• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kenali 6 Tanda Anak Kekurangan Vitamin

Kenali 6 Tanda Anak Kekurangan Vitamin

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Setiap anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menunjang pertumbuhannya. Vitamin adalah salah satu nutrisi yang penting bagi pertumbuhan anak. Zat ini mengatur proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh anak secara optimal. Sayangnya, tidak semua anak mendapatkan vitamin yang cukup dari nutrisi yang ia peroleh. Kondisi ini tentunya memengaruhi proses tumbuh kembangnya.

Faktor seperti anak susah makan atau mengidap kondisi tertentu membuat Si Kecil kurang mendapatkan asupan vitamin yang cukup untuk proses pertumbuhannya. Jika dibiarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin kekurangan vitamin bisa mengancam kesehatan anak. Oleh sebab itu, orang tua harus mengetahui tanda-tanda kekurangan vitamin pada anak berikut ini. 

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini 4 Tips Beri Suplemen untuk Anak

Tanda Anak Kekurangan Vitamin 

Penting bagi orangtua untuk mengetahui tanda kekurangan vitamin pada Si Kecil agar kondisinya segera ditangani, seperti: 

  1. Mudah Sakit

Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang penting diperoleh Si Kecil. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang membantu tubuh Si Kecil untuk melawan radikal bebas yang memicu berbagai penyakit. Ketika asupannya tidak mencukupi, Si Kecil bisa rentan terserang penyakit berbahaya. 

  1. Mata Kering

Vitamin A sudah dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan mata. Apabila Si Kecil tidak mendapat asupan vitamin A yang memadai, ia dapat berisiko mengalami mata kering bahkan kesulitan untuk melihat di malam hari. Cara untuk mencegahnya, ibu dapat memperoleh asupan vitamin A melalui sayuran, seperti wortel, tomat, bayam atau sumber hewani seperti telur, susu, keju dan lain-lain.

  1. Terlambat Bicara

Keterlambatan bicara sering dikaitkan dengan dengan defisiensi pada B12. Anak-anak yang kekurangan vitamin B12 disarankan tidak boleh langsung diberi tambahan suplemen vitamin B12  sebelum diuji terlebih dahulu. Namun, apabila dalam pengujian menandakan bahwa Si Kecil kekurangan vitamin ini, memberi makanan yang kaya akan vitamin B12 adalah pilihan terbaik. Contoh makanan tinggi vitamin B12 adalah daging sapi, ayam, ikan, kerang, susu, dan telur. 

Baca juga: 5 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Anak

  1. Kulit dan Rambut Kering

Kekurangan vitamin A, D, E, dan K2 dapat menimbulkan gejala kulit dan rambut kering pada anak-anak. Apabila ibu melihat-tanda-tanda ini pada Si Kecil, berikan makanan yang kaya vitamin yang larut dalam lemak, seperti daging, hati atau minyak ikan.

  1. Lambatnya Pertumbuhan Gigi

Vitamin D juga amat dibutuhkan Si Kecil untuk mendukung berbagai fungsi tubuh anak, terutama kesehatan tulang dan gigi. Apabila ibu menyadari bahwa pertumbuhan gigi Si Kecil lebih lambat dari anak seusianya, bisa jadi itu disebabkan karena kurangnya asupan vitamin D. Kalau sudah begini, jangan lewatkan untuk memberi Si Kecil telur, susu, keju, ikan salmon dan makanan kaya vitamin D lain untuk menunjang pertumbuhan giginya. 

  1. Mudah Memar

Vitamin K dibutuhkan tubuh untuk membantu proses pembekuan darah dan menghentikan perdarahan saat luka. Anak-anak ternyata lebih rentan kekurangan vitamin K dibandingkan orang dewasa. Salah satu tanda bahwa Si Kecil kekurangan vitamin K adalah kulitnya yang mudah memar. Melansir dari Healthline, brokoli, bayam dan ayam adalah beberapa contoh sumber makanan yang kaya vitamin K.

Baca juga: Inilah 8 Pilihan Camilan Sehat untuk Anak

Apabila Si Kecil terlihat memiliki gejala-gejala di atas, bisa jadi anak sedang mengalami kekurangan vitamin tertentu. Jika ibu punya pertanyaan lain mengenai nutrisi Si Kecil, ibu bisa berbincang dengan ahli gizi melalui aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi, ibu dapat menghubungi ahli gizi kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Nursing in Practice. Diakses pada 2020. Vitamin deficiency in children: cause for concern?.
Health Grades. Diakses pada 2020. Common Vitamin Deficiencies in Children.
Healthline. Diakses pada 2020. 20 Foods That Are High in Vitamin K.