• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jus Buah dan Sayuran untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Jus Buah dan Sayuran untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Jus Buah dan Sayuran untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

“Cuaca yang tidak menentu, ditambah masa pandemi seperti sekarang ini membuat semua orang wajib menjaga daya tahan tubuhnya. Mengonsumsi makanan sehat, rutin olahraga, istirahat cukup, dan tak lupa mematuhi protokol kesehatan jadi cara yang dianjurkan untuk tetap sehat.”

Halodoc, Jakarta – Tak kalah pentingnya adalah memenuhi nutrisi tubuh setiap hari dengan mengonsumsi makanan bergizi. Salah satunya adalah buah dan sayur yang bisa dikonsumsi dalam bentuk jus. Tak hanya menyediakan vitamin, buah dan sayuran juga memiliki kandungan serat dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Lalu, jenis sayuran apa saja yang baik dikonsumsi sebagai jus untuk membantu meningkatkan imun tubuh? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Kale, Tomat, dan Seledri

Kale adalah jenis sayuran yang banyak diolah sebagai campuran dalam jus. Kamu bisa menambahkan potongan tomat untuk memberikan rasa manis yang memberikan manfaat vitamin A dalam jumlah cukup. Selain itu, menambahkan seledri atau lobak dalam jus ini akan menyediakan manfaat antiinflamasi untuk tubuh. 

Baca juga: 5 Sayuran yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

  • Seledri dan Pakcoy

Dua jenis sayuran ini juga sering digunakan sebagai campuran jus sayuran selain kale. Kadar vitamin A, C, dan K dalam sayuran ini bisa dikatakan sangat tinggi, belum lagi dengan banyak manfaat lainnya. Ini termasuk membantu menjaga kesehatan jantung dan mata, menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol dalam darah, membantu melancarkan pencernaan, dan tentunya meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau kamu tidak suka rasanya, kamu bisa menambahkan buah untuk memberikan rasa manis, seperti nanas, jeruk, atau apel. 

  • Jeruk, Wortel, dan Apel Hijau

Wortel, apel, dan jeruk adalah kombinasi yang sangat baik untuk membantu tubuh melindungi dirinya sendiri dan melawan infeksi. Buah apel dan jeruk memberi tubuh asupan vitamin C yang cukup. Sementara itu, vitamin A, yang tak kalah pentingnya untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, disediakan dalam wortel berbentuk antioksidan beta karoten. Tak hanya itu, wortel juga mengandung vitamin B6 yang berperan penting dalam proliferasi sel imun dan produksi antibodi.

  • Jeruk, Jeruk Bali, dan Buah dengan Rasa Asam Lainnya

Buah jeruk, jeruk bali, dan buah lain dengan rasa asam mengandung lebih dari cukup asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Vitamin C sendiri memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi sel dalam tubuh dari berbagai zat yang memiliki sifat merusak. Kamu perlu tahu bahwa kekurangan vitamin C bisa mengakibatkan penyembuhan luka yang lebih lama, terganggunya respon imun tubuh, dan ketidakmampuan tubuh melawan infeksi . 

Baca juga: Vitamin A Dibutuhkan Segala Usia, Kenali Manfaatnya

Namun, saat ini tidak ada bukti bahwa vitamin C oral efektif dalam mencegah penularan virus corona baru (SARS-CoV-2) atau mengobati penyakit yang disebabkannya, yaitu COVID-19. Berita baiknya, penelitian telah menunjukkan harapan untuk infus vitamin C intravena (IV) sebagai pengobatan COVID-19. Diperlukan lebih banyak lagi uji klinis untuk pengobatan, bukan pencegahan, menggunakan infus IV, bukan terapi oral.

Jika kamu sedang terserang pilek, vitamin C dosis tinggi dapat membantu meringankan gejala yang muncul sekaligus membantu pemulihan yang lebih cepat. Dosisnya untuk orang dewasa, maksimal sebanyak 2.000 miligram sehari. Atau, kamu bisa bertanya langsung dengan dokter cara pengobatan terbaik lain apabila ini masih belum membuat penyakit yang kamu idap membaik. Download dan pakai aplikasi Halodoc untuk memudahkan kamu bertanya jawab langsung dengan dokter spesialis

  • Buah Bit, Wortel, Jahe, dan Apel

Tiga jenis bahan dalam jus ini, yaitu wortel, jahe, dan buah bit membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mengurangi gejala peradangan. Sebenarnya, peradangan merupakan respon yang diberikan oleh imun tubuh terhadap infeksi yang berasal dari virus maupun bakteri. Gejalanya termasuk pilek, flu, atau nyeri pada tubuh. Sementara bagi pengidap rheumatoid arthritis, mengonsumsi jus ini juga mungkin sangat baik karena bahan jahe yang memiliki manfaat antiinflamasi. 

Baca juga: Rheumatoid Arthritis Bersifat Genetik, Benarkah?

Itu tadi beberapa jenis jus buah dan sayuran yang bisa kamu konsumsi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama menghadapi cuaca yang tidak menentu dan pandemi yang belum juga usai. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2021. 10 Immunity-Boosting Beverages to Drink When You’re Sick.

SF Gate. Diakses pada 2021. Vegetable Juices for the Immune System.