Kata Dokter: Berbagai Jenis Makanan Sehat untuk Jantung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Februari 2022

“Ada beberapa jenis makanan sehat untuk jantung yang baik dikonsumsi. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit jantung bisa dihindari. Jenis makanan yang bisa dikonsumsi adalah buah apel, beri, dan anggur. Selain itu, disarankan juga untuk mengonsumsi kacang-kacangan.”

Kata Dokter: Berbagai Jenis Makanan Sehat untuk JantungKata Dokter: Berbagai Jenis Makanan Sehat untuk Jantung

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya mengonsumsi makanan sehat. Faktanya, ada sejumlah kandungan dalam makanan yang bisa membantu mencegah risiko berbagai penyakit jantung. Sebagai organ tubuh yang vital, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan jantung. 

Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi. Terutama jika penyakit ini tidak terdeteksi segera dan tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Lantas, apa saja jenis makanan sehat untuk jantung? Cari tahu jawabannya di artikel berikut ini! 

Beragam Makanan Sehat untuk Jantung 

Menerapkan pola hidup sehat adalah hal yang penting dilakukan. Hal ini bisa menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh dan fungsi organ-organ tertentu, salah satunya jantung. Untuk menjaga kesehatan jantung, ada beberapa jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin, antara lain: 

  1. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan mengandung fitonutrien, yaitu zat yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat, antioksidan, dan air yang membuat makanan ini masuk dalam kelompok makanan sehat. Kacang merah merupakan salah satu jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Buah Anggur 

Selain fitonutrien, zat lain yang juga baik dikonsumsi adalah flavonoid. Kamu bisa mendapatkannya dengan rutin mengonsumsi buah anggur. Flavonoid merupakan nutrisi yang bisa membantu mencegah kerusakan jantung, sehingga risiko terjadinya penyakit jantung juga bisa dihindari. Selain kesehatan jantung, mengonsumsi buah yang satu ini juga bisa membantu menurunkan risiko hipertensi alias tekanan darah tinggi. 

  1. Buah Apel dan Beri 

Kedua jenis buah ini juga bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Buah apel dan beri kaya akan kandungan antioksidan. Dengan asupan antioksidan yang cukup, risiko terjadinya serangan jantung dan tekanan darah tinggi bisa diturunkan. Hal ini berarti risiko penyakit jantung juga akan menurun. 

  1. Teh Hijau 

Risiko serangan jantung dan stroke juga bisa diturunkan dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Kendati begitu, minuman yang satu ini sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, karena dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko penyakit lain. Selama mengonsumsi teh hijau, disarankan juga untuk banyak minum air putih.

Lengkapi dengan Gaya Hidup Sehat 

Selain mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, jangan lupa juga menghindari jenis makanan yang berbahaya. Sebaiknya, kurangi atau hindari jenis makanan cepat saji atau makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Hindari juga berlebihan dalam mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. 

Selain itu, biasanya untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit sehari. Aktivitas fisik bisa membantu melatih jantung dalam memompa darah, sehingga fungsinya akan terus terjaga. Pastikan juga tubuh mendapatkan istirahat cukup setiap hari sehingga imunitas tetap kuat dalam mencegah penyakit. 

Jika muncul gejala penyakit, terutama penyakit jantung, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Biar lebih mudah, gunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat yang bisa dikunjungi. Atur lokasi dan dapatkan penanganan medis segera. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
Youtube Channel Halodoc. Diakses pada 2022. Makanan Sehat untuk Jantung #shorts.
Harvard Medical School. Diakses pada 2022. Green tea may lower heart disease risk.
WebMD. Diakses pada 2022. Beans: Protein-Rich Superfoods.
WebMD. Diakses pada 2022. Apples Good for Your Heart.
WebMD. Diakses pada 2022. Top 11 Heart-Healthy Foods.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan