Inilah Kiat Mudah Memberikan ASI Saat Sudah Masuk Kerja

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Agustus 2023

“Meskipun terkadang tantangan seperti jarak tempuh yang jauh atau jadwal kerja yang padat, namun dengan persiapan dan dukungan tepat, Ibu bisa tetap memberikan ASI kepada bayi dengan lancar dan mudah. Ingatlah memberikan ASI adalah investasi untuk masa depan kesehatan dan kebahagiaan bayi.”

Inilah Kiat Mudah Memberikan ASI Saat Sudah Masuk KerjaInilah Kiat Mudah Memberikan ASI Saat Sudah Masuk Kerja

Halodoc, Jakarta – ASI atau Air Susu Ibu merupakan makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir. ASI mengandung nutrisi yang diperlukan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Namun, saat seorang ibu sudah kembali bekerja, memberikan ASI menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana cara memberikan ASI yang baik dan benar saat sudah kembali bekerja? 

Ibu juga bisa membaca artikel mengenai ASI Rembes saat Hamil: Penyebab dan Cara Mengatasinya, sebagai antisipasi jika terjadi ASI rembes saat bekerja.

Cara mudah memberikan ASI saat Kerja

Berikut adalah beberapa kiat mudah memberikan ASI saat sudah masuk kerja:

1. Persiapkan diri sejak awal

Sebelum kembali bekerja, persiapkan diri dengan baik agar memudahkan proses memberikan ASI. Hal ini meliputi mempersiapkan perlengkapan pompa ASI, botol susu, cooler bag, dan wadah penyimpanan ASI. Pastikan juga kamu telah mengatur jadwal kerja yang memungkinkan kamu untuk memberikan ASI secara teratur.

2. Gunakan pompa ASI dengan benar

Ketika sedang bekerja, gunakan pompa ASI untuk memompa ASI di tempat kerja. Pastikan untuk menggunakan pompa ASI dengan benar dan higienis agar ASI yang dihasilkan tetap berkualitas. Setelah memompa ASI, simpan dalam botol susu dan tempatkan dalam cooler bag agar tetap segar.

3. Berikan ASI secara teratur

Berikan ASI kepada bayi secara teratur, bahkan ketika sedang bekerja. Jangan menunda-nunda waktu memberikan ASI, karena ini bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas ASI yang dihasilkan. Jika sulit untuk memberikan ASI secara langsung, berikanlah ASI yang sudah disimpan di botol susu.

4. Jaga kualitas dan kebersihan ASI

Jaga kualitas dan kebersihan ASI dengan baik agar tetap berkualitas dan aman untuk dikonsumsi bayi. Pastikan ASI yang disimpan dalam cooler bag tidak terkena sinar matahari langsung, dan jangan gunakan ASI yang sudah disimpan selama lebih dari 24 jam.

5. Dukungan dari lingkungan sekitar

Dukungan dari lingkungan sekitar juga sangat penting untuk membantu proses memberikan ASI saat sudah bekerja. Beritahu atasan dan rekan kerja tentang pentingnya memberikan ASI, dan minta dukungan agar kamu bisa memompa ASI di tempat kerja dengan tenang dan nyaman.

Cara Memompa ASI di Tempat Kerja

Beberapa hal yang penting untuk Ibu perhatikan saat memompa ASI di tempat kerja.

1. Buat jadwal

Membuat jadwal pumping di tempat kerja dan menyusui di rumah bisa sangat membantu. Dengan adanya jadwal yang teratur, Ibu dapat menyeimbangkan semuanya sehingga terasa menjadi lebih mudah.

Rencanakan untuk menyusui bayi di pagi hari sebelum Ibu berangkat kerja, lalu pompa setiap tiga hingga empat jam di siang hari (tergantung pada frekuensi menyusui bayi di rumah).

Pemompaan dapat bermanfaat menjaga produksi ASI Anda tetap tinggi. Jika Ibu memiliki kalender formal untuk janji temu, tandai diri bahwa untuk waktu tertentu sedang tidak tersedia selama sesi pemompaan sehingga waktu tersebut tidak akan ada jadwal untuk rapat saat perlu memompa.

2. Memompa di waktu yang tepat

Pada setiap sesi, usahakan untuk memompa sampai air ASI keluar secara menyeluruh dari kedua payudara. Setelah Ibu terbiasa memompa, sesi ini biasanya memakan waktu 15 hingga 20 menit, tetapi beberapa wanita membutuhkan waktu lebih lama. 

3. Buat rileks

Usahakan memompa ASI dengan keadaan yang rileks supaya kualitas air ASI yang keluar bisa optimal. Beberapa tarikan napas dalam-dalam, mendengarkan lagu, meditasi singkat dan melihat foto bayi dapat menjadi cara untuk membuat Ibu menjadi rileks.

4. Tetap terhidrasi dan bergizi baik

Selalu simpan sebotol besar air di meja atau tempat kerja untuk menghindari terjadinya kekurangan cairan. Siapkan juga beragam cemilan sehat untuk mengoptimalkan asupan nutrisi. Beberapa makanan yang bisa menemani ketika bekerja seperti salad, yoghurt, kacang-kacangan, keju dan sereal.

Itulah beberapa hal yang bisa Ibu lakukan untuk memberikan ASI ketika sudah kembali masuk kerja. Mulailah untuk senantiasa memompa ASI hingga mengatur waktu Ibu sebaik mungkin. Penting untuk memastikan kalau kebutuhan bayi dapat terpenuhi dengan baik dari pemberian ASI. 

Dalam rangka pekan ASI Sedunia harapannya dapat meningkatkan semangat bagi para Ibu dalam memberikan ASI bagi bayinya. Karena ASI memiliki peranan dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Jika Ibu masih memiliki pertanyaan seputar pemberian ASI, segeralah untuk menghubungi dokter spesialis anak.

Nah, melalui aplikasi Halodoc, Ibu bisa tanya dokter spesialis anak untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan.

Ibu juga bisa menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2023. Breastfeeding and Returning to Your Workplace.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Pumping at Work: Tips for Working Moms Who Breastfeed.
Everyday Health. Diakses pada 2023. Your Guide to Pumping at Work.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan