Kenali 5 Subspesialis Penyakit Dalam

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Oktober 2022
Kenali 5 Subspesialis Penyakit DalamKenali 5 Subspesialis Penyakit Dalam

"Dokter spesialis penyakit dalam mampu menangani penyakit yang menyerang organ-organ tertentu dalam tubuh. Ahli kesehatan ini sudah terlatih untuk mendiagnosis untuk mengobati penyakit dalam pada orang dewasa."

Halodoc, Jakarta - Dokter penyakit dalam fokus pada pengobatan orang dewasa. Bidang ini telah memiliki studi dan pelatihan khusus yang berfokus pada pencegahan dan pengobatan pada penyakit orang dewasa. Seorang dokter penyakit dalam atau internis dilatih untuk melakukan diagnosis dan pengobatan kanker, infeksi, dan penyakit yang memengaruhi jantung, darah, ginjal, sendi, sistem pencernaan, pernapasan, dan pembuluh darah. 

Dokter tersebut juga terlatih dalam hal-hal esensial. Mulai dari pengobatan internal perawatan primer yang menggabungkan pemahaman tentang pencegahan penyakit, kesehatan, penyalahgunaan zat, kesehatan mental, dan perawatan yang efektif untuk masalah umum mata, telinga, kulit, sistem saraf, dan organ reproduksi. 

Internis kadang-kadang disebut sebagai "dokternya dokter”. Pasalnya, dokter tersebut sering dipanggil untuk bertindak sebagai konsultan untuk dokter lain, supaya dapat membantu memecahkan masalah diagnostik yang membingungkan.

Sub Spesialis Penyakit Dalam

Internis dapat memilih untuk memfokuskan praktiknya pada pengobatan penyakit dalam umum atau mengambil pelatihan tambahan untuk fokus dalam bidang-bidang tambahan pengobatan dalam atau sub spesialis. Berikut adalah sub spesialis penyakit dalam yang dapat kamu ketahui :

1.Onkologi Medis

Salah satu sub spesialis penyakit dalam yang harus kamu ketahui adalah onkologi medis. Ahli onkologi medis dapat mendiagnosis dan mengobati orang dengan berbagai jenis kanker. Tanggung jawab seorang ahli onkologi dapat mencakup pemesanan berbagai tes untuk memastikan diagnosis dan stadium penyakit. 

Ahli onkologi juga menentukan rencana perawatan, yang mungkin termasuk pembedahan, kemoterapi, atau terapi radiasi. Memantau seseorang selama terserang penyakit tersebut, mengobati efek samping, dan memberikan pengetahuan bagi orang yang ditangani juga merupakan bagian dari pekerjaan tersebut.

2.Geriatrik

Sub spesialis penyakit dalam lainnya adalah geriatrik. Dokter yang berspesialisasi dalam geriatri fokus pada kesehatan dan kesejahteraan orang tua. Walaupun semua orang berbeda, seseorang yang lebih tua mungkin memiliki kekhawatiran dan kebutuhan yang berbeda dibanding yang lebih muda. 

Spesialis tersebut dapat mendiagnosis dan mengobati berbagai kondisi yang dapat memengaruhi lansia. Dokter geriatri dapat mengobati seseorang dengan kondisi seperti demensia, gangguan sensorik, dan stroke.

3.Reumatologi

Ahli reumatologi berfokus pada perawatan kondisi yang memengaruhi tulang dan sendi. Terdapat lebih dari 100 penyakit berbeda yang dapat memengaruhi sendi dan otot, dan banyak yang memiliki gejala yang sama. Dokter yang berspesialisasi dalam reumatologi harus terlebih dahulu mengidentifikasi penyebab gejala dan membuat diagnosis. 

Reumatologis dapat merawat seseorang yang mengalami kondisi, seperti osteoporosis, gout, dan rheumatoid arthritis. Seseorang yang mengalami gangguan lupus, nyeri punggung dan fibromyalgia juga dapat mengunjungi reumatologis.

4.Kardiologi

Kardiologis atau ahli jantung dapat mendiagnosis dan mengobati orang dengan berbagai jenis penyakit jantung, peredaran darah atau pembuluh darah. Ahli jantung dapat mengobati penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner, dan kelainan jantung bawaan. Seseorang dapat melakukan berbagai tes diagnostik, seperti ekokardiogram, tes stres olahraga, dan kateterisasi jantung.

5.Gastroenterologi

Ahli gastroenterologi bertugas untuk mengobati seseorang dengan penyakit dan kondisi yang memengaruhi saluran pencernaan. Tanggung jawab tersebut mungkin termasuk mendiagnosis dan merawat seseorang dengan kondisi seperti borok, radang usus besar, dan penyakit refluks. Meskipun tidak melakukan operasi, ahli gastroenterologi dapat melakukan prosedur, seperti endoskopi, untuk memeriksa usus.

Itulah beberapa jenis sub spesialis terhadap penyakit dalam. Jika kamu membutuhkan dokter penyakit dalam, kamu dapat buat janji dengan rumah sakit melalui Halodoc. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Referensi:
Association of American Medical Colleges. Diakses pada 2022. Internal Medicine.
Castle Connolly. Diakses pada 2022. What is Internal Medicine?
Medical University of The Americas. Diakses pada 2022. Subspecialties of Internal Medicine Residents.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan