• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Sahur?

Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Sahur?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sebentar lagi bulan puasa tiba. Pada momen tersebut, setiap muslim diwajibkan untuk menahan haus dan lapar seharian. Momen ini menjadi hal yang membahagiakan karena dapat menjadi kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga. Saat sahur dan berbuka, kamu sekeluarga akan berkumpul di meja makan bersama sehingga mendekatkan hubungan satu sama lain.

Salah satu hal yang menantang saat puasa adalah sahur. Pasalnya, jam yang mengharuskan orang bangun untuk melakukan hal tersebut terbilang sangat pagi. Namun, banyak orang yang bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk melakukan sahur. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya!

Baca juga: Begini Pola Makan yang Sehat saat Sahur

Waktu Terbaik untuk Makan Sahur

Sahur adalah bagian yang paling penting saat seseorang akan melakukan ibadah puasa. Hal ini dilakukan agar semua orang mengonsumsi makanan sebelum memulai puasa.

Dengan melakukan sahur, kamu dapat memastikan tubuh tetap kuat untuk puasa dan juga lebih sehat. Namun, kamu tetap harus memastikan jumlah makanan yang dikonsumsi dalam takaran sedang. Sahur penting untuk dilakukan, karena tanpa sahur puasa tidak akan berjalan dengan baik dan kesehatan tubuh pun bisa terganggu.

Lalu, kapan waktu yang sebaiknya dilakukan untuk sahur pada seseorang yang akan puasa? Banyak orang yang mengonsumsi makanan sahur di tengah malam. Memang hal tersebut sah-sah saja, tetapi kebiasaan tersebut dapat memengaruhi manfaat puasa yang diterima. Disebutkan bahwa waktu yang tepat untuk melakukan sahur adalah sekitar jam 3 pagi.

Dengan begitu, kamu dapat mendapatkan energi yang lebih banyak saat melakukan sahur saat menjelang pagi tersebut. Tujuan sahur adalah memberikan kekuatan fisik dan menghemat energi agar aktivitas tidak terganggu. Maka dari itu, melakukan sahur tidak terlalu jauh dari batas waktu dapat memastikan tubuh tetap memiliki energi hingga berbuka puasa.

Sama seperti sarapan, ternyata melakukan sahur sebelum mulai puasa dapat membuat tubuh lebih sehat. Disebutkan bahwa kebiasaan ini dapat menurunkan risiko obesitas, serangan jantung, dan diabetes. Maka dari itu, agar merasakan manfaat tersebut, ada baiknya untuk selalu bangun di pagi hari agar puasa lancar dan tubuh lebih bugar.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait waktu yang tepat untuk melakukan sahur, dokter dari Halodoc dapat memberikan saran yang jitu. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan agar mendapatkan akses kesehatan yang lebih mudah.

Baca juga: Alasan Makan Sahur Tak Boleh Ditinggalkan

Makanan yang Tepat saat Makan Sahur

Saat melakukan sahur, kamu harus memastikan jika makanan yang dikonsumsi dapat memenuhi kebutuhan energi untuk satu hari hingga tiba saatnya berbuka. Maka dari itu, kamu harus memilih makanan yang bergizi dan menyehatkan. Berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi:

  1. Buah dan sayur

Makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat makan sahur adalah buah dan sayur. Kedua makanan tersebut kaya akan serat dan dapat meningkatkan rasa kenyang, serta mencegah terjadinya sembelit. Buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Daging-Dagingan dan Jenis Lainnya

Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi daging tanpa lemak dan makanan sejenisnya, seperti ayam tanpa kulit, ikan, serta susu rendah lemak. Semua makanan tersebut termasuk sumber protein yang bagus untuk membatasi asupan lemak pada tubuh. Hal tersebut juga baik untuk memperbaiki, membangun jaringan tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Beras Merah

Disarankan juga untuk mengonsumsi lebih banyak beras merah dibandingkan beras putih. Hal tersebut karena beras merah kaya akan karbohidrat dan tubuh akan lebih lama mencernanya. Sehingga, tubuh kamu mempunyai energi yang lebih lama untuk digunakan saat beraktivitas.

Baca juga: Pilihan Menu Sahur Sehat Saat Puasa

Itulah pembahasan tentang waktu yang tepat untuk makan sahur agar dapat menjaga tubuh tetap kuat untuk beraktivitas. Selain itu, beberapa makanan yang disebutkan di atas juga dapat membuat tubuhmu lancar untuk beraktivitas selama puasa dilakukan. Dengan begitu, tidak ada hambatan yang dapat terjadi meski tidak mengonsumsi apa pun selama seharian.

Referensi:
Muslim Aid. Diakses pada 2020. Suhoor, Iftar and Fasting.
Health Xchange. Diakses pada 2020. ​​​Ramadan Fasting: What to Eat During Suhoor.