• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Hal Menarik Seputar Anjing German Shepherd

Inilah Hal Menarik Seputar Anjing German Shepherd

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah Hal Menarik Seputar Anjing German Shepherd

“Walaupun German Shepherd kerap digunakan sebagai anjing untuk kepolisian dan militer, tipe anjing ini juga bisa menjadi teman yang baik di rumah. Indra penciumannya juga jauh lebih baik dibanding tipe anjing lainnya. German Shepherd juga tipikal anjing yang aktif sehingga bisa memotivasi kamu berolahraga.”

Halodoc, Jakarta – German Shepherd adalah adalah anjing yang rajin, setia, dan sangat cerdas. Walaupun ukurannya besar, tipe anjing ini memiliki tubuh atletis yang ramping sehingga membuatnya bergerak gesit. 

Anjing German Shepherd sangat cocok sebagai hewan pendamping dan penolong contohnya memandu orang yang buta. Walaupun German Shepherd kerap digunakan sebagai anjing untuk kepolisian dan militer, tipe anjing ini juga bisa menjadi teman yang baik di rumah. Yuk, baca di sini hal menarik lainnya seputar anjing German Shepherd!

Fakta Menarik Mengenai Anjing German Shepherd

Selain karena fisiknya yang kuat dan kokoh, penyuka anjing menyukainya karena ia pintar membangun ikatan dengan pemiliknya. Berikut adalah fakta menarik lainnya mengenai anjing German Shepherd!

Baca juga: Cara Mengetahui Anjing Peliharaan Sedang Mengalami Sakit

1. Gemar Menjelajahi Segala Sesuatu dengan Hidungnya

Anjing tipe ini senang membaui untuk meneliti sekelilinyanya. Indera penciumannya jauh lebih baik dibanding jenis anjing lainnya. German Shepherd memiliki indra penciuman 10.000 hingga 100.000 kali lebih baik karena memiliki jutaan reseptor aroma yang lebih banyak. Tidak heran kalau anjing ini merupakan tipe anjing dengan kemampuan mendeteksi yang hebat. 

2. Sangat Pintar

German Shepherd memiliki keinginan untuk bekerja sama dengan pemiliknya. Selain itu, anjing ini termasuk ras paling cerdas dan konsisten. Untuk membangun instingnya ini, kamu bisa menggunakan metode berbasis penguatan positif. Salah satunya caranya adalah dengan menyediakan banyak mainan yang merangsang mental guna memainkan permainan yang menantang otaknya.

3. Pelindung 

German Shepherd dikenal tidak takut dan percaya diri serta tegas mempertahankan pendiriannya. Karakteristik dan kepribadiannya ini yang membuat anjing German Shepherd cocok menjadi pengawas atau penjaga pada situasi apapun. Kemudian, anjing ini juga memiliki naluri pelindung alami sehingga sangat tepat dijadikan sebagai anjing penjaga.

Baca juga: Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi pada Anak Anjing

4. Sahabat Setia 

Pemilik anjing German Shepherd tidak pernah kesepian karena anjing tipe ini setia, lembut, sekaligus hangat. Kepribadian mereka yang penuh kasih sayang dan berdedikasi adalah bonus dari ras ini, plus mereka sangat menyukai anak-anak. 

5. Bulu yang Gampang Gugur 

Jangan heran kalau kamu akan menemukan bulu-bulu anjing German Shepherd di furniture, lantai, dan di setiap pakaian yang kamu kenakan. Ini dikarenakan German Shepherd menghasilkan bulu yang banyak. 

Baca juga: Mengapa Anjing Bisa Setia kepada Pemiliknya?

6. Cocok Diajak Berolahraga 

German Shepherd memiliki tubuh dan gaya berjalan yang sesuai untuk nalurinya yang aktif bergerak. Itulah sebabnya mengapa anjing tipe ini cocok diajak berolahraga dan akan mendukung kamu untuk menerapkan gaya hidup hidup sehat. 

7. Rentan dengan Kondisi Kesehatan Tertentu

Seperti anjing ras besar lainnya, German Shepherd rentan terhadap displasia pinggul yang merupakan jenis penyakit yang melumpuhkan dan berpotensi fatal. German Shepherd juga berisiko mengalami displasia siku, alergi, langit-langit mulut sumbing, mielopatia degeneratif, fistula perianal, insufisiensi pankreas eksokrin, kembung, panosteitis, penyakit Von Willebrand, Sindrom Wobbler, penyakit jantung dan kulit, dan tiroid.

Kalau anjing peliharaan mengalami gangguan kesehatan, coba tanyakan solusinya kepada dokter hewan melalui aplikasi Haldooc. Dokter hewan terbaik akan memberikan jawaban untuk masalah kesehatan peliharaan kesayanganmu!

Referensi:
American Kennel Klub. Diakses pada 2021. Top 10 Facts About German Shepherd Dogs.
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. German Shepherd: Dog Breed Profile.
German Shepherd Centarl.Net. Diakses pada 2021. 10 Reasons You Do NOT Want a German Shepherd Dog.