Kebiasaan Ngemil Bisa Gagalkan Program Diet, Ini Alasannya

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   26 Juni 2023
Kebiasaan Ngemil Bisa Gagalkan Program Diet, Ini Alasannya Kebiasaan Ngemil Bisa Gagalkan Program Diet, Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang gagal menjalani diet karena mencoba melakukan diet yang sangat ketat. Sebagian besar orang masih berpikir kalau diet yang ketat bisa menurunkan berat badan dengan cepat pula. Selain diet yang terlalu ketat, penyebab lain yang sering bikin diet gagal adalah kebiasaan ngemil.

Sebenarnya kamu tetap boleh ngemil selama diet, asalkan kamu mengemil makanan yang sehat dan tidak berlebihan. Ini alasan kebiasaan ngemil yang salah bisa menggagalkan program diet yang sedang kamu jalani:

1. Terlalu Banyak Ngemil

Walaupun kamu sudah memilih camilan yang sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan atau yoghurt, bukan berarti makanan ini aman dikonsumsi banyak-banyak. Porsi camilan yang terlalu banyak nyatanya tetap bisa bikin berat badan kamu susah turun. Ini karena, camilan sehat tetap mengandung gula dan kalori. 

Baca juga: Pengen Ngemil yang Tetap Bikin Langsing, Bisa!

2. Tertipu Label Camilan Sehat

Kamu mungkin mudah menemui makanan dan camilan diklaim lebih sehat. Biasanya, camilan tersebut berlabelkan rendah lemak, rendah gula, bebas pengawet, organik, atau dibuat dari buah asli. Kamu tidak boleh percaya label ini seratus persen, ya! Bisa jadi makanan tersebut ternyata masih tinggi kalori, gula, garam, dan lemak. Untuk memastikannya, sebaiknya langsung cek tabel informasi gizi dalam kotaknya. 

3. Memilih Camilan Kemasan

Camilan kemasan memang kelihatannya lebih praktis daripada membuat camilan sendiri. Namun, kamu harus waspada, terkadang makan kemasan seperti jus buah kemasan, cokelat, keripik mengandung kalori yang cukup tinggi walaupun berlabelkan lebih sehat. Ini karena, makanan kemasan sudah diproses berulang kali supaya lebih awet. Nah, proses inilah yang dapat menurunkan kandungan nutrisi di dalamnya. 

4. Makan Langsung dari Kemasannya

Saat kamu memilih camilan kemasan, pasti kamu cenderung mengonsumsinya langsung dari kemasannya. Nah, jika ukurannya cukup besar, secara tidak sadar akan makan lebih banyak karena merasa harus menghabiskan satu bungkus dalam sekali makan. Jadi, sebaiknya hindari makan langsung dari kemasannya. Pindahkan ke wadah yang lebih kecil supaya kamu tidak makan berlebihan. 

Baca juga: Lagi Diet, Ini Camilan Sehat yang Tidak Bikin Gemuk

5. Ngemil Saat Tidak Lapar

Saat lapar kamu sudah pasti langsung mengonsumsi makanan berat dan ngemil di saat kondisi tidak lapar. Kebiasaan ini padahal kurang tepat, lho. Ngemil saat tidak lapar justru bisa bikin kamu makan berlebihan. Saat kamu ngemil dalam kondisi yang masih agak kenyang, kamu pasti akan cenderung ngemil dalam porsi yang sedikit. 

6. Ngidam Tidak Terpenuhi

Saat diet, sebagian besar makanan yang kamu konsumsi mungkin tidak bisa memuaskan lidah. Misalnya, kamu sebenarnya sedang mengidam brownies, tapi kamu cuma bisa makan granola bar. Nah, ngidam yang tidak terpenuhi seperti ini justru bisa bikin kamu makan lebih banyak lho. Untuk menyiasatinya, coba buat sendiri camilan yang sehat tapi lezat. Contoh, kalau kamu tidak bisa makan brownies, mungkin kamu bisa menggantinya dengan puding yang berisi buah-buahan. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

Punya pertanyaan lain seputar diet? Hubungi dokter atau ahli gizi lewat aplikasi Halodoc saja! Kamu bisa bertanya sepuasnya kapanpun dan dimanapun kamu butuhkan. Mudah sekali bukan? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Baca juga: Pengen Ngemil yang Tetap Bikin Langsing, Bisa!




Referensi:
The Diabetes Council. Diakses pada 2020. 14 Reasons Why Most Diets Fail.
Life Hack Organization. Diakses pada 2020. 5 Reasons Why Diets Fail.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan