• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Asal, Ini Cara Memilih Pasta Gigi untuk Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Asal, Ini Cara Memilih Pasta Gigi untuk Ibu Hamil

Jangan Asal, Ini Cara Memilih Pasta Gigi untuk Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 September 2022

“Pemilihan pasta gigi untuk ibu hamil harus diperhatikan secara khusus. Lantaran, ada beberapa zat kimia di pasta gigi yang harus diwaspadai oleh bumil.”

Jangan Asal, Ini Cara Memilih Pasta Gigi untuk Ibu HamilJangan Asal, Ini Cara Memilih Pasta Gigi untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Seorang ibu hamil perlu menjaga kesehatan diri dengan ekstra. Pasalnya, kesehatan ibu hamil akan memengaruhi kesehatan Si Kecil di dalam kandungan. Selain menjaga pola makan sehat, bumil juga perlu memerhatikan kebersihan tubuh, salah satunya menjaga kebersihan gigi. Bahkan, pemilihan pasta gigi untuk ibu hamil juga perlu diperhatikan secara lebih.

Jika bumil menginginkan kehamilan yang sehat, ibu juga perlu menjaga kesehatan gigi juga. Kehamilan bukanlah waktu untuk berhenti merawat gigi. American Academy of Family Physicians pun menyebutkan bahwa kesehatan gigi yang buruk akan berpotensi meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan bayi lahir yang rendah.

Nah, berikut beberapa penjelasan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi saat hamil.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi saat Hamil

Terdapat banyak alasan dibalik perlunya bumil untuk menjaga kesehatan gigi. Karena ketika hamil, terjadi perubahan hormon yang signifikan. Hal itu otomatis memengaruhi kesehatan gigi. Contohnya, ibu hamil akan cenderung sering muntah dan memproduksi lebih air liur. Jika gigi jarang dibersihkan, ini akan menyebabkan pertumbuhan bakteri pada gigi dan gusi.

Terlebih lagi, kondisi kerusakan gigi yang parah pada bumil akan berisiko menghasilkan hormon prostaglandin. Hormon ini dapat merangsang terjadinya kontraksi. Gusi yang berdarah pun berpotensi menginfeksi janin melalui peredaran darah plasenta. 

Jadi, pemilihan pasta gigi untuk ibu hamil pun harus diperhatikan secara khusus. Lantaran, ada beberapa zat kimia di pasta gigi yang harus diwaspadai oleh bumil.

Cara Memilih Pasta Gigi yang Tepat untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan gigi ibu hamil memang sedikit lebih rumit ketimbang orang dewasa yang tidak hamil. Namun sederhananya, cara memilih pasta gigi yang tepat untuk ibu hamil bisa dilihat pada kandungan pasta giginya. Sebab, ada beberapa zat yang perlu dihindari oleh ibu hamil.

Berikut beberapa zat pada pasta gigi yang perlu dihindari ibu hamil:

1. Pewarna Buatan

Pewarna buatan berpotensi menyebabkan kanker karena bersifat karsinogenik bila tertelan. Pewarna buatan seringkali berbentuk nanopartikel sehingga dapat dengan mudah masuk ke dalam sel darah.

2. Karagenan

Karagenan adalah senyawa yang dibuat sebagai bahan pengental. Jika bahan ini dibiarkan masuk ke dalam tubuh, ini dapat menyebabkan peradangan usus dan pertumbuhan sel kanker. 

Namun, karagenan yang ditemukan dalam makanan seperti bakso aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Bumil tidak disarankan untuk mengonsumsi karagenan yang ditemukan dalam obat-obatan dan produk lainnya. 

3. Paraben

Paraben merupakan bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet. Sistem endokrin dapat terganggu dan hormon tubuh menjadi tidak stabil jika bahan kimia ini dikonsumsi berulang kali. Efeknya akan  meluas ke janin yang sedang berkembang serta ibu hamil.

4. SLS dan SLES

Dua Bahan kimia ini bersifat membersihkan melalui molekul busa. Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Lauryl Ether Sulfate (SLES) dapat mengiritasi mulut dan menyebabkan mulut kering jika terlalu banyak bersentuhan dengan mulut. SLS harus dihindari selama kehamilan dan menyusui.

5. Triclosan

Triclosan merupakan senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan mudah menempel pada sel darah. Namun, sistem antibakteri ini pada akhirnya dapat mengubah sistem kekebalan tubuh dengan membuat tubuh kebal terhadap bakteri yang sehat sekalipun. Triclosan dapat masuk ke dalam tubuh melalui selaput lendir mulut dan menimbulkan masalah endokrin dan hormonal jika ada dalam pasta gigi.

Pada akhirnya, pilihan untuk sehat bagi ibu dan bayi merupakan hal yang pasti diinginkan. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan gigi mereka juga. Bumil dapat memilih pasta gigi yang aman dengan menghindari zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi.

Itulah informasi mengenai cara memilih pasta gigi untuk ibu hamil. Jika ibu punya masalah kesehatan seputar kehamilan dan kandungan, ibu bisa buat janji pemeriksaan dokter melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play!

Referensi:
Dental Health Society. Diakses pada 2022. The Best Toothpaste to Use While Pregnant.
Hancock Village Dental. Diakses pada 2022. What Kind of Toothpaste Should I Use When Pregnant?