Jarang Disadari, Ini 6 Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Agustus 2022

“Meski pahit, buah mengkudu punya banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, ia juga bisa menimbulkan masalah.”

Jarang Disadari, Ini 6 Manfaat Buah Mengkudu bagi KesehatanJarang Disadari, Ini 6 Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Mengkudu adalah buah yang berasal dari tanaman cemara tropis. Buah ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan sistem kekebalan dan detoksifikasi tubuh. 

Buah mengkudu kaya akan antioksidan kuat seperti Vitamin C, A, B3 (niasin) dan zat besi. Lantas, apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Yuk simak!

Berbagai Manfaat Buah Mengkudu bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah mengkudu:

1. Obat Alami untuk Radang Sendi

Keluhan utama dari pengidap radang sendi atau arthritis adalah rasa sakit pada persendian. Buah mengkudu memiliki sifat analgesik, yang membuat dapat membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang terkait dengan radang sendi.

2. Menurunkan Risiko Asam Urat

Asam urat adalah sejenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Buah mengkudu juga dipercaya dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga menurunkan risiko asam urat.

3. Meningkatkan Energi

Selama ribuan tahun, buah mengkudu telah digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh. Buah ini diyakini dapat meningkatkan energi dan kinerja fisik tubuh secara keseluruhan.

4. Melembapkan Kulit

Buah mengkudu kaya akan antioksidan, sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Jika digunakan sebagai lulur, buah mengkudu dapat membantu melembapkan kulit dan menutrisinya. Ini bisa jadi salah satu solusi alami untuk kulit kering. 

5. Melawan Penuaan Dini

Mengkudu mengandung Vitamin C dan selenium, yang membantu melawan radikal bebas, menjaga elastisitas kulit dan membalikkan efek penuaan. Namun, penting untuk merawat kulit dan menjaganya agar tetap sehat dan awet muda. 

6. Mengobati Demam

Buah mengkudu memiliki sifat antivirus dan membantu meredakan demam. Namun, penting untuk berhati-hati dalam menggunakan mengkudu untuk demam. Karena demam bisa jadi gejala masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Mau tahu manfaat khusus dari daun mengkudu untuk tubuh? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Daun Mengkudu bagi Kesehatan dan Cara Menggunakannya“.

Kontroversi dan Potensi Dampak Buruk

Ada beberapa perdebatan mengenai keamanan jus mengkudu untuk penggunaan medis. Meskipun ia mungkin aman jika dikonsumsi sebagai minuman, penggunaan jus atau ekstrak buah ini yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

Pasalnya, tanaman mengkudu mengandung antrakuinon. Ini adalah senyawa yang diketahui bersifat hepatotoksik, atau beracun bagi hati dan karsinogenik. Itulah sebabnya buah ini tidak disarankan untuk dikonsumsi orang dengan penyakit hati, termasuk hepatitis C kronis dan hepatitis B.

Selain itu, jus mengkudu juga tinggi kalium dan harus dihindari oleh orang dengan penyakit ginjal, jantung, dan hati. Buah ini juga tidak disarankan dikonsumsi oleh orang yang menjalani pengobatan dengan obat diuretik hemat kalium, penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), atau penghambat reseptor angiotensin (ARB). Interaksi buah ini dan obat-obatan tersebut dapat menyebabkan hiperkalemia.

Demikian pula jika kamu memiliki gangguan pendarahan atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin atau clopidogrel. Kamu harus menghindari penggunaan mengkudu karena dapat memperlambat pembekuan darah.

Karena mengkudu punya rasa pahit, seringkali dibutuhkan banyak gula untuk melawan rasa pahitnya. Nah, jika jus mengkudu mengandung gula tambahan berlebih, pengidap diabetes perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Selain itu, buah ini juga dapat berinteraksi dengan obat dan perawatan lain, seperti fenitoin, enzim hati UGT, obat-obatan kemoterapi dan terapi radiasi. Karena kurangnya penelitian mengenai keamanan, mengkudu sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil, ibu menyusui, atau anak-anak.

Itulah pembahasan mengenai manfaat mengkudu bagi kesehatan. Meski banyak klaim manfaatnya, jangan jadikan buah ini sebagai pengganti pengobatan medis, ya. Kalau punya resep obat dari dokter, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2022. mengkudu Juice Nutrition Facts and Health Benefits.
NDTV Food. Diakses pada 2022. 10 Amazing Benefits Of mengkudu Juice: Drink Up!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan