Kenali 6 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Agustus 2022

“Daun thyme adalah salah satu tanaman yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Nah, beberapa manfaatnya, yaitu sebagai obat batuk alami dan meningkatkan imunitas.”

Kenali 6 Manfaat Daun Thyme bagi KesehatanKenali 6 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Daun thyme adalah salah satu tanaman yang kerap digunakan sebagai bumbu makanan. Bahkan, penggunaan dari tanaman ini sudah dilakukan sejak dahulu kala.

Bukan hanya itu, daun ini kerap dimanfaatkan sebagai obat-obatan karena dapat memberikan manfaat kesehatan. Beberapa produk yang menggunakan daun thyme sebagai salah satu kandungannya, seperti obat kumur dan semprotan hidung.

Selain itu, banyak juga manfaat dari konsumsi daun ini untuk kesehatan, lho. Manfaat ini bisa didapatkan saat mengonsumsinya secara rutin.

Manfaat Daun Thyme untuk Kesehatan

1. Obat Batuk Alami

Daun thyme memang telah digunakan sebagai obat untuk atasi batuk, masalah pernapasan, hingga bronkitis sejak dahulu. Saat daun ini diolah dan diambil minyaknya lalu dicampurkan dengan daun ivi, kombinasinya ampuh dalam meringankan batuk dan masalah pernapasan lainnya.

Nah, salah satu cara untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan mengolah daun thyme menjadi teh. Bahkan, kamu juga bisa menggunakannya sebagai aromaterapi, agar bernapas bisa lebih mudah dilakukan.

2. Meningkatkan Imunitas

Dilaporkan jika daun thyme kaya akan nutrisi bermanfaat, seperti vitamin A, vitamin C, serat, zat besi, dan masih banyak lagi. Namun, kandungan sumber nutrisi ini tidak terlalu tinggi, sehingga harus mengonsumsi tanaman ini dalam jumlah banyak.

3. Penghilang Rasa Sakit

Daun ini memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk membantu meredakan nyeri. Suplemen yang mengandung tanaman ini mampu meredakan nyeri, termasuk kram menstruasi, serupa dengan fungsi dari ibuprofen.

Maka dari itu, seseorang yang mengidap rheumatoid arthritis direkomendasikan mengonsumsi teh daun thyme, guna meringankan gejalanya. Tentu kandungan dari tanaman ini juga dapat membuat masalah inflamasi pada tubuh jadi lebih baik.

4. Membantu Atasi Masalah Kulit

Daun thyme memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba, sehingga sangat efektif dalam atasi masalah kulit. Konsumsi daun ini dapat membantu dalam menyingkirkan infeksi dari bakteri, serta mengurangi peradangan yang terjadi. Beberapa masalah kulit yang mampu diatasi adalah eksim dan jerawat.

5. Atasi Keracunan Makanan

Seseorang yang keracunan makanan dapat mengonsumsi daun thyme agar masalahnya lebih cepat teratasi. Minyak dari daun ini efektif dalam melawan infeksi dari bakteri penyebab keracunan, seperti Staphylococcus, Enterococcus, Escherichia, dan Pseudomonas.

Namun, perlu dipahami jika menelan minyak thyme tidak berarti langsung mencegah keracunan makanan. Selain itu, mengonsumsi suplemen thyme secara teratur juga bisa membunuh banyak bakteri baik di usus, lho.

6. Pengusir Serangga Alami

Diketahui jika daun ini mampu membantu dalam mengusir serangga, termasuk nyamuk. Kandungan thymol yang ada dapat digunakan sebagai bahan aktif agar serangga menjauh. 

Agar rumah bersih dari nyamuk, cobalah untuk menanam daun thyme di rumah. Selain itu, bisa juga membuat obat nyamuk alami dengan mencampur minyak thyme dengan air, lalu semprotkan.

Itulah beberapa manfaat daun thyme untuk kesehatan yang perlu diketahui. Tentu saja, berbagai manfaat ini dapat diperoleh saat mengonsumsinya secara rutin. Namun, ada baiknya tetap meminta saran dari ahli medis sebelumnya.

Apabila masih ada kebingungan terkait manfaat dari daun thyme, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan, untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Dengan download aplikasi Halodoc, ada banyak fitur yang memudahkan dalam akses kesehatan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Thyme.
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Health Benefits of Thyme.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan