• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kebiasaan Aneh yang Bikin Enggak Gampang Sakit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kebiasaan Aneh yang Bikin Enggak Gampang Sakit

Kebiasaan Aneh yang Bikin Enggak Gampang Sakit

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 17 April 2018
Kebiasaan Aneh yang Bikin Enggak Gampang SakitKebiasaan Aneh yang Bikin Enggak Gampang Sakit

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh sering dianggap sebagai suatu hal yang sulit dan menghabiskan banyak waktu serta biaya. Padahal enggak melulu begitu, lho. Nyatanya menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, bahkan dengan kebiasaan sehari-hari.

Tak dapat dimungkiri ada banyak cara yang bisa dilakukan dan diterapkan agar tubuh lebih sehat. Malahan ada sejumlah kebiasaan yang terdengar cukup aneh, namun bisa memberi manfaat yang luar biasa pada tubuh. Apa saja?

1. Minum kopi

Kandungan kafein yang ada pada kopi sering “dituduh” sebagai penyebab seseorang mengalami insomnia. Kafein memang bisa mengganggu jam tidur, tapi hal ini hanya akan terjadi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Sebenarnya jika dikonsumsi dalam takaran yang sesuai, kopi dapat memberi manfaat yang baik bagi tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard menemukan mengonsumsi kopi tiga sampai lima cangkir sehari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit tertentu, seperti kardiovaskular, diabetes, dan parkinson. Minum kopi juga bisa membantu meningkatkan kewaspaan, menangkal rasa kantuk, dan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa membantu membakar kalori.

2. Parkir lebih jauh

Untuk alasan kepraktisan, kerap kali seseorang akan memakirkan kendaraannya tidak jauh dari tempat yang akan dituju. Karena hal itu dapat menghemat waktu karena tak lagi perlu berjalan kaki. Namun ternyata, kamu bisa menjadi lebih sehat jika mengubah kebiasaan tersebut, yaitu memarkirkan kendaraan sedikit lebih jauh.

Karena hal ini akan mengharuskan kamu berjalan kaki, yang tak dapat dimungkiri dapat memberi manfaat bagi tubuh. Olahraga sederhana ini nyatanya bisa membantu membakar kalori, mengurangi kecemasan, dan menguatkan tulang. Selain bagi tubuh, berjalan juga akan memberi manfaat bagi otak dan meningkatkan suasana hati alias mood.

3. Tidak menggosok gigi

Mungkin hal ini terdengar jorok dan buruk, namun tidak langsung menggosok gigi setelah makan ternyata adalah hal yang baik. Sejumlah ahli menyarankan untuk memberi jeda untuk menggosok gigi, setidaknya 15 menit setelah makan.

Jeda waktu dibutuhkan agar saliva (air liur) membantu proses pencernaan alami yang terjadi setelah makan. Menggosok gigi dapat merusak sistem saliva tersebut dan memengaruhi pencernaan. Selain itu, langsung menyikat gigi setelah selesai makan pun dapat melemahkan email gigi.

4. Tidak menggunakan lift

Teknologi menghadirkan lift dan eskalator untuk  memudahkan seseorang menaiki gedung atau tempat yang lebih tinggi. Namun jika kamu tidak terlalu membuthkannya, misalnya hanya menaiki dua atau tiga lantai, ada baiknya untuk tidak usah menggunakan lift.

Sebagai gantinya kamu bisa menaiki tangga. Meski akan terlihat aneh dan melelahkan, kebiasaan ini dapat membantu membakar kalori dan mengencangkan otot kaki terutama ketika kamu tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

5. Menjauhi hand sanitizer

Produk pembersih tangan, atau lebih dikenal hand sanitizer sering menjadi andalan untuk “mencuci” tangan terutama setelah beraktivitas. Meski lebih mudah, kebiasaan ini sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan, ya.

Daripada hand sanitizer, cobalah untuk membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun dan air untuk menghilangkan bakteri.  Mencuci tangan adalah satu cara paling efektif untuk mencegah infeksi dan penyebaran kuman penyebab penyakit.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat biar kamu lebih cepat sembuh. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!