meringankan rasa nyeri, sehingga ibu bisa tetap mengejan untuk melahirkan secara normal.
  • Blok tulang belakang. Prosedur Ini memiliki efek yang lebih kuat ketimbang epidural. Cara kerjanya dengan menyuntikkan di area tulang belakang ibu hamil sebelum persalinan sesar.

3. Anestesi umum

Dokter menggunakan anestesi umum untuk menginduksi keadaan tidak sadar, tapi tetap terkendali. Tujuannya untuk memastikan bahwa pasien yang menjalani operasi tidak merasakan sakit dan tidak bergerak selama prosedur.

Jenis anestesi ini umumnya diberikan sebelum prosedur pembedahan. Bentuknya berupa gas di dalam tabung. Kemudian, pasien akan menghirup gas tersebut melalui masker. Anestesi juga dapat diberikan langsung melalui suntikan ke dalam pembuluh darah.

Cara kerjanya sangat cepat, yakni berkisar satu menit. Kemudian, pasien akan pingsan dan tidak sadarkan diri. Di sini, dokter akan memantau dan memastikan mereka tetap berada dalam keadaan tidak sadar selama prosedur berlangsung.

4. Sedasi

Dokter menggunakan sedasi atau obat penenang untuk membuat pasien merasa rileks. Ini terkadang dapat mengakibatkan mereka menjadi mengantuk. Jenis anestesi ini dilakukan sebelum melakukan operasi kecil dan tidak rumit.

Cara kerjanya dengan menyuntikkan obat ke dalam pembuluh darah. Tingkatannya berkisar dari ringan hingga sedang. Efeknya, yakni mengantuk, tetapi masih bisa berbicara dan tidak merasakan sakit.

Jika mengalami efek samping yang tak kunjung membaik, disarankan untuk segera buat janji temu dengan dokter di rumah sakit untuk melakukan perawatan. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, janji medis, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, dengan download Halodoc sekarang juga. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. What is anesthesia, and what does it involve?
National Health Service UK. Diakses pada 2023. Anaesthesia.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan