• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Ibu Hamil

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 November 2022

“Ibu hamil bisa mendapat banyak manfaat dari virgin coconut oil. Baik dengan mengonsumsinya, atau menggunakannya secara topikal.”

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Ibu HamilJarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Virgin coconut oil alias minyak kelapa murni adalah minyak nabati yang dihasilkan dengan memeras daging kelapa segar atau kering. Selain menambahkannya ke makanan, minyak ini bisa digunakan secara topikal untuk kulit dan rambut. 

Apa saja manfaatnya untuk ibu hamil? Yuk simak lebih lanjut!

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Ibu Hamil

Virgin coconut oil penuh dengan manfaat kesehatan bagi ibu hamil. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Mendukung Perkembangan Janin

Mendukung Perkembangan Janin

Secara nutrisi, minyak ini mengandung 100 persen lemak. Selama kehamilan, lemak yang dikonsumsi memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan plasenta dan organ janin. 

Gunakan minyak ini untuk menumis sayuran atau untuk mengganti minyak lainnya saat memanggang. Cara lainnya, tambahkan satu sendok makan minyak ini ke dalam smoothie buah dan sayur.

2. Membantu Mengatasi Efek Samping Kehamilan

Membantu Mengatasi Efek Samping Kehamilan

Virgin coconut oil adalah solusi alami yang sempurna untuk semua efek samping yang merugikan dari kehamilan. Minyak ini memiliki efek yang sangat menenangkan pada perut dan berkontribusi untuk mengurangi dampak refluks asam lambung. 

Kehamilan juga bisa membuat ibu hamil tidak bisa tidur. Nah, coba gunakan minyak ini sebagai krim mata untuk mengurangi visibilitas lingkaran hitam di sekitar mata.

3. Mengatasi Stretch Mark

Mengatasi Stretch Mark

Kehamilan dapat memberi beberapa tanda peregangan yang sangat buruk di seluruh perut, yang disebut stretch mark. Coba oleskan minyak kelapa selama kehamilan, untuk mencegah pembentukan stretch mark karena minyak melembapkan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

4. Mengatasi Dermatitis Atopik

Mengatasi Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik (eksim) adalah salah satu kondisi kulit paling umum yang dialami oelama kehamilan. Cobalah oleskan minyak ini pada area kulit yang ruam, sesuai kebutuhan. Minyak ini memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri yang membantu melembapkan kulit yang kering dan teriritasi.

5. Menutrisi Kulit Kepala Kering

Menutrisi Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering dapat diatasi dengan mengoleskan virgin coconut oil, yang dicampur dengan minyak jarak atau minyak almond. Oleskan campuran minyak ini pada kulit kepala dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, bilas dengan air hangat. 

Itulah pembahasan mengenai manfaat virgin coconut oil bagi ibu hamil. Jika mengalami masalah kesehatan selama hamil, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dengan dokter kandungan.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Here’s How You Can Safely Use Coconut Oil During Pregnancy.
Mom Junction. Diakses pada 2022. 7 Proven Health Benefits Of Coconut Oil During Pregnancy.