• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini yang Perlu Diperhatikan saat Menghapus Tato pakai Laser
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini yang Perlu Diperhatikan saat Menghapus Tato pakai Laser

Ini yang Perlu Diperhatikan saat Menghapus Tato pakai Laser

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Oktober 2022

“Laser tato merupakan cara yang aman dan efektif untuk menghilangkan tato. Meski begitu, prosedurnya mungkin bisa menyakitkan dan risiko efek samping tetap ada.”

Ini yang Perlu Diperhatikan saat Menghapus Tato pakai LaserIni yang Perlu Diperhatikan saat Menghapus Tato pakai Laser

Halodoc, Jakarta – Tato merupakan seni lukis di kulit yang sifatnya memang permanen. Namun, ada segelintir orang yang ingin menghapus tato yang dimilikinya karena berbagai alasan. Nah, salah satu metode menghapus tato yang bisa kamu lakukan adalah laser tato.

Laser tato bisa menghilangkan tato secara efektif, sehingga kulit kamu bisa kembali mulus hampir seperti sebelum ditato. Meski begitu, sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang metode penghapus tato ini. Dengan begitu, kamu bisa membuat keputusan terbaik yang sesuai dengan kondisimu.

Hal yang Perlu Diperhatikan tentang Laser Tato

Laser tato merupakan salah satu metode teraman dan efektif untuk menghilangkan tato. Metode ini dilakukan menembakkan laser bertenaga tinggi yang menembus jauh ke dalam kulit, dan mampu secara permanen menghancurkan partikel tinta di dalam sel yang memberi warna pada tato. Partikel tinta yang sudah dihancurkan tersebut kemudian akan terbawa sebagai limbah dalam aliran darah.

Meskipun laser tato efektif pada semua warna kulit, tapi prosedur tersebut paling efektif pada kulit yang memiliki lebih sedikit pigmen alias kulit putih. Namun, apapun jenis kulitnya, penghapusan tato dengan laser bisa meninggalkan bekas luka dan hipopigmentasi (penurunan pigmen) di lokasi tato yang dihapus. Namun, itu biasanya sangat halus dan bisa menjadi samar seiring waktu. 

Menurut dokter kulit, Arash Akhavan, MD, pendiri The Dermatology and Laser Group di New York City, Amerika Serikat, tato warna hitam pada kulit yang kurang berpigmen adalah yang paling mudah untuk dihilangkan. Sedangkan tato dengan warna-warna yang terang, seperti kuning, biru muda, hijau muda dan oranye adalah yang paling sulit dihilangkan.

Sebelum kamu memutuskan untuk menghilangkan tato dengan laser tato, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan atau diketahui:

1. Aman tapi tidak nyaman

Laser tato merupakan prosedur yang aman untuk dilakukan. Namun, pastikan kamu melakukan prosedur tersebut pada profesional yang sudah terlatih untuk menghapus tato dengan menggunakan laser.

Meski aman, laser tato bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa nyeri di area yang dirawat. Untuk meminimalkan hal itu, ahli tato akan memberi suntikan anestesi untuk mematikan rasa pada kulit yang bertato. 

2. Efek samping yang perlu diketahui

Setelah prosedur, beberapa pasien mungkin mengalami perubahan pada warna kulit mereka sementara atau kemerahan di sekitar area perawatan. Penurunan pigmen juga bisa terjadi yang membuat warna kulit menjadi lebih cerah, tapi itu biasanya hanya sementara. Kulit biasanya akan kembali ke warna normalnya dalam beberapa bulan setelah prosedur.

Infeksi kulit kadang-kadang juga bisa terjadi akibat penghapusan tato dengan menggunakan laser, apalagi bila area yang terkena diabaikan. Jadi, penting bagi kamu untuk melindungi area kulit yang dilaser dengan baik untuk mencegah masuknya bakteri penyebab infeksi.

3. After care yang perlu dilakukan

Sama seperti prosedur medis lainnya, kamu juga akan menerima instruksi after care untuk memastikan hasil terbaik dari perawatan dan juga untuk meminimalisir risiko komplikasi. Berikut after care laser tato yang perlu dilakukan:

  • Jaga area kulit yang habis dilaser tetap bersih.
  • Hindari paparan air panas pada area kulit yang dilaser atau melakukan olahraga yang akan menyebabkan panas pada kulit, terutama selama 24 jam pertama. Kamu boleh mandi, tapi gunakan hanya sedikit air hangat di area yang dirawat dan jangan digosok.
  • Gunakan salep petrolatum selama 2-3 hari pasca prosedur untuk membantu proses penyembuhan kulit.
  • Sebaiknya tutupi area kulit yang dilaser dengan perban steril untuk menghindarkannya dari paparan sinar matahari, atau garukan yang tidak disengaja yang bisa membuat luka. Tutupi area kulit setidaknya selama satu minggu setelah laser tato.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan bila ingin menghilangkan tato dengan laser tato. Bila kamu mengalami efek samping yang parah atau tidak kunjung sembuh setelah laser tato, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Kamu bisa memeriksakan kesehatanmu dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
News Medical Life Science. Diakses pada 2022. The Benefits and Risks of Laser Tattoo Removal.
Clean Canvas. Diakses pada 2022. Everything You Need To Know About Laser Tattoo Removal.
Cosmopolitan. Diakses pada 2022. Tattoo Removal: How Much the PicoSure Laser Costs and How Much It Hurts