• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenalan dengan Manfaat Ceramide untuk Perawatan Kulit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenalan dengan Manfaat Ceramide untuk Perawatan Kulit

Kenalan dengan Manfaat Ceramide untuk Perawatan Kulit

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Oktober 2022

“Ceramide merupakan jenis asam lemak yang sebenarnya sudah ada dalam sel kulit manusia. Salah satu manfaatnya adalah melindungi lapisan penghalang kulit (skin barrier).”

Kenalan dengan Manfaat Ceramide untuk Perawatan KulitKenalan dengan Manfaat Ceramide untuk Perawatan Kulit

Halodoc, Jakarta – Ceramide termasuk ke dalam jenis asam lemak bernama lipid. Kandungan ini sudah ada di dalam sel kulit manusia dan membentuk 50 persen lapisan kulit terluar (epidermis).

Asam lemak ini kerap dijadikan sebagai salah satu bahan produk perawatan kulit. Cara kerjanya dengan melindungi dan menghalangi paparan radikal bebas yang berpotensi merusak kulit.

Ceramide juga efektif mempertahankan lapisan pelindung kulit (skin barrier). Manfaatnya tak sampai di situ saja, kandungan ini juga dapat meningkatkan hidrasi kulit, sehingga tampak lebih kenyal dan lembap.

Manfaat Ceramide untuk Kulit

1. Menjaga Lapisan Pelindung Kulit

Lapisan pelindung kulit (skin barrier) bertugas untuk menghalang radikal bebas yang berpotensi menyebabkan infeksi dan peradangan pada kulit. Ceramide efektif menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan lapisan pelindung kulit. Pada akhirnya, lapisan pelindung kulit tetap sehat dan bisa berfungsi dengan baik.

2. Meningkatkan Hidrasi Kulit

Ceramide dapat mengunci kelembapan dan meningkatkan hidrasi. Ketika kulit mengalami dehidrasi, teksturnya bisa berubah menjadi kasar dan muncul retakan atau kulit pecah-pecah.

Kondisi tersebut bisa bertambah parah seiring dengan waktu. Dampaknya, kulit berisiko terkena peradangan seperti psoriasis, jerawat dan eksim.

Dengan menggunakan ceramide, bahan ini efektif menjaga hidrasi kulit. Terjaganya kadar air dalam kulit dapat membantu mengatasi kulit kering, membantu melembutkan dan menghaluskan kulit.

3. Mencegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, kulit mengalami perubahan akibat kehilangan protein pembentuk struktur kulit. Beberapa protein tersebut, yaitu kolagen, elastin dan keratin. Dampaknya, akan muncul tanda penuaan dini.

Tandanya meliputi garis halus, kerutan dan kulit kendur. Dengan menggunakan ceramide, bahan ini bisa menahan air dan mencegah kulit kehilangan kelembapannya.

Dengan begitu, gejala penuaan dini seperti garis halus dan kerutan bisa diminimalisir. Manfaat tersebut juga didukung oleh keratinosit dalam keratin, yakni bahan pembuat keratin.

4. Melindungi Kerusakan Kulit akibat Sinar UV

Sinar UV meningkatkan risiko kerusakan kulit sebanyak 90 persen. Dampaknya bisa berupa kerutan, garis halus dan hiperpigmentasi (warna kulit gelap). Beberapa kondisi itu disebut dengan photoaging.

Dengan menggunakan pelembap dan tabir surya yang mengandung ceramide, cara ini efektif melindungi kulit dari kerusakan UV. Produk juga bisa mempercepat proses regenerasi kulit dan mencegah hiperpigmentasi kulit.

Efek Samping Penggunaan

Dalam bentuk topikal atau krim oles, ceramide berisiko menyebabkan efek samping pada sebagian kecil pengguna. Guna memperkecil potensinya, disarankan untuk melakukan tes alergi sebelum menggunakannya.

Caranya, olesi tangan menggunakan ceramide. Diamkan dalam waktu 24 jam. Jika tidak muncul reaksi alergi berupa kemerahan, gatal atau perih, silakan lanjutkan penggunaan.

Jika muncul reaksi saat melakukan tes alergi, silakan tanya dokter untuk melakukan perawatan. Dapatkan juga informasi lain seputar kecantikan dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Radiance by WebMD. Diakses pada 2022. What to Know About Ceramides for Skin.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Ceramides for skin: Benefits, side effects, and more.