• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Anak Kucing

Inilah Nutrisi yang Dibutuhkan oleh Anak Kucing

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Nutrisi adalah zat yang diperoleh dari makanan dan digunakan oleh anak kucing sebagai sumber energi dan bagian dari sistem metabolisme yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya. Kecuali si kucing sedang mengalami sakit, pastinya tidak hanya nutrisi saja yang dibutuhkan cukup, tapi juga penanganan untuk penyakitnya. Nah, terkait nutrisi yang dibutuhkan anak kucing, lantas jenis nutrisi apa saja yang dibutuhkan? Temukan jawabannya di sini!

Jenis Nutrisi yang Diperlukan Anak Kucing

Anak kucing biasanya disapih dari susu induknya pada usia sekitar 8 minggu dan bergantung pada pemilik hewan peliharaan untuk pemenuhan nutrisinya. Anak kucing yang mendapatkan cukup nutrisi pada makanannya akan mencapai pertumbuhan yang optimal, fungsi kekebalannya dapat berkembang sempurna, serta meminimalkan potensi obesitas.

Baca juga: Inilah 7 Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Masa pertumbuhan anak kucing adalah waktu-waktu yang menyenangkan, menggemaskan, dan sangat aktif. Itulah sebabnya, nutrisi yang baik dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan di masa perkembangannya. 

Beberapa nutrisi tersebut antara lain:

1. Lebih banyak kalori, protein, dan lemak daripada makanan kucing dewasa untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang sedang tumbuh.

2. Asam lemak omega DHA, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak dan penglihatan pada anak kucing.

3. Vitamin dan mineral termasuk vitamin E, dan selenium, adalah antioksidan bermanfaat yang membantu mengembangkan sistem kekebalan pada anak kucing.

4.Anak kucing juga membutuhkan rasio kalsium terhadap fosfor yang optimal untuk pertumbuhan tulang yang tepat.

Tahapan Pemberian Nutrisi Buat Anak Kucing

Untuk bulan pertama kehidupan kucing, makanan yang dibutuhkan adalah susu induknya atau susu formula khusus yang diberikan setiap 2-4 jam jika anak kucing telah dipisahkan dari induknya. Setelah periode awal ini berlalu, makanan anak kucing dapat menjadi makanan pokok dalam tahapan, jumlah, dan frekuensi berikut:

Baca juga: Kucing Terus Mengeong Pertanda Apa?

1. Dari usia 3-5 minggu, beri makan anak kucing tanpa induk dengan susu formula khusus pengganti di piring dangkal untuk mendorong penyapihan dari botol. Kamu juga bisa menambahkan makanan yang lembap dan mudah dikunyah yang terdiri dari campuran susu formula hangat dan makanan kalengan atau kering berkualitas tinggi untuk anak kucing 4-6 kali sehari.

2. Di usia 5-8 minggu, anak kucing sudah bisa mengunyah makanan anak kucingnya sendiri, dan kamu harus memberikan makanan yang kaya protein dan energi 3-4 kali sehari. 

Makanan anak kucing biasanya sangat tinggi protein, kalori, dan lemak, yang semuanya diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan fungsi tubuh yang sehat. Memberi makan makanan anak kucing yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dan waktu yang tepat secara rutin menjadi bagian penting pada masa pertumbuhannya. 

Baca juga: 3 Kegiatan Bermain dengan Hewan Peliharaan yang Wajib Dicoba

Kalau kamu punya pertanyaan seputar nutrisi yang dibutuhkan oleh anak kucing, kontak saja langsung Halodoc. Dokter hewan terbaik akan memberikan solusi untuk kamu. Jangan lupa download Halodoc ya!

Obesitas pada kucing dapat menyebabkan banyak penyakit. Peningkatan berat badan di atas berat badan ideal dapat memicu munculnya berbagai penyakit. Perlu diketahui kalau sistem pencernaan kucing beradaptasi dengan pola makan berbasis daging. 

Sebagai karnivora sejati, kucing mengandalkan protein sebagai sumber energi utamanya. Diet karnivora sejati adalah rendah karbohidrat. Kucing liar umumnya jarang mengalami obesitas, karena setelah diteliti, asupan makanan mereka umumnya adalah 52 persen protein, 46 persen lemak, dan hanya 2 persen karbohidrat. Nah, coba perhatikan, apakah kamu cenderung memberi kucing peliharaan karbohidrat atau tidak?

Referensi:
Purina. Diakses pada 2021. What Nutrients Do Kittens Need In Their Cat Food?
Cat Care Center of Baton Rouge. Diakses pada 2021. The Pros and Cons of Different Types of Cat Food.
ASPCA. Diakses pada 2021. Cat Nutrition Tips.