• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Langkah-Langkah Makeup yang Benar

Inilah Langkah-Langkah Makeup yang Benar

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Inilah Langkah-Langkah Makeup yang Benar

Halodoc, Jakarta – Memakai makeup di wajah sama halnya seperti melukis di atas permukaan kanvas. Kamu perlu telaten dan juga memerhatikan berbagai aspek estetika. Mana bagian dari wajah kamu yang ingin ditonjolkan. Apakah bagian hidung? Mata? Bibir? Atau tulang pipi?


Kamu perlu teknik dan trik yang tepat untuk “melukis” wajah dengan peralatan makeup yang tepat. Jangan lupa, kamu juga butuh memilih warna dengan tepat agar sesuai dengan kulit wajah kamu, ya. Nah, dalam menggunakan makeup, kamu perlu tahu step by step untuk mengaplikasikannya pada wajah. Menurut para ahli, berikut adalah langkah menggunakan makeup yang paling tepat:

1. Primer atau Moisturizer
Agar makeup tahan lama, aplikasikan primer pada wajah sebagai base makeup. Dengan menggunakan primer, pori-pori wajah dapat terlihat lebih kecil. Selain menggunakan primer, kamu juga bisa menggunakan moisturizer atau pelembab untuk base makeup. Seperti namanya pelembab berfungsi untuk melembabkan kulit agar terhidrasi dengan baik dan tidak kering. Antara primer dan pelembab, kamu sebaiknya memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan makeup kamu hari itu. Misalnya, untuk pemakaian sehari-hari kamu bisa menggunakan pelembab dan untuk acara pesta kamu bisa menggunakan primer. Setelah menggunakan primer atau pelembab kamu juga bisa mengaplikasikan tabir surya untuk melindungi wajah dari efek sinar matahari.

2. Foundation
Alas bedak atau foundation memiliki beberapa warna sesuai dengan jenis dan warna kulit. Namun umumnya pemilihan warna alas bedak adalah setingkat lebih gelap dari warna kulit. Aplikasikan di wajah menggunakan kuas makeup atau beauty blender.

3. Concealer
Tutupi kekurangan pada wajah menggunakan concealer, alat makeup yang satu ini bisa menutup noda bekas jerawat serta lingkaran hitam di bawah mata. Ingat ya, concealer tidak digunakan ke seluruh wajah, namun hanya pada bagian-bagian tertentu saja. Kalau kamu noda di wajah sudah tertutup sempurna dengan alas bedak maka kamu enggak butuh concealer dan bisa langsung menggunakan bedak.

4. Bedak
Langkah selanjutnya dalam menggunakan makeup adalah bedak. Gunakan kuas makeup atau spons untuk memulasi bedak pada wajah. Bukan diusap melainkan ditepuk-tepuk lembut agar bedak menempel pada wajah dan rata. Untuk warna bedak yang cocok sebaiknya pilih yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit, ya.

5. Alis
Alis akan membingkai wajah dengan sempurna jika kamu tahu mana bentuk alis yang paling cocok untuk wajahmu. Jadi coba cari bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah kamu lalu, gambar alis dengan memilih warna pensil alis yang kamu suka. Kamu bisa memilih yang berwarna hitam atau warna coklat sesuai dengan gaya makeup yang kamu pilih.

6. Riasan Mata
Riasana mata terdiri dari tiga tahapan yakni eyeshadow, eyeliner, dan maskara. Pertama pulaskan eyeshadow di kelopak mata kemudian buat garis mata menggunakan eyeliner. Terakhir, buat bulu mata terlihat lentik dengan menggunakan maskara. Kamu bisa menjepit bulu mata terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan maskara

7. Blush On
Beri efek pipi merona dengan menggunakan blush on yang diaplikasikan di tulang pipi. Selain memberikan efek “fresh” pada wajah, blush on juga bisa memberikan efek pipi tirus jika diaplikasikan dengan benar.

8. Lipstik
Mana gaya kamu, yang nude atau bold? Pemilihan lipstik akan membuat penampilan kamu sempurna. Kamu bisa memilih jenis warna yang bold atau nude sesuai dengan gaya makeup yang kamu pilih. Jika ingin terlihat natural, kamu bisa memilih warna lipstik yang nude. Kalau kamu ingin terlihat lebih ceria dan percaya diri, kamu bisa memilih warna-warna bold. Agar bentuk bibir terlihat sempurna, kamu bisa menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik. Setelah itu, but garis bibir dengan lip liner agar lipstik lebih tahan lama dan bibir tetap lembab.

 

Perhatikan tanggal pada kemasan alat makeup kamu sebelum mengaplikasikannya dnegan langkah-langkah makeup yang benar. Jangan gunakan jika alat makeup sudah mendekati tanggal kadaluarsa, ya. Tidak semua orang cocok menggunakan makeup, jika muncul reaksi alergi sebaiknya hentikan pemakaian dan segera hubungi dokter untuk meminta saran lebih lanjut. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter kapan saja, dimana saja. Dokter Halodoc bisa dihubungi melalui Voice/Video Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam ke tempat tujuan. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.