Inilah Proses Terapi untuk Mengatasi Anoreksia

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Juni 2021
Inilah Proses Terapi untuk Mengatasi AnoreksiaInilah Proses Terapi untuk Mengatasi Anoreksia

“Anoreksia nervosa adalah salah satu gangguan makan yang bisa dialami oleh siapa saja. Biasanya, pengidap akan memiliki gejala yang meliputi berat badan rendah, terlihat sangat kurus, mudah cemas, depresi, hingga sangat takut dengan kenaikan berat badan. Untuk itu, proses terapi sangat dibutuhkan untuk mengatasi anoreksia nervosa.”

Halodoc, Jakarta – Anoreksia nervosa atau yang lebih dikenal sebagai anoreksia adalah gangguan makan yang ditandai dengan berat badan rendah dan persepsi berat badan yang menyimpang. Kondisi ini yang tidak diatasi dengan baik nyatanya dapat memicu berbagai gangguan kesehatan, baik secara fisik maupun mental yang semakin memburuk.

Baca juga: Jangan Panik, Ada Cara Sembuh dari Anoreksia

Tidak ada salahnya kenali gejala yang menyertai anoreksia nervosa agar kamu lebih mengerti kapan pengobatan perlu dilakukan. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah proses terapi untuk mengatasi anoreksia. Yuk, simak ulasannya di sini untuk mengetahui proses terapi dalam mengatasi anoreksia!

Kenali Gejala Anoreksia Nervosa

Gejala anoreksia nyatanya dapat dilihat, baik secara fisik maupun mental. Biasanya, pengidap anoreksia nervosa akan memiliki gejala fisik, seperti berat badan yang terlalu rendah, penampilan yang sangat kurus, terlihat kelelahan terus-menerus, mengalami insomnia, dan juga sering mengalami kondisi pusing.

Gejala fisik lainnya, seperti rambut yang menipis, kulit kering, perubahan warna kulit menjadi kekuningan, tekanan darah rendah, hingga dehidrasi. Selain gejala fisik, pengidap anoreksia juga mengalami beberapa gejala psikologis, seperti merasa rendah diri, mudah cemas, depresi, takut berlebihan dengan kenaikan berat badan, dan kemampuan konsentrasi yang menurun.

Gejala lainnya yang akan dialami adalah perubahan perilaku. Biasanya, pengidap anoreksia nervosa akan menolak makan dan menahan lapar agar tidak makan untuk menghindari kenaikan berat badan. 

Baca juga: Keliru dalam Mengasuh Anak Sebabkan Anoreksia Nervosa

Penyebab Anoreksia Nervosa

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang dapat menyebabkan seseorang mengalami anoreksia nervosa. Lingkungan yang memandang kesempurnaan fisik terkait dengan tubuh yang kurus dinilai menjadi salah satu pemicunya. 

Kondisi ini akan diperparah dengan kondisi psikologis yang membuat pengidap anoreksia selalu ingin tampil sempurna dengan citra yang mereka bangun dalam pikirannya. 

Anoreksia bisa terjadi pada siapa saja, tetapi kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita, khususnya wanita muda. Untuk itu, segera pastikan kunjungi dokter atau ahli gizi pada rumah sakit terdekat ketika kamu mengalami beberapa gejala terkait anoreksia nervosa. 

Pengobatan untuk Anoreksia Nervosa

Pemeriksaan fisik dan evaluasi psikologis merupakan salah satu pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk memastikan anoreksia nervosa. Pengobatan dilakukan untuk menstabilkan penurunan berat badan, memenuhi kebutuhan nutrisi yang hilang, memperbaiki kondisi psikologis, serta pola makan.

Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menjalani proses terapi. Berikut ini proses terapi untuk mengatasi anoreksia yang bisa dilakukan dengan pengawasan dokter, psikolog, maupun ahli gizi:

  1. Terapi Perilaku Kognitif

Terapi ini dilakukan untuk mengatasi pandangan dan pemikiran yang menyimpang mengenai berat badan maupun citra tubuh.

  1. Dialectical Behaviour Therapy

Terapi ini dilakukan untuk membuat pengidap anoreksia nervosa mengenali pemicu dan reaksi terhadap kondisi tersebut. Dengan terapi ini pengidap akan memiliki kemampuan untuk membangun kesadaran, meningkatkan hubungan melalui efektivitas interpersonal, dan mengelola stres serta emosi yang mereka rasakan.

  1. Terapi Keluarga

Bukan hanya pengidap anoreksia nervosa yang perlu melakukan terapi. Keluarga pendamping atau yang memberikan dukungan pun perlu melakukan hal ini. 

Hal ini bertujuan agar anggota keluarga dapat mendampingi pengidap dengan memberikan asupan makanan sehat dan tepat. Pendampingan perlu dilakukan hingga pengidap kembali memiliki pola makan yang sehat.

Baca juga: Waspada, Ini Komplikasi Anoreksia yang Tidak Dapat Disepelekan

Itulah beberapa proses terapi untuk mengatasi anoreksia. Jika kamu memiliki keluarga yang didiagnosis mengalami anoreksia nervosa, tidak ada salahnya bertanya langsung pada dokter cara pendampingan yang tepat bagi pengidap anoreksia. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Anorexia Nervosa.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Anorexia Nervosa.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan