• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Intip Cara Sterilisasi Kamar Usai Isolasi Mandiri

Intip Cara Sterilisasi Kamar Usai Isolasi Mandiri

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Intip Cara Sterilisasi Kamar Usai Isolasi Mandiri

Mensterilisasi kamar yang digunakan untuk isolasi mandiri setelah sembuh dari COVID-19 penting untuk dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona pada orang lain dan diri sendiri. Bersihkanlah semua permukaan dan barang-barang di dalam kamar isoman, terutama yang sering disentuh dengan cermat menggunakan produk pembersih yang sesuai dan ikuti petunjuk penggunaannya.” 

Halodoc, Jakarta – Bila kamu terpapar COVID-19, tetapi tidak bergejala atau hanya mengalami gejala yang ringan, kamu bisa menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. Namun syaratnya, kamu harus berada di kamar terpisah dari anggota keluarga lain yang sehat, kamar mandi pun juga harus terpisah. Selain itu, kamu juga tidak dianjurkan untuk keluar kamar dan bertemu dengan orang lain.

Bila berbicara mengenai isoman, hal yang selama ini menjadi fokus yang seringkali dibahas adalah bagaimana cara meningkatkan imunitas tubuh agar cepat sembuh. Namun, pengidap COVID-19 juga perlu tahu hal-hal apa saja yang perlu mereka lakukan ketika sudah dinyatakan sembuh nantinya. Salah satu hal penting yang harus dilakukan usai isoman adalah mensterilisasi kamar. Dengan melakukan hal tersebut, kamu bisa mencegah penyebaran virus corona, baik pada orang lain maupun pada diri sendiri (reinfeksi). Nah, agar kamar kamu bisa benar-benar bersih dari virus corona, intip cara sterilisasi kamar usai isoman di sini.

Baca juga: Ini 3 Hal Penting yang Perlu Dilakukan saat Isoman di Rumah

Kapan Waktu yang Tepat untuk Sterilisasi Kamar Isoman?

Setelah dinyatakan sembuh dari COVID-19, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan kamu untuk menunggu setidaknya beberapa jam sebelum membersihkan dan mensterilisasi kamar. Berikut ini waktu yang tepat untuk mensterilisasi kamar:

  • Kurang dari 24 jam 

Bila kamu ingin membersihkan kamar isoman kurang dari 24 jam setelah sembuh, bersihkan dan disinfeksi area dan permukaan benda di kamar yang sering kamu gunakan saat sakit. Ingat, kenakan masker saat mensterilisasi kamar tidur, buka jendela dan gunakan kipas angin untuk membantu meningkatkan aliran udara.  Selain itu, selalu gunakan produk disinfektan dengan aman dengan mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan.

  • Antara 24 jam dan 3 hari

Bila kamu masuk ke kamar yang pernah digunakan untuk isoman antara 24 jam sampai 3 hari setelah sembuh. Bersihkan kembali permukaan di kamar yang sudah dibersihkan, tetapi tidak perlu menggunakan produk disinfektan.

  • Setelah 3 hari

Bila kamu memasuki kamar isoman setelah lebih dari 3 hari kamu dinyatakan sembuh, kamu tidak perlu melakukan pembersihan tambahan. Cukup lakukan pembersihan rutin seperti biasa saja.  

Baca juga: Butuh Berapa Lama Waktu Penyembuhan Corona

Hal yang Perlu Diperhatikan 

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan bila ingin mensterilisasi kamar isoman:

  • Kenakan sarung tangan dan masker sebelum mulai melakukan pembersihan.
  • Kenakan kacamata pelindung bila ada potensi percikan produk disinfektan
  • Selalu gunakan produk disinfektan dengan hati-hati sesuai dengan petunjuk penggunaan.
  • Usahakan agar produk disinfektan kimia tidak mengenai kulit kamu.
  • Buka jendela dan nyalakan kipas angin saat melakukan pembersihan untuk meningkatkan sirkulasi udara, apalagi bila kamu menggunakan disinfektan kimia.

Cara Sterilisasi Kamar

Berikut ini cara tepat mensterilisasi kamar tidur usai digunakan untuk isoman:

  1. Lantai Kamar

Berikut ini petunjuk dari National Centre for Disease Control (NCDC) untuk mensterilisasi lantai kamar:

  • Siapkan tiga ember, satu berisi air bersih biasa, satu berisi air hangat yang sudah dicampur deterjen cair, dan satu lagi berisi natrium hipoklorit 1 persen.
  • Pertama-tama, pel lantai kamar dengan campuran air hangat dan deterjen cair. Jangan menuangkan campuran tersebut langsung ke lantai, tetapi gunakanlah seminimal mungkin.
  • Lalu, bersihkan pel dengan air bersih biasa.
  • Setelah lantai kering, gunakan natrium hipoklorit (1 persen) untuk mengepelnya sekali lagi.
  1. Permukaan atau Barang-Barang Rumah Tangga
  • Gagang pintu dan permukaan lainnya yang sering disentuh harus didisinfeksi setiap hari dengan larutan natrium hipoklorit 1 persen.
  • Meja, lemari, bangku, rak, dan lain-lain bisa dilap dengan campuran air hangat dan deterjen.
  • Gunakan pembersih bubuk untuk membersihkan wastafel. Ingat, basahi wastafel terlebih dahulu sebelum membersihkannya.
  1. Kamar Mandi
  • Sebaiknya orang yang terinfeksi COVID-19 menggunakan toilet terpisah dari anggota rumah lainnya.
  • Permukaan toilet harus didisinfeksi setiap hari dengan larutan pemutih rumah tangga biasa atau disinfektan fenolik.
  • Gunakan sikat gosok dan bubuk sabun untuk membersihkan lantai toilet. Disinfeksi dengan natrium hipoklorit 1 persen.
  • Bersihkan keran dan alat lainnya dengan kain lembap dan deterjen. Jangan lewatkan menyeka bagian bawahnya.
  • Bersihkan bagian dalam jamban dengan sikat sudut bergagang panjang dan bahan pembersih yang direkomendasikan.
  1. Cucian 
  • Kenakan sarung tangan sekali pakai saat mencuci cucian kotor. Bila tidak, pastikan kamu mencuci tangan setelahnya.
  • Cuci baju, handuk, seprai, dan lainnya seperti biasa, dengan menggunakan air hangat dan sabun cuci atau deterjen, lalu keringkan sampai benar-benar kering. Bila memungkinkan, kamu juga bisa merendam pakaian di dalam larutan pemutih.
  • Segera buang atau cuci baju atau seprei yang terkena darah, tinja, atau cairan tubuh orang yang sakit.
  • Kumpulkan sarung tangan sekali pakai bekas mencuci dan barang-barang lainnya yang terkontaminasi dalam wadah berlapis sebelum membuangnya. Jangan lupa juga untuk membersihkan dan disinfeksi keranjang pakaian dengan natrium hipoklorit 0,1 persen atau semprot dengan disinfektan.
  1. Barang-Barang Elektronik

Bila memungkinkan, pasang pelapis yang mudah dilepas pada barang-barang elektronik, seperti ponsel, laptop, keyboard, remote TV atau remote AC untuk mempermudah pembersihan. Ikuti petunjuk produk untuk membersihkan perangkat elektronik. Bila perlu, gunakanlah disinfektan, teteapi perlu diketahui bahwa kebanyakan produk pembersih peralatan elektronik mengandung alkohol, sehingga cepat kering.

Baca juga: Perhatikan Ini Jika Tinggal Serumah dengan Pasien Corona

Itulah cara sterilisasi kamar usai isolasi mandiri. Bila kamu terpapar COVID-19 dan sedang menjalani isoman, kamu bisa membicarakan kondisi kesehatan kamu pada dokter atau bertanya mengenai hal-hal yang perlu dilakukan saat isoman melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Cleaning and Disinfecting Your Home
National Centre for Disease Control. Diakses pada 2021. Guidelines for disinfection of quarantine facility (for COVID-19)
The Quint. Diakses pada 2021. COVID Infection How to Clean Sanitise Home.
Missouri Department of Health and Senior Services. Diakses pada 2021. COVID-19 Cleaning Practices for Individuals in Home Isolation/Quarantine