Jarang Diketahui, Ini 3 Penyebab Foreign Accent Syndrome

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Januari 2023

“Biasanya foreign accent syndrome terjadi karena cedera otak. Namun, yang jarang diketahui, sindrom ini juga bisa disebabkan karena operasi gigi, trauma psikologis, dan penyakit multiple sclerosis.”

Jarang Diketahui, Ini 3 Penyebab Foreign Accent SyndromeJarang Diketahui, Ini 3 Penyebab Foreign Accent Syndrome

Halodoc, Jakarta – Foreign accent syndrome  adalah suatu kondisi ketika seseorang tiba-tiba menggunakan aksen bahasa berbeda yang bukan bahasa ibunya, atau bahasa yang ia gunakan sehari-hari. 

Perubahan ini terjadi secara natural, tidak dibuat-buat. Bahkan, orang yang mengidap sindrom ini sendiri tidak menyadari dan mengetahui, kenapa dirinya tiba-tiba bisa mengubah aksen bicaranya.

Umumnya, penyebab foreign accent syndrome terjadi karena kondisi neurologis, psikologis, serta kondisi lain seperti operasi rahang. Cari tahu di sini penyebab foreign accent syndrome yang jarang diketahui!

Penyebab Foreign Accent Syndrome yang Jarang Diketahui

Walaupun termasuk sindrom langka, foreign accent syndrome merupakan kondisi umum yang diketahui secara medis ada sejak tahun 1907. Sejauh ini penyebab sindrom ini dibedakan atas tipenya. Foreign accent syndrome terbagi atas tiga yaitu neurogenik, psikogenik, dan kombinasi.

untuk neurogenik, foreign accent syndrome disebabkan oleh cedera otot atau gangguan saraf, sedang psikogenik karena masalah psikologis, dan kombinasi adalah gabungan antara masalah saraf dan psikologis.

Nah, selain yang sudah diketahui secara umum, ada penyebab lain foreign accent syndrome yang belum banyak yang tahu. Apa sajakah itu?

1. Bisa terjadi karena multiple sclerosis

Walaupun tidak selalu mengiringi multiple sclerosis, tapi seperti yang tercantum dalam jurnal ilmiah berjudul Foreign accent syndrome as a first sign of multiple sclerosis, yang dipublikasikan di Sage Publications, terkadang pasien dengan multiple sclerosis menunjukkan gejala sindrom tersebut. Foreign accent syndrome dapat terjadi pada pengidap multiple sclerosis sebagai manifestasi dari gangguan bahasa kortikal. 

2. Operasi gigi

Walaupun terdengar tak masuk akal, tetapi operasi gigi ternyata bisa menjadi penyebab foreign accent syndrome. Contohnya implan gigi yang bisa menjadi pemicu kemunculan sindrom foreign accent. Walaupun tidak semata karena operasi gigi, pastinya masih banyak faktor pendukung (kombinasi) yang membuat orang yang menjalani operasi gigi tiba-tiba mengalami perubahan aksen saat berbicara.

3. Trauma psikologis

Trauma psikologis bisa memicu seseorang mengalami foreign accent syndrome. Ini terjadi ketika seseorang mengalami rasa sakit akibat kondisi psikologis yang sangat hebat, sehingga dia membentuk coping system melalui perubahan aksen suara. 

Orang-orang dengan kondisi post traumatic stress disorder (PTSD) juga berisiko mengalami foreign accent syndrome, sebagai bentuk pertahanan diri. Terkadang pengidap PTSD secara tidak sadar mengganti identitas diri melalui perubahan aksen suara, untuk melupakan pengalaman buruk tersebut.

Cara Penanganan Foreign Accent Syndrome karena Trauma

Efek trauma dapat bertahan bahkan setelah peristiwa traumatis sudah lama berlalu. Trauma ini dapat bermanifestasi dalam berbagai cara, di mana salah satu bentuknya adalah foreign accent syndrome. 

Seperti apa cara penanganan foreign accent syndrome

1. Membuat jurnal

Menuliskan pemikiran dan perasaan tanpa disensor dapat membantu mengekspresikan diri.  Membuat jurnal adalah metode untuk menemukan kejelasan dan mengeluarkan emosi negatif di dalam diri.

Membuat jurnal juga bisa menjadi upaya untuk memproses pikiran sehingga membantu menjernihkan pikiran dan belajar mengekspresikan diri lagi. Membuat jurnal adalah sebuah metode untuk meletakkan beban fisik.

2. Ekspresi kreatif

Segala bentuk ekspresi kreatif adalah cara yang baik untuk menemukan suara setelah trauma. Ini termasuk menari, menggambar, melukis, bermain gitar, fotografi, bahkan membuat video reels di Instagram. 

Terkadang, bentuk seni yang berbeda memungkinkan kita untuk mengatakan hal-hal yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Banyak orang yang bergumul dengan depresi, kecemasan, atau kondisi kesehatan mental lainnya mendapat manfaat dari ekspresi kreatif.

3. Terapi

Jika dua hal di atas tidak dapat membantu, berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog adalah langkah terbaik untuk memulihkan diri dari trauma. Seorang terapis akan membantu menerapkan strategi untuk memproses pengalaman traumatis, sehingga orang tersebut bisa berdamai dengan lukanya. 

Itulah informasi mengenai penyebab foreign accent syndrome yang jarang diketahui. Selengkapnya mengenai sindrom ini bisa kamu dapatkan dengan download aplikasi Halodoc!

Referensi:
Sage Journals. Diakses pada 2023. Foreign accent syndrome as a first sign of multiple sclerosis.
Npr.org. Diakses pada 2023. A Curious Case Of Foreign Accent Syndrome.
Sani Dental Group. Diakses pada 2023. Foreign Accent Syndrome.
Sweeney Merrigan.com. Diakses pada 2023. What Is Foreign Accent Syndrome?
Tpn. Health. Diakses pada 2023. Speech Impairment Awareness in Behavioral Health.
Medical News Today. Diakses pada 2023. What is foreign accent syndrome?
Reconnect Counceling. Diakses pada 2023. 3 Ways to Find Your Voice When Trauma Is Muting Your Authenticity.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan