Kenali Dampak Negatif Hujan Asam yang Merusak Alam

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Januari 2023

“Keseimbangan ekosistem di alam bisa terpengaruh akibat hujan asam. Pada beberapa kondisi, ini juga bisa memengaruhi kesehatan manusia.”

Kenali Dampak Negatif Hujan Asam yang Merusak AlamKenali Dampak Negatif Hujan Asam yang Merusak Alam

Halodoc, Jakarta – Hujan asam adalah masalah lingkungan serius yang terjadi di seluruh dunia, terutama di sebagian besar wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Seperti namanya, hujan ini menghasilkan presipitasi yang lebih asam dari biasanya. 

Ini bisa menyerupai hujan biasa karena tidak memiliki bau atau warna yang khas. Perbedaannya hanya terlihat setelah beberapa saat, di lingkungan sekitar. Dampaknya bagi alam dan manusia perlu kamu waspadai. Simak lebih lanjut dalam pembahasan ini!

Dampak Negatif Hujan Asam

Ada beberapa dampak negatif dari hujan asam bagi alam dan juga manusia, yaitu:

  1. Memengaruhi Ikan dan Satwa Liar

Efek ekologis dari hujan asam paling jelas terlihat di lingkungan perairan. Seperti sungai, danau, dan rawa-rawa yang berbahaya bagi ikan dan satwa liar lainnya. 

Saat mengalir melalui tanah, air hujan yang bersifat asam dapat melarutkan aluminium dari partikel tanah liat dan kemudian mengalir ke sungai dan danau. Semakin banyak asam yang terpapar ke ekosistem, semakin banyak aluminium yang mencemari tanah dan air.

Beberapa jenis tumbuhan dan hewan mampu mentolerir air asam dan aluminium dalam jumlah sedang. Namun, yang lainnya peka terhadap asam dan akan hilang saat pH menurun. 

Umumnya, sebagian besar spesies muda lebih sensitif terhadap kondisi lingkungan daripada spesies dewasa. Pada pH 5, sebagian besar telur ikan tidak dapat menetas. Sementara pada tingkat pH yang lebih rendah, beberapa ikan dewasa mati. 

Bahkan jika suatu spesies ikan atau hewan dapat mentolerir hujan asam, hewan atau tumbuhan yang dimakannya mungkin tidak. Misalnya, katak memiliki pH kritis sekitar 4, tetapi lalat capung yang mereka makan lebih sensitif dan tidak dapat bertahan hidup pada pH di bawah 5,5.

  1. Berbahaya bagi Tanaman dan Pohon

Pohon mati adalah pemandangan umum di daerah yang terkena hujan asam. Karena hujan asam melepaskan aluminium dari tanah, aluminium itu mungkin berbahaya bagi tumbuhan dan juga hewan. Hujan asam juga menghilangkan mineral dan nutrisi dari tanah yang pohon butuhkan untuk tumbuh. 

Pada ketinggian, kabut asam dan awan dapat menghilangkan nutrisi dari dedaunan pohon. Pepohonan kemudian kurang mampu menyerap sinar matahari, yang membuatnya lemah dan kurang mampu menahan suhu beku.

  1. Menyebabkan Polusi Nitrogen

Bukan hanya keasaman hujan asam yang bisa menimbulkan masalah. Hujan ini juga mengandung nitrogen, dan ini dapat berdampak pada beberapa ekosistem. 

Misalnya, polusi nitrogen di perairan pesisir sebagian bertanggung jawab atas penurunan populasi ikan dan kerang di beberapa daerah. Selain pertanian dan air limbah, sebagian besar nitrogen yang dihasilkan oleh aktivitas manusia yang mencapai perairan pesisir berasal dari atmosfer.

  1. Memengaruhi Kesehatan Manusia

Berjalan di tengah hujan asam, atau bahkan berenang di danau yang terkena hujan asam, tidak lebih berbahaya bagi manusia daripada berjalan di tengah hujan normal atau berenang di danau yang tidak asam. Namun, ketika polutan yang menyebabkan hujan asam (SO 2 dan NOX, serta partikel sulfat dan nitrat) ada di udara, ini dapat berbahaya bagi manusia.

SO 2 dan NO X bereaksi di atmosfer untuk membentuk partikel sulfat dan nitrat halus yang dapat dihirup manusia ke dalam paru-parunya. Partikel ini terkait dengan risiko gangguan fungsi jantung, dan berefek pada fungsi paru-paru, seperti kesulitan bernapas pada pengidap asma.

Mungkinkah Mencegah Hujan Asam?

Pengendapan asam yang menyebabkan hujan asam merupakan akibat langsung dari berbagai jenis aktivitas manusia, sebagai produk sampingan dari polusi udara. Cara untuk menghindari pengendapan asam dalam hujan tumpang tindih dengan cara memerangi berbagai jenis polusi udara. 

Berikut ini hal-hal yang bisa kamu lakukan:

  • Memilih naik angkutan umum daripada mobil pribadi.
  • Beralih dari bahan bakar fosil ke sumber energi terbarukan.
  • Menggunakan sistem filtrasi di mesin untuk menurunkan emisi sulfur dioksida dan nitrogen oksida.

Itulah pembahasan mengenai dampak negatif hujan asam dan hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai dampak hujan ini bagi kesehatan, download Halodoc saja untuk bertanya pada dokter melalui chat.

Referensi:
Airly. Diakses pada 2022. Acid Rain – Causes, Consequences & The Ways To Fight It.
Treehugger. Diakses pada 2022. The Harmful Effects of Acid Rain.
US Environmental Protection Agency. Diakses pada 2022. Effects of Acid Rain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan