Inilah 7 Tips Sukses Homeschooling untuk Anak di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Agustus 2023

“Homeschooling menjadi salah satu sistem pendidikan yang legal di Indonesia. Agar metode belajar ini efektif, ada beberapa tips yang orang tua dan anak perlu lakukan.”

Inilah 7 Tips Sukses Homeschooling untuk Anak di RumahInilah 7 Tips Sukses Homeschooling untuk Anak di Rumah

Halodoc, Jakarta – Homeschooling adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dari rumah. Ada banyak alasan mengapa anak perlu ikut homeschooling, seperti anak dengan kegiatan yang sangat padat, memiliki gangguan kesehatan, hingga orang tua yang sering berpindah tempat kerja.

Meskipun dilakukan di rumah, metode ini merupakan sistem pendidikan yang sudah legal di Indonesia. Nah, agar homeschooling berjalan dengan lancar dan sukses, sebaiknya simak berbagai tips berikut ini!

Tips Sukses Homeschooling

Dengan menjalankan sistem pendidikan homeschooling, orang tua bisa mengatur kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Selain itu, proses pembelajaran juga tidak terfokus pada buku, tetapi anak bisa lebih banyak mengeksplorasi pembelajaran dari lingkungan sekitar.

Simak lebih banyak mengenai kelebihan dan kekurangan dari metode pembelajaran ini melalui artikel 5 Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling untuk Anak.

Nah, akan tetapi orang tua harus benar-benar ikut dalam proses pembelajaran ini. sehingga anak bisa mendapatkan pendidikan yang tepat dan sesuai.

Agar homeschooling dapat berjalan secara optimal, berikut ini beberapa tips sukses yang bisa dilakukan.

1. Siapkan ruang belajar khusus

Meskipun homeschooling berjalan di rumah, orang tua perlu menyiapkan ruang belajar khusus agar anak-anak bisa fokus menerima materi yang diajarkan. 

Pastikan juga lokasi belajar anak nyaman dan aman dari lokasi yang bising atau gangguan yang dapat memengaruhi fokus anak saat belajar.

2. Buatlah rutinitas dan jadwal setiap hari

Salah satu tips untuk membuat homeschooling sukses dengan membuat rutinitas atau jadwal yang sama setiap harinya. Bukan hanya waktu untuk belajar, orang tua juga perlu memberikan jadwal untuk anak beristirahat dan aktivitas fisik.

3. Ketahui minat dan kelebihan anak dalam mengatur pembelajaran

Salah satu hal positif dari homeschooling adalah kurikulum yang bisa disesuaikan dengan minat dan bakat anak.

Nah, orang tua perlu memastikan dan mengetahui apa minat dan bakat anak agar pembelajaran yang bisa anak terima secara maksimal.

Selain itu, anak akan semakin termotivasi setiap harinya untuk menerima hal-hal baru dengan cara yang menyenangkan.

Cari tahu juga cara memilih homeschooling untuk anak autisme melalui artikel ini Cara Memilih Homeschooling untuk Anak dengan Autisme.

4. Buatlah tujuan atau goals bersama dengan anak

Tujuan adalah bagian penting dari sebuah proses. Pastikan orang tua dan anak memiliki tujuan atau goals yang sama pada akhir pembelajaran homeschooling.

Informasikan juga keinginan dan tujuan orang tua serta anak pada guru, sehingga prosesnya bisa berjalan beriringan dengan baik.

5. Pilih guru atau mentor yang tepat

Orang tua juga perlu memastikan guru atau mentor homeschooling yang sesuai dengan kondisi anak. Dengan begitu, proses belajar mengajar akan semakin menyenangkan. 

6. Manfaatkan teknologi secara optimal

Jangan ragu untuk menyiapkan pembelajaran berbasis teknologi di rumah. Dengan menyiapkan sumber daya online di rumah, anak akan lebih bisa mengeksplorasi ilmu baru setiap harinya.

Namun, pastikan orang tua atau mentor selalu membimbing serta menemani anak, ketika menjalankan proses belajar menggunakan teknologi atau secara online.

7. Maksimalkan lingkungan dan buat aktivitas menyenangkan

Proses belajar ini juga bisa dilakukan di sekitar lingkungan rumah untuk membuat aktivitas yang menyenangkan.

Orang tua bisa mengajak anak untuk mengunjungi perpustakaan dan mencari buku-buku menarik yang berkaitan dengan rencana pembelajaran pada hari itu.

Selain itu, ajak anak juga untuk beraktivitas pada museum, kebun binatang, hingga lokasi olahraga tertentu. Tujuannya untuk menunjang proses akademik yang sedang anak jalankan.

Jangan lupa untuk terus memantau perkembangan akademik maupun sosial anak selama menjalankan homeschooling. Pastikan perkembangan kesehatan fisik dan mental anak berjalan secara optimal.

Cari tahu metode pembelajaran yang tepat bagi anak di masa pandemi melalui artikel ini Homeschooling atau Sekolah Konvensional di Masa Pandemi untuk Anak?.

Ibu bisa bertanya lebih banyak mengenai perkembangan anak pada dokter spesialis anak agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan optimal. Klik gambar berikut untuk berbicara dengan dokter anak sekarang:

chat dokter anak
Referensi:
Lucidchart. Diakses pada 2023. 8 Homeschool Tips and Tricks for Beginners.
Teach Them Diligently. Diakses pada 2023. 11 Tips for Homeschool Success | 116.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan