Jenis Hamster yang Sangat Menggemaskan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   30 Juni 2021
Jenis Hamster yang Sangat MenggemaskanJenis Hamster yang Sangat Menggemaskan

“Selain kucing, anjing, atau kelinci, hamster menjadi jenis hewan peliharaan yang banyak dipilih. Ukurannya yang kecil dengan warna dan jenis hamster beragam serta bulu yang lembut menjadi alasan memelihara hewan satu ini.”

Halodoc, Jakarta – Bisa dikatakan bahwa hamster menjadi jenis peliharaan yang baik untuk anak, terlebih jika ini kali pertama mereka belajar memelihara hewan. Meski begitu, kamu perlu tahu dulu jenis hamster yang sering ditemui supaya pemeliharaan dan pemberian pakan tidak keliru. 

Baca juga: Inilah Cara Tepat Memelihara Hamster di Rumah

  • Hamster Syrian

Jenis ini terbilang cukup populer dan punya sebutan lain, yaitu Teddy Bear Hamster. Hamster Syrian termasuk jenis yang mudah dirawat dan ramah. Mereka memiliki umur hidup sekitar dua hingga tiga tahun.

Jika kamu ingin memelihara hamster jenis ini, sebaiknya kamu tidak memberinya teman. Pasalnya, Hamster Syrian bisa saja bersifat agresif pada hamster lainnya. 

  • Hamster Cina (Chinese)

Hamster Cina memiliki ciri khas, yaitu ekor yang lebih panjang daripada jenis lainnya. Hamster ini merupakan pilihan yang tepat untuk anak-anak karena perawatannya yang bisa dikatakan tidak terlalu sulit.

Sama seperti Hamster Syrian, Hamster Cina memiliki usia hidup antara dua hingga tiga tahun. Karakteristik lainnya, yaitu hewan kecil ini gesit dan cepat. Pun, hamster ini lebih menyukai hidup sendiri meski bisa bergaul dengan jenis hamster lainnya.

  • Campbell’s Russian Dwarf Hamster

Jenis berikutnya adalah Campbell’s Russian, hamster yang gesit, cepat, dan cukup menantang untuk dipelihara. Mereka bisa bergaul dengan hamster berukuran kecil atau kerdil lainnya.

Meski begitu, hamster jenis ini hanya memiliki usia hidup antara satu hingga dua tahun. Termasuk cukup sulit untuk dipegang, tetapi masih bisa dikatakan cocok dipelihara oleh anak hingga orang dewasa. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

  • Winter White Dwarf Hamster

Keunikan dari jenis ini adalah bulunya yang bisa berubah warna. Saat musim dingin, bulu hamster ini akan berwarna putih, lalu akan menjadi abu-abu saat musim panas. Hamster Winter White Dwarf memiliki ukuran kecil dengan kemampuan berlari yang sangat cepat sehingga terkadang sulit untuk ditangkap.

Hamster jenis ini memiliki usia hidup sekitar satu hingga dua tahun. Winter White Dwarf juga memiliki sifat sosial sehingga jika kamu memperkenalkan dengan hamster sejenis sejak dini, mereka dapat hidup berkelompok.

  • Roborovski Dwarf Hamster

Hamster Roborovski Dwarf termasuk jenis hamster dengan ukuran paling kecil. Perlu kamu tahu bahwa hamster ini suka menggigit sehingga perlu hati-hati menanganinya. Jadi, sebaiknya kamu tidak menjadikan jenis ini peliharaan untuk anak.

Masa hidup Roborovski Dwarf terbilang cukup lama, yaitu antara tiga hingga empat tahun. Kamu bisa menempatkan mereka secara berkelompok dengan jenis yang sama atau berpasangan.

Baca juga: Begini Cara Ajak Anak Menyukai Hewan Sejak Kecil

Jadi, jenis hamster mana yang tertarik untuk kamu pelihara? Apapun hewan peliharaanmu, jika mengalami gejala yang tidak biasa, jangan biarkan dan segera tanyakan pada dokter untuk diobati, ya? Sekarang kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk tanya jawab dengan dokter hewan, kok. Apakah kamu sudah download aplikasinya?

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Determine Whether or Not a Hamster Is the Right Pet For You
FETCH by WebMD. Diakses pada 2021. Types of Hamsters.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan