Kapan Waktu yang Tepat Mencabut Gigi ke Dentist?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 September 2021
Kapan Waktu yang Tepat Mencabut Gigi ke Dentist?Kapan Waktu yang Tepat Mencabut Gigi ke Dentist?

“Dentist atau dokter gigi sebaiknya dikunjungi secara rutin, terutama jika memiliki riwayat gangguan pada mulut dan gigi. Dengan begitu, perawatan yang tepat bisa diberikan dan menghindari risiko komplikasi. Dokter gigi juga akan membantu memberikan saran dan rekomendasi kapan waktu yang tepat untuk cabut gigi atau melakukan tindakan medis lainnya.

Halodoc, Jakarta – Dentist alias dokter gigi berperan dalam mengatasi masalah pada gigi dan mulut. Salah satu tindakan yang bisa diberikan adalah cabut gigi, yaitu prosedur yang dilakukan untuk mencabut gigi bermasalah dan tidak bisa diperbaiki. Tindakan ini dilakukan untuk mencabut gigi dari gusi sehingga tidak memicu masalah atau gejala yang mengganggu. 

Cabut gigi adalah tindakan yang bisa dilakukan dengan cara sederhana atau pembedahan. Namun, prosedur ini sebaiknya dilakukan oleh dentist yang memang sudah berpengalaman. Dengan begitu, risiko terjadinya komplikasi atau efek samping dari mencabut gigi bisa dihindari. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mencabut gigi? Temukan jawabannya di artikel ini!

Baca juga: 3 Komplikasi yang Dapat Terjadi saat Cabut Gigi Bungsu

Alasan Mencabut Gigi ke Dentist 

Agar lebih aman, cabut gigi sebaiknya dilakukan oleh dentist alias dokter gigi. Tindakan ini biasanya diambil jika ada gangguan pada gigi yang tidak bisa lagi diperbaiki. Karena itu, mencabut gigi menjadi satu-satunya cara yang bisa dilakukan agar gejala mereda dan terhindar dari komplikasi. Ada beberapa alasan gigi harus dicabut sekaligus menjadi tanda waktu yang tepat untuk pergi ke dentist, di antaranya: 

  1. Mengalami gigi berlubang yang tidak bisa ditambal lagi, 
  2. Gigi goyang, terutama jika disertai dengan infeksi, 
  3. Gigi geraham belakang tumbuh miring sehingga menekan gigi di sampingnya, 
  4. Rusak parah pada akar gigi, 
  5. Gigi patah, misalnya karena kecelakaan atau cedera berat, 
  6. Gigi bertumpuk, tidak rata, atau miring yang memicu jaringan dinding mulut terluka, 
  7. Posisi atau letak gigi di tempat yang tidak seharusnya,
  8. Akan menjalani prosedur medis tertentu. 

Baca juga: Gigi Berlubang, Perlukah Dicabut?

Hal yang Perlu Diperhatikan 

Selain mengetahui indikasi atau alasan mencabut gigi ke dentist, penting juga untuk mencari tahu hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan menjalani prosedur ini. Dalam beberapa kondisi, cabut gigi mungkin harus ditunda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Prosedur ini sebaiknya tidak dilakukan pada saat demam, mual dan muntah-muntah, hamil trimester pertama atau ketiga, mengidap penyakit diabetes dan darah tinggi yang tidak terkontrol, serta ada infeksi pada gusi. Orang dengan riwayat penyakit tertentu juga harus berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mencabut gigi. 

Setelah gigi yang bermasalah diketahui lokasinya dan sudah dicabut, gejala sakit gigi biasanya akan segera mereda. Namun pada kondisi yang jarang terjadi, cabut gigi di dentist bisa saja meningkatkan risiko terjadinya komplikasi, seperti alergi terhadap obat bius, bengkak pada gusi, cedera saraf, infeksi pada tempat gigi yang dicabut, hingga perdarahan. 

Sebaiknya segera hubungi dokter gigi atau pergi ke klinik terdekat jika muncul gejala komplikasi yang parah dan disertai dengan demam, keluar nanah dari tempat gigi yang dicabut, nyeri parah dan tak kunjung mereda, perdarahan terjadi dalam waktu yang lama, serta jaringan lunak tempat gigi yang dicabut terasa keras. Penanganan juga perlu dilakukan jika ada gejala mati rasa pada lidah, bibir, dagu, gusi, atau gigi, serta mual muntah dan kesulitan menelan. 

Baca juga: Bukan Cuma Infeksi, Ini Alasan Gigi Bungsu Mesti Dicabut

Biar lebih mudah, pakai aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar klinik atau rumah sakit yang bisa dikunjungi. Saat gejala komplikasi muncul, cari dan temukan rumah sakit terdekat yang sesuai dengan kebutuhan. Halodoc juga bisa digunakan untuk membuat janji dengan dentist atau dokter gigi. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
NHS UK. Diakses pada 2021. Your Guide to Having Teeth Removed.
Healthline. Diakses pada 2021. What To Expect During a Tooth Extraction?
WebMD. Diakses pada 2021. Pulling a Tooth (Tooth Extraction).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan