Kenali Berbagai Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Ginjal

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 November 2022

“Kanker ginjal terjadi akibat munculnya sel abnormal yang tidak terkendali pada ginjal. Kondisi ini bisa terjadi akibat ada faktor pemicu, seperti kebiasaan merokok hingga memiliki riwayat keluarga dengan kondisi serupa.”

Kenali Berbagai Penyebab dan Faktor Risiko Kanker GinjalKenali Berbagai Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Ginjal

Halodoc, Jakarta – Ginjal menjadi salah satu organ tubuh yang cukup vital. Organ ini berfungsi untuk menyaring, membersihkan limbah, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ginjal pun memerlukan perawatan yang tepat untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi, salah satunya penyakit kanker.

Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, penyakit ini dapat menyebabkan gangguan hati pada pengidapnya serta penyebaran sel kanker ke organ yang lain. Sebaiknya ketahui berbagai penyebab dan faktor pemicu dari penyakit ini agar kamu terhindari dari komplikasi yang berbahaya.

Gejala Kanker Ginjal

Kanker ginjal adalah penyakit yang terjadi ketika muncul sel abnormal yang tidak terkendali pada ginjal. Berdasarkan jenis, kanker ginjal dapat dibagi menjadi beberapa jenis, seperti:

  • Renal cell carcinoma.
  • Urothelial carcinoma.
  • Sarcoma.
  • Wilm’s tumor.

Penyakit ini juga tidak menyebabkan gejala apapun di awal perkembangannya. Biasanya, gejala akan dirasakan ketika penyakit yang memasuki tahap yang cukup parah. Ada berbagai gejala yang kerap dialami pengidap kanker ini, seperti:

  • Munculnya darah pada urine.
  • Perubahan warna urine yang menjadi gelap atau kemerahan.
  • Nyeri pada punggung atau pinggang yang tidak kunjung membaik.
  • Mengalami penurunan nafsu makan.
  • Berat badan yang turun tanpa alasan.
  • Kelelahan.
  • Demam.

Itulah gejala yang perlu diwaspadai terkait kanker ginjal. Segera buat janji pemeriksaan di rumah sakit pilihan menggunakan Halodoc jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan kanker ginjal. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Penyebab Kanker Ginjal

Kanker ini sangat rentan dialami oleh kelompok usia 65-74 tahun. Selain lansia, anak-anak juga berisiko mengalami gangguan ini. Biasanya, Wilm’s tumor menjadi jenis kanker ginjal yang sering dialami oleh anak.

Kanker ini terjadi ketika beberapa sel pada ginjal mengalami mutasi atau perubahan dalam DNA mereka sehingga memicu sel abnormal. Sel yang abnormal ini terus tumbuh tanpa terkendali sehingga menyebabkan terbentuknya massa pada ginjal yang dikenal sebagai sel kanker.

Ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan kamu mengalami penyakit ini, seperti:

1. Kebiasaan Merokok

Seseorang yang memiliki kebiasaan merokok memiliki risiko lebih besar daripada orang yang tidak merokok. Semakin lama kamu menjadi perokok aktif, maka akan semakin besar risiko yang akan dialami.

2. Obesitas

Kelebihan berat badan dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya kanker ginjal. Jadi sebaiknya lakukan pola hidup yang sehat untuk membantu mengontrol berat badan.

3. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi berkaitan dengan kanker ginjal. Selalu pastikan kamu mengontrol tekanan darah secara rutin.

4. Riwayat Keluarga

Seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kanker atau kanker ginjal berisiko mengalami penyakit yang serupa.

5. Menjalani Cuci Darah

Proses cuci darah yang dijalankan akibat penyakit tertentu dalam jangka waktu yang cukup panjang juga berisiko meningkatkan penyakit kanker ginjal.

6. Kompleks Tuberous Sclerosis

Tuberous sklerosis adalah penyakit yang menyebabkan kejang dan kecacatan intelektual serta pembentukan tumor di berbagai organ.

Itulah berbagai risiko dan penyebab kanker ginjal. Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan kontrol berat badan dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin untuk memastikan tekanan darah dan kadar gula darah dalam tubuh.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Kidney Cancer.
NHS. Diakses pada 2022. Kidney Cancer.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Kidney Cancer.
Web MD. Diakses pada 2022. Understanding Kidney Cancer.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan