Kenali 8 Pengobatan untuk Mengatasi Infertilitas pada Pria

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 November 2022

“Masalah infertilitas pria dapat diatasi dengan beberapa pilihan pengobatan. Mulai dari perubahan gaya hidup, pengambilan sperma, atau fertilisasi in vitro (IVF).”

Kenali 8 Pengobatan untuk Mengatasi Infertilitas pada PriaKenali 8 Pengobatan untuk Mengatasi Infertilitas pada Pria

Halodoc, Jakarta – Infertilitas atau masalah ketidaksuburan adalah masalah pada sistem reproduksi yang mempersulit usaha untuk hamil. Jika suami dan istri sudah melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi selama lebih dari setahun, tapi tidak membuahkan kehamilan, maka salah satu atau keduanya kemungkinan memiliki masalah infertilitas

Masalah ketidaksuburan ini umum terjadi. Melansir Cleveland Clinic, infertilitas terjadi pada satu dari setiap enam pasangan suami-istri yang mencoba untuk hamil. Setidaknya setengah dari semua kasus infertilitas dialami oleh pria. Lantas, apa saja pilihan infertilitas untuk pria?

Pengobatan untuk Mengatasi Infertilitas pada Pria

Pilihan pengobatan untuk mengatasi infertilitas pria tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Keputusan untuk melanjutkan pengobatan pun tergantung pada faktor-faktor lain, termasuk preferensi pribadi. Berikut ini beberapa pilihan pengobatan yang umum ditawarkan:

1. Perubahan gaya hidup

Beberapa bukti menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup tertentu dapat meningkatkan kesuburan. Seperti berhenti merokok, membatasi asupan alkohol, mengonsumsi makanan sehat, dan menjaga berat badan sehat. Gaya hidup sehat dapat meningkatkan peluang kehamilan,  dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

2. Pembalikan vasektomi

Prosedur ini adalah operasi rawat jalan. Dokter spesialis bedah menghubungkan kembali vas deferens yang merupakan tabung di skrotum tempat sperma mengalir. 

3. Vasoepididymostomy

Penyumbatan di vas deferens diperbaiki dengan teknik yang serupa dengan pembalikan vasektomi. Vas deferens akan terbelah melalui pembedahan, penyumbatan dihilangkan, dan ujung tabung disambungkan kembali. Adapun penyumbatan, infeksi, atau cedera, akan diperbaiki oleh dokter spesialis bedah.

4. Pengambilan sperma

Dalam beberapa kasus yang parah, biopsi testis diperlukan untuk menemukan sperma.

5. Injeksi sperma intracytoplasmic

Teknik reproduksi buatan ini dilakukan dengan menyuntikan sperma secara fisik ke dalam sel telur. Prosedur ini pasalnya efektif untuk mengobati infertilitas pria yang paling parah sekalipun. Karena teknik ini, 90 persen dari semua pria tidak subur memiliki potensi untuk mengandung anak genetik mereka sendiri.

6. Fertilisasi in vitro (IVF)

Untuk beberapa pasangan yang memiliki masalah infertilitas pria, fertilisasi in vitro (IVF) adalah salah satu pilihan pengobatan. Selama proses IVF, ovarium dirangsang dengan obat kesuburan suntik untuk menyebabkan banyak telur matang. 

Ketika telur sudah siap, mereka dikumpulkan dalam prosedur kecil. Pemupukan dilakukan dengan mempertemukan telur ke sperma dalam wadah bernama cawan kultur. Atau, dengan langsung menyuntikan satu sperma ke dalam setiap telur matang, suatu proses yang disebut injeksi sperma intracytoplasmic.

Setelah pembuahan, perkembangan embrio dipantau selama tiga hingga lima hari ke depan, dan dua hingga tiga embrio kemudian ditempatkan ke dalam rahim melalui kateter kecil yang dimasukkan melalui serviks.

7. Perawatan hormon dan obat-obatan

Salah satu pengobatan yang direkomendasikan yaitu penggantian hormon dan obat-obatan. Terutama jika infertilitas disebabkan oleh kadar hormon tertentu yang tinggi atau rendah, atau masalah dengan cara tubuh menggunakan hormon.

8. Assisted reproductive technology (ART)

Pengobatan ART melibatkan pengambilan sperma melalui ejakulasi normal, ekstraksi bedah atau donor, tergantung pada kasus dan keinginan spesifik individu. Sperma kemudian dimasukkan ke dalam saluran genital wanita, atau digunakan untuk melakukan fertilisasi in vitro atau injeksi sperma intracytoplasmic. 

Itulah yang perlu diketahui tentang pengobatan untuk mengatasi infertilitas pada pria. Jika kamu memiliki masalah terkait kesuburan, sebaiknya kunjungi dokter untuk mendapatkan saran pengobatan yang tepat. Kamu juga bisa membuat janji medis di fasilitas kesehatan pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!\

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Male infertility
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Male Infertility
WebMD. Diakses pada 2022. Male Infertility Treatments
Uptodate. Diakses pada 2022. Patient education: Treatment of male infertility (Beyond the Basics)

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan