• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

Inilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 Maret 2021
Inilah Fakta Menarik tentang Burung KutilangInilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

Halodoc, Jakarta - Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan saat memelihara burung. Selain dapat meningkatkan rasa bahagia, memelihara burung juga dinilai mampu menurunkan tingkat stres. Kicaunya yang indah dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks. Ada berbagai jenis burung yang bisa kamu pelihara, salah satunya adalah burung kutilang.

Baca juga: 3 Hewan Rumahan yang Bisa Membawa Penyakit

Burung kutilang menjadi salah satu jenis burung yang dikenal memiliki kicau merdu. Bukan hanya di pegunungan, nyatanya burung kutilang juga banyak ditemukan di tengah kota. Nah, sebelum memutuskan untuk memelihara burung kutilang, tidak ada salahnya ketahui beberapa fakta menarik mengenai burung kutilang. Yuk, simak ulasannya, di sini!

Kenali Fakta Menarik Mengenai Burung Kutilang

Ada berbagai jenis burung yang menarik untuk dipelihara. Salah satunya adalah burung kutilang. Burung yang memiliki nama latin Pycnonotus aurigaster ini nyatanya dikenal karena kicauan suaranya yang merdu. Yuk, simak lebih banyak beberapa fakta menarik mengenai burung kutilang!

1.Mudah Beradaptasi

Bukan hanya di daerah yang masih terjaga lingkungannya, burung kutilang pun cukup banyak ditemukan pada daerah yang pembangunannya cukup ramai. Hal ini disebabkan burung kutilang menjadi salah satu jenis burung yang dinilai mudah untuk beradaptasi dengan tempat baru. 

2.Jenis Burung Jinak

Burung kutilang menjadi salah satu jenis burung yang jinak. Dengan begitu, burung kutilang cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah.

3.Kicauannya Beragam

Selain mudah beradaptasi dan jinak, burung kutilang menjadi salah satu jenis burung yang dinilai memiliki jenis kicau cukup beragam. Bahkan, jika dirawat dengan baik dan tepat, burung kutilang menjadi salah satu jenis burung yang tidak kalah dengan burung kicau lainnya.

Itulah beberapa fakta menarik tentang burung kutilang. Kualitas burung kutilang bisa terus ditingkatkan dengan pemeliharaan yang tepat.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Perawatan Tepat untuk Burung Kutilang

Untuk mendapatkan burung kutilang yang sehat, tentunya kamu perlu melakukan perawatan yang tepat. Sebaiknya ketahui cara tepat yang perlu kamu lakukan, agar burung kutilang peliharaanmu menjadi berkualitas dan sehat.

1.Perhatian pada Burung

Hampir sama dengan jenis hewan peliharaan lainnya. Burung kutilang juga memerlukan perhatian dari pemiliknya. Meskipun burung kutilang akan menghabiskan banyak waktu di dalam kandang, tetapi bukan berarti mereka harus disolasi dan hidup sendiri.

Salah satu metode yang bisa dilakukan bersama burung kutilang adalah mengajarkan burung kutilang berkicau. Metode ini bisa dilakukan dengan mendekatkan burung kutilang peliharaan dengan burung kutilang yang sudah mahir berkicau. Dengan begitu, burung kutilang juga bisa berinteraksi dengan burung lainnya.

2.Berikan Nutrisi yang Tepat

Memberikan makan yang bernutrisi akan bermanfaat bagi burung kutilang. Selain dapat menjaga kesehatannya, makanan yang tepat bisa membuat kicauan burung kutilang semakin baik. Kamu bisa berikan jangkrik dengan besar yang disesuaikan dengan besar paruh burung. 

Selain itu, tidak ada salahnya memberikan buah-buahan, seperti pisang dan pepaya. Kedua jenis buah ini menjadi buah yang disukai oleh burung kutilang.

Jangan lupa untuk selalu sediakan air bersih setiap harinya. Air yang bersih membantu burung kutilang menjaga imun tubuhnya dan menjaga kesehatan pencernaan burung. 

3.Jaga Kebersihan Kandang dan Burung

Pastikan burung kutilang berada dalam kandang yang bersih. Jangan biarkan kotoran burung mengendap terlalu lama dalam kandang. Kotoran yang menumpuk bisa memicu kuman penyebab penyakit burung. Selain itu, kondisi tersebut dapat memicu bau tidak sedap.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penempatan lokasi kandang burung. Hindari meletakkan kandang burung pada lokasi yang terlalu dingin, panas, atau bising. Pastikan kandang burung berada di lokasi yang nyaman. Hindari kandang burung dari gangguan predator atau benda tajam.

Kamu juga perlu memandikan burung kutilang. Caranya, dengan menyemprotkan air menggunakan semprotan khusus burung, hingga bulu di tubuh burung cukup basah. Biasanya, setelah itu burung akan mengepak-ngepakkan sayapnya untuk mandi. 

Kamu juga bisa menggunakan kandang khusus yang dirancang untuk memandikan burung. Biasanya, kandang tersebut akan memiliki bak khusus untuk air di dasar kandang. Umumnya, burung akan otomatis masuk ke dalam bak mandi. Kamu juga bisa sambil menyemprotkan air secukupnya untuk mendorong burung mandi.

Setelah burung cukup mandi, jemur burung sekitar 1 jam dibawah sinar matahari pagi sekitar pukul 06.00 - 10.00. Hindari menjemur burung diatas pukul 10.00 karena terlalu panas bagi burung dan meningkatkan risiko dehidrasi. Ketika burung bersih dan sehat, maka burung kutilang akan menjadi lebih senang berkicau.

Baca juga: Pelihara Hewan di Rumah, Ini Manfaatnya untuk Anak

Burung pun dapat mengalami gangguan kesehatan, seperti stres, cacingan, gangguan pernapasan, infeksi virus, hingga kaki bengkak. Gangguan kesehatan ini dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti sayap dan bulu yang terlihat kusam, nafsu makan berkurang, feses berwarna putih, hingga gangguan keseimbangan saat bertengger.

Segera gunakan Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter hewan mengenai gangguan kesehatan yang dialami burung. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play. Dengan begitu, kesehatan hewan kesayanganmu dapat terjaga dengan baik.

Referensi:
Kumparan. Diakses pada 2021. 6 Penyakit yang Biasa Menyerang Burung Kicauan.
Hartz. Diakses pada 2021. Caring for Pet Birds: A Few Helpful Tips.
Indo Zone. Diakses pada 2021. Mengenal Burung Kutilang yang Populer dan Suka Berkicau.