• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Keajaiban Sentuhan Ibu pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Keajaiban Sentuhan Ibu pada Anak

Keajaiban Sentuhan Ibu pada Anak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 01 Maret 2018
Keajaiban Sentuhan Ibu pada AnakKeajaiban Sentuhan Ibu pada Anak

Halodoc, Jakarta – Sentuhan adalah bahasa pertama ibu kepada Si Kecil, bahkan sebelum ia lahir ke dunia. Melalui sentuhan, ibu bisa berkomunikasi dan mencurahkan kasih sayangnya kepada Si Kecil. Itulah mengapa, saat Si Kecil masih di dalam kandungan, banyak ibu hamil yang mengelus perut sambil mengajaknya bicara.

Ketika Si Kecil lahir ke dunia, ibu akan dianjurkan untuk melakukan kontak kulit dengan meletakkan Si Kecil di dada. Proses tersebut dinamakan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) yang dilakukan segera setelah Si Kecil lahir atau paling lama satu jam setelah kelahirannya.

Studi menyebutkan bahwa IMD dapat memperbaiki tingkat oksigen pada bayi, mengurangi tangisan, memperbaiki kualitas tidur dan ASI untuk bayi, mengatur tekanan darah, dan kadar hormon ibu. Lalu, bagaimana dengan sentuhan ibu kepada anak? Apakah ada manfaatnya? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

  1. Mempererat Ikatan Ibu dan Si Kecil

Sentuhan dapat mempererat ikatan ibu dan Si Kecil. Ini karena saat ibu memberikan sentuhan pada Si Kecil, baik melalui belaian, usapan kepala, dan berpelukan, ibu dan anak akan melepaskan hormon oksitoksin. Hormon ini akan membuat Si Kecil merasa nyaman dan terhubung dengan ibu, sehingga hubungan ibu dengan Si Kecil akan lebih kuat.

  1. Menenangkan Si Kecil

Sentuhan lembut adalah salah satu cara terbaik untuk menenangkan Si Kecil. Itulah mengapa, saat Si Kecil sedih, banyak ibu yang memberikan pelukan atau mengelus punggung Si Kecil untuk menenangkannya. Karena saat di dekat ibu, Si Kecil akan merasakan kehangatan, aroma, dan nuansa tubuh ibu yang bisa membuatnya lebih tenang dan senang.

  1. Pengaruhi Kognitif Si Kecil

Sebuah studi menyebutkan bahwa bayi yang sering mendapatkan sentuhan cenderung memiliki perkembangan kognitif yang lebih cepat, termasuk dalam kemampuan berpikir, mengingat, dan berbahasa. Jadi, selain mempererat hubungan, sentuhan ibu pada Si Kecil juga bisa memengaruhi kecerdasannya. Ini karena hormon oksitoksin yang diproduksi karena sentuhan dapat membuat Si Kecil rileks dan nyaman. Akibatnya, saat Si Kecil merasa nyaman, otak akan lebih siap dan fokus untuk belajar sehingga bisa memengaruhi prestasi belajarnya.

  1. Merangsang Perkembangan Mental Si Kecil

Sentuhan dapat merangsang perkembangan mental Si Kecil, bahkan sejak ia masih bayi. Ini dibuktikan dalam sebuah studi yang menyebutkan bahwa bayi yang sering mendapat sentuhan langsung dari ibu cenderung memiliki perkembangan psikologis yang lebih baik. Ternyata, hingga usia anak-anak pun, sentuhan ibu bisa merangsang perkembangan mental Si Kecil. Karena saat ibu dan Si Kecil merasa nyaman, sentuhan ibu bisa membantu Si Kecil mengatur emosi dan menjalin interaksi sosial yang baik.

Karena sentuhan punya banyak manfaat untuk Si Kecil, maka jangan ragu untuk memberikan sentuhan pada Si Kecil ya, bu. Ibu bisa memberikan sentuhan dalam bentuk bermacam-macam, diantaranya dengan mengusap kepala, mencium, memeluk, dan lainnya. Tapi, saat Si Kecil beranjak remaja, biasanya ia akan malu jika ibu mencium atau memeluknya di depan umum. Ibu enggak perlu khawatir, karena ibu bisa mengakalinya dengan menggenggam tangan, merangkul, dan cara lain yang bisa membuat ibu dan Si Kecil nyaman. Karena meskipun terlihat sepele, sentuhan bisa menjadi cara untuk menunjukkan kasih sayang ibu pada Si Kecil.

Nah, selama Si Kecil berada di fase pertumbuhan dan perkembangan, jangan lupa untuk perhatikan kondisi kesehatan Si Kecil ya, bu. Jika Si Kecil sakit, sekarang ibu enggak perlu lagi repot ke luar rumah untuk membelikan Si Kecil obat/vitamin. Ibu bisa memanfaatkan fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar di aplikasi Halodoc. Ibu hanya tinggal pesan obat atau vitamin yang dibutuhkan Si Kecil melalui aplikasi Halodoc dan pesanan ibu akan diantar dalam satu jam. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.