• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali Jenis-Jenis Terapi Psikologi dan Manfaatnya

Kenali Jenis-Jenis Terapi Psikologi dan Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kenali Jenis-Jenis Terapi Psikologi dan Manfaatnya

Halodoc, Jakarta – Perawatan psikologis adalah tindakan melibatkan pembicaraan untuk mendiskusikan pemikiran seseorang dengan profesional medis. Diskusi ini dilakukan untuk lebih memahami pemikiran dan perilaku sendiri. Diskusi juga termasuk mengenai gejala penyakit mental, mengurangi gejala, serta mengubah perilaku untuk meningkatkan kualitas hidup. 

Terapi psikologis bisa dilakukan dari segala usia secara individual, berkelompok, dan online. Ada banyak jenis terapi psikologis dengan manfaat yang berbeda-beda. Informasi selengkapnya mengenai jenis terapi psikologis bisa dibaca di sini!

Baca juga: Curhat Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Mental, Ini Alasannya

Mengenal Metode Terapi Psikologi

Ada banyak pilihan terapi psikologi, tetapi metode yang paling umum digunakan adalah terapi perilaku kognitif, terapi interpersonal, dan terapi psikodinamik.

1. Terapi perilaku kognitif membantu pengidapnya untuk mengenali dan mengubah pola berpikir dan perilaku negatif. Perilaku tersebut biasanya mengarah pada pandangan dunia dan diri yang menyimpang dan mengganggu. Biasanya, kondisi tersebut juga sering dikaitkan dengan depresi.

2. Terapi interpersonal membantu pengidapnya mengenali dan mengubah atau mengubah hubungan pribadi tidak sehat yang memicu depresi.

3. Terapi psikodinamik membantu pengidap menyelesaikan konflik psikologis internal, yang biasanya didasarkan pada trauma masa kanak-kanak.

Selain tiga perilaku ini, ada jenis-jenis terapi psikologi lainnya seperti terapi aktivasi perilaku, terapi pemecahan masalah, teknik manajemen stress, latihan kesadaran, dan terapi eksposur. Beberapa terapis mungkin menggunakan satu mode terapi tertentu, sementara yang lain menggabungkan elemen terapi yang berbeda berdasarkan kondisi dan kebutuhan pengidap.

Butuh informasi lebih jelas mengenai metode terapi psikologi dan bagaimana penerapannya, bisa ditanyakan langsung ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Ini Terapi yang Efektif untuk Depresi

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh The Anxiety and Depression Association of America, terapi perilaku kognitif adalah telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi depresi, demikian juga dengan terapi pemecahan masalah. Soalnya, terapi pemecahan masalah mengajarkan pengidap untuk mendefinisikan masalahnya serta mengembangkan dan coba mencari solusi dari masalah tersebut. 

Baca juga: 5 Manfaat Film Sedih Bagi Kesehatan Mental

Namun, untuk orang yang memiliki trauma masa kecil kemudian menjadi depresi, dinilai tidak terlalu merespons ketika dilakukan terapi perilaku. Namun, pada akhirnya tidak ada terapi yang bisa dikatakan benar-benar cocok untuk suatu kondisi. Pasalnya, walaupun diagnosisnya sama, kondisi mental seseorang sifatnya sangat personal.

Sebenarnya tidak hanya melalui terapi psikologi, kondisi depresi ataupun gangguan mental lainnya terkadang butuh perawatan kombinasi yaitu obat dan terapi. Jika memungkinkan, terapi kelompok yang melibatkan sekelompok orang dengan jenis masalah yang sama yang berbicara di bawah bimbingan seorang terapis juga direkomendasikan untuk dilakukan. 

Baca juga: Ketahui 6 Kesalahpahaman Mengenai Terapi

Terapi kelompok memberi kesempatan pengidap untuk mendengar dari orang lain yang berjuang dengan masalah serupa dari perspektif mereka dan mendapatkan pemahaman luas mengenai penyakitnya sendiri. The American Psychological Association mengatakan terapi psikologi dapat membantu seseorang mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap depresi ataupun kondisi psikis yang dialaminya. 

Terapi dapat mengidentifikasi pola berpikir negatif atau menyimpang yang sering kali menimbulkan perasaan putus asa dan tidak berdaya. Paling utama adalah mengembangkan pilihan untuk meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional.

Referensi:
US News Health. Diakses pada 2020. Psychotherapy Approaches: Which Have the Most Evidence of Success?
American Psychological Association. Diakses pada 2020. Different approaches to psychotherapy.
Your Health Mind.org. Diakses pada 2020. Psychological treatments.