Jenis Anjing yang Jarang Menggonggong

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   01 Januari 2021
Jenis Anjing yang Jarang MenggonggongJenis Anjing yang Jarang Menggonggong

Halodoc, Jakarta - Menggonggong adalah sifat anjing yang terjadi secara naluriah. Jadi, semua jenis anjing akan menggonggong setiap saat. Bahkan, beberapa ras yang bisa dikatakan sebagai anjing pendiam pun terkadang menggonggong lebih dari yang kamu perkirakan. Tidak ada jaminan bahwa anjing ras tertentu tidak akan memiliki masalah menggonggong yang mengganggu. 

Megan Stanley, CPDT-KA, CBCC-KA, konsultan perilaku anjing sekaligus pemilik dari Dogma Training and Pet Services, Inc. mengatakan bahwa menggonggong sebaiknya dicegah dengan pelatihan positif, juga latihan fisik dan mental yang memadai. Pun, pemilik juga harus memastikan kesehatan anjing secara keseluruhan. 

Meski begitu, dikatakan bahwa ada ras anjing tertentu yang cenderung lebih jarang menggonggong dibandingkan dengan jenis lainnya. Anjing jenis ini biasanya tipe yang penyayang dan lebih senang dipeluk oleh pemiliknya. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya: 

  • Basenji

Anjing ras Basenji dikenal sebagai anjing yang tidak menggonggong. Penyebabnya mungkin karena bentuk laring pada anjing ini yang tidak biasa sehingga mereka hampir tidak mungkin menggonggong. Meski begitu, anjing jenis Basenji berkomunikasi dengan cara yang cukup unik, yaitu bernyanyi. 

Baca juga: Apakah Aman Memberikan Makanan Manusia pada Anjing?

Suara tersebut dikenal dengan istilah Basenji Yodel. Meski pendiam, anjing ras Basenji cenderung cerdas, energik, dan membutuhkan pelatihan positif serta cukup olahraga untuk bisa menjadi teman yang menyenangkan. Pasalnya, menurut Megan, anjing ras Basenji adalah ras anjing medium terbaik.

  • Great Dane

Meski lembut dan pendiam, tetapi anjing jenis Great Dane ini memiliki ukuran yang besar. Great Dane jantan memiliki berat mencapai 200 pon. Saat menggonggong, suaranya akan terdengar keras dan dalam. Namun, hal tersebut jarang terjadi. Anjing ini cenderung memiliki sifat yang tenang, artinya mereka tidak akan sering menggonggong. 

Anjing jenis Great Dane dibiakkan dengan tujuan untuk membahagiakan manusia, jadi mereka adalah jenis anjing keluarga yang hebat dan sangat mudah dilatih. Meski begitu, tetap saja ada hal-hal yang tidak disukai oleh anjing jenis ini, seperti berpura-pura senang setelah melalui hari yang buruk dan memaksa mereka berteman dengan anjing lainnya.

Baca juga: 5 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Alergi

  • Bernese Mountain Dog

Anjing ras Bernese Mountain ini dikenal sebagai anjing yang tenang, baik hati, dan kuat. Mereka dikenal sebagai salah satu jenis anjing yang tidak menggonggong dan sangat tenang. Mereka selalu siap untuk berjalan-jalan atau bermain serta menyenangkan pemiliknya. Bahkan, jika kamu adalah orang yang cukup sibuk, Bernese Mountain adalah jenis anjing yang bisa dibiarkan sendiri. 

  • Shiba Inu

Shiba Inu adalah anjing jenis Spitz yang berasal dari Jepang. Mulanya, mereka dibesarkan untuk berburu karena termasuk anjing yang cepat dan cerdas. Namun, mereka sangat setia begitu terikat dengan manusia. Shiba Inu umumnya adalah anjing mandiri, jadi kamu akan jarang mendengarnya menggonggong. Namun, ia akan mengeluarkan suara bernada tinggi saat sedang bersemangat maupun kesal. 

  • Saint Bernard

Berasal dari Swiss, anjing jenis Saint Bernard yang penyayang dan setia dikenal karena pertumbuhannya yang sangat pesat. Memiliki bibir yang terkulai, anjing jenis ini lebih banyak menghasilkan liur dibandingkan dengan gonggongan, dan terbilang serius serta melindungi keluarga pemiliknya. Jika menggonggong, anjing Saint Bernard biasanya akan memberitahu pemiliknya bahwa ada yang tidak beres atau sekadar meminta perhatian. 

Baca juga: 8 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Stres

Itu tadi beberapa jenis anjing yang bisa dikategorikan sebagai anjing pendiam. Jangan lupa, jangan hanya mengajak anjing bersenang-senang, perhatikan pula kesehatan mereka. Jika mendapati ada gejala yang tidak biasa pada anjingmu, kamu sekarang bisa langsung bertanya pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, jangan abai dengan kesehatan hewan kesayangan!



Referensi:
Reader’s Digest. Diakses pada 2020. 28 Quiet Dog That Don’t Bark (Too Much).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan