• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Tepat Membersihkan Kotak Kotoran Kucing
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Cara Tepat Membersihkan Kotak Kotoran Kucing

Inilah Cara Tepat Membersihkan Kotak Kotoran Kucing

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 Februari 2021
Inilah Cara Tepat Membersihkan Kotak Kotoran Kucing

Halodoc, Jakarta - Membersihkan kotak kotoran kucing adalah salah satu bentuk tanggung jawab pemilik kucing terhadap kucing peliharaannya. Membersihkan kotak kotoran kucing penting untuk dilakukan secara teratur. Hal ini dilakukan agar lingkungan rumah kamu tidak bau dan kucing terhindar dari penyakit. 

Perlu untuk diketahui, kotoran dan air kencing kucing di dalam kotak kotoran bisa berbahaya bagi orang yang membersihkannya. Itulah alasannya penting untuk tahu cara tepat membersihkan kotak kotoran kucing. Lantas, langkah apa yang harus dipersiapkan?

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Cara Membersihkan Kotak Kotoran Kucing

Sebelum membersihkan, pastikan kamu menggunakan sepasang sarung tangan karet dan masker. Masker berfungsi untuk mengurangi risiko toksoplasmosis. Perlu diingat juga, jika kamu sedang hamil, sebaiknya gunakan jasa untuk melakukan kegiatan ini.

  • Sering-sering Membuang Gumpalan Kotoran Kucing

Gunakan sekop kotoran kecil untuk mengambil dan membuang kotoran kucing setidaknya sekali sehari, atau lebih sering jika kamu memiliki lebih dari satu kucing. Untuk meminimalkan bau setelah dibersihkan, tambahkan sedikit pasir kotoran untuk menggantikan yang sudah dibuang saat dibersihkan. 

  • Cuci Kotak Sampah

Cara terbaik untuk membersihkan kotak kotoran kucing adalah membuang seluruh isi kotak dan merendam kotak dalam air panas selama beberapa menit. Lakukan kegiatan ini sekali seminggu. Kamu perlu menggunakan deterjen atau bahan kimia pembersih apalagi ketika kucing peliharaanmu sedang mengalami gangguan kesehatan, seperti diare

Gunakan sedikit sabun atau detergen yang ditambahkan ke air panas untuk membantu melepaskan kotoran di bagian dalam dan yang agak keras. Hal ini juga bermanfaat untuk melepaskan residu beracun. Sedikit hidrogen peroksida atau cuka bisa dicampurkan ke dalam air panas untuk menghilangkan bakteri atau bau. 

  • Gosok Bagian dalam Kotak Kotoran

Jika kotak membutuhkan lebih dari sekadar pencucian, maka kamu perlu menggosoknya. Setelah kotak digosok dan bersih, keringkan dengan tisu kertas atau handuk pembersih, lalu taburi bagian bawah kotak dengan soda kue yang digunakan untuk mengurangi bau kotoran kucing.

Baca juga: Vaksin Kucing Kesayangan, Sebaiknya Umur Berapa?

  • Hindari Menambahkan Produk Beraroma

Sebaiknya jangan gunakan apa pun yang beraroma di dalam kotak, atau bahkan di ruangan yang sama dengan kotak. Karena bau kimiawi, atau jenis apa pun yang menurut kamu wangi, dapat membuat kucing menghindari kotak kotoran atau ruangan.

Perlu diketahui, beberapa produk pewangi bisa menjadi racun bagi kucing hanya dengan menghirupnya di lingkungan ruangan. Jadi, metode terbaik adalah menetralkan dan menghilangkan aroma. 

Jika kamu memiliki lebih dari satu kucing, maka kotoran kucing akan lebih banyak. Untuk itu perlu sediakan satu kotak kotoran untuk masing-masing kucing. Ini adalah langkah yang baik untuk mencegah dan menghindari pertengkaran di antara kucing. Begitu juga jika kamu tinggal di rumah bertingkat, sediakan satu kotak pasir kucing di setiap lantai rumah. 

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Mengenai posisi kotak kotoran kucing juga harus diperhatikan. Pastikan kotak kotoran kucing berada di lokasi tepat dan mudah dicapai kucing. Hindari meletakkan kotoran pada posisi yang lebih tinggi atau di tempat yang cukup terpencil

Kucing yang sudah berumur tua tentu kesulitan meraih kotak kotoran akibat beberapa gangguan kesehatan jika posisinya kurang tepat. Sebaiknya, posisi kotak kotoran sejajar dengan lokasi yang menjadi teritori kucing agar ia menghindari tangga atau lokasi tinggi untuk mencapainya. 

Itulah yang perlu diketahui tentang cara tepat membersihkan kotak kotoran kucing. Jika kucing kesayanganmu mengalami masalah kesehatan, segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:

PetMD. Diakses pada 2021. Keeping Odor Away With a Clean Litter Box
Easyology Pets. Diakses pada 2021. You’re Doing It All Wrong: This Is How to Clean a Litter Box Properly