Kelelahan Jadi Tanda Kolesterol Tinggi pada Kesehatan Pekerja

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Januari 2023

“Sangat penting untuk mewaspadai tanda kolesterol tinggi. Ini bisa mengganggu kesehatan pekerja dan menimbulkan komplikasi serius.”

Kelelahan Jadi Tanda Kolesterol Tinggi pada Kesehatan PekerjaKelelahan Jadi Tanda Kolesterol Tinggi pada Kesehatan Pekerja

Halodoc, Jakarta – Tanda kolesterol tinggi kerap tidak para pekerja sadari. Padahal, ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan yang lebih serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Namun, salah satu tanda yang dapat kamu waspadai adalah kelelahan atau mudah lelah. Meski bukan gejala langsung, ini bisa jadi tanda kondisi kesehatan lain yang menjadi komplikasi dari kolesterol tinggi.

Kelelahan dan Kolesterol Tinggi bagi Kesehatan Pekerja

Berkutat dengan tenggat pekerjaan memang membuat lelah. Namun, kelelahan tak biasa perlu para pekerja waspadai. Salah satu hal yang bisa menjadi penyebabnya adalah kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi memiliki berbagai efek pada tubuh, salah satunya adalah kelelahan. Meski begitu, kolesterol tinggi tidak secara langsung menyebabkan kelelahan. 

Ketika plak terbentuk di dinding arteri, itu mengarah pada kondisi seperti penyakit jantung koroner, dan penyakit mikrovaskular koroner. Jadi, walaupun tanda kolesterol tinggi sendiri tidak secara langsung menyebabkan kelelahan, kondisi yang jadi komplikasinya bisa.

Bahaya Kolesterol Tinggi bagi Kesehatan Pekerja

Kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Dalam banyak kasus, ini baru terdeteksi setelah menyebabkan kejadian darurat, misalnya, serangan jantung atau stroke.

Karena tanda kolesterol tinggi pada pekerja tidak selalu jelas, tes darah adalah satu-satunya cara untuk mengetahui kondisi ini. Kolesterol tinggi terjadi ketika kadar kolesterol darah total di atas 200 miligram per desiliter (mg/dL). 

Beberapa bahaya atau komplikasi serius akibat kolesterol tinggi bagi kesehatan pekerja antara lain:

1. Penyakit Arteri Koroner

Penyakit arteri koroner adalah salah satu jenis penyakit kardiovaskular. Itu terjadi ketika penumpukan plak menyebabkan arteri utama yang memasok darah ke jantung menyempit atau mengeras.

2. Stroke

Penumpukan plak akibat kolesterol tinggi dapat menempatkan kamu pada risiko serius. Sebab, suplai darah ke bagian penting otak akan berkurang atau terputus. Kondisi inilah yang bernama stroke.

Stroke adalah keadaan darurat medis. Penting untuk bertindak cepat dan mendapatkan perawatan medis jika mengalaminya. 

3. Serangan Jantung

Meski tanda kolesterol tinggi sering tidak jelas, para pekerja perlu mewaspadai komplikasinya yang berbahaya, seperti serangan jantung. Ini terjadi ketika arteri yang memasok darah ke jantung perlahan-lahan bisa menyempit karena penumpukan plak. 

Proses ini terjadi perlahan seiring berjalannya waktu dan tidak menimbulkan gejala. Hingga akhirnya sepotong plak pecah, memblokir aliran darah ke otot jantung.

4. Penyakit Arteri Perifer

Penyakit arteri perifer adalah salah satu komplikasi dari tanda kolesterol tinggi yang perlu para pekerja waspadai. Ini dapat terjadi ketika plak menumpuk di dinding arteri, dan memblokir aliran darah di arteri yang memasok darah ke ginjal, lengan, perut, tungkai, dan kaki.

Gejala awal penyakit ini adalah kram, kelelahan, dan rasa sakit di kaki saat beraktivitas atau berolahraga. Saat penyakit ini berkembang, gejala muncul lebih sering dan bahkan bisa muncul saat sedang istirahat. 

Penyakit ini dapat menyebabkan aliran darah ke jantung berkurang. Orang dengan penyakit ini memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung, stroke, atau amputasi anggota tubuh.

Itulah pembahasan mengenai kelelahan yang bisa jadi tanda kolesterol tinggi, yang perlu para pekerja waspadai. Meski berpacu dengan berbagai tenggat pekerjaan, sangat penting bagi pekerja untuk memerhatikan kesehatan.

Jangan abaikan masalah kesehatan apapun yang kamu alami. Jika kamu memiliki keluhan kesehatan apapun, download Halodoc saja untuk berbicara pada dokter melalui chat, kapan dan di mana saja.

Referensi:
Healthfully. Diakses pada 2023. Can Your Cholesterol Level Make You Feel Tired?
Healthline. Diakses pada 2023. Symptoms of High Cholesterol.
Health Match. Diakses pada 2023. Fatigue And High Cholesterol: How Are They Linked?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan