Kenali Teknologi Pembuatan Vaksin COVID-19

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 April 2021
Kenali Teknologi Pembuatan Vaksin COVID-19Kenali Teknologi Pembuatan Vaksin COVID-19

Halodoc, Jakarta – Vaksin COVID-19 merupakan vaksin yang digunakan untuk melawan dan memutus rantai penularan virus corona. Hal itu sudah diketahui secara luas dan dipahami dengan baik. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana sebenarnya proses pembuatan vaksin ini? Apa saja teknologi yang digunakan dalam pembuatan vaksin COVID-19? 

Selama ini, ada beberapa jenis vaksin yang beredar dan dikenal bisa membantu melawan virus penyebab penyakit. Namun, beberapa waktu belakangan ini vaksin COVID-19 seakan mencuri semua perhatian. Sebab, kehadiran vaksin ini diharapkan bisa membantu menghilangkan virus corona yang hingga kini masih menjadi pandemi. Sebenarnya, proses pembuatan vaksin corona tidak berbeda jauh dengan jenis vaksin lainnya. Biar lebih jelas, simak ulasannya di sini!

Baca juga: Ini Penyebab Munculnya Varian Baru Virus Corona

Teknologi di Balik Vaksin COVID-19 

Melansir Kompas.com, ahli ilmu farmasi dari Oregon State University, Amerika Serikat, Prof Taifo Mahmud menyebut ada dua jenis teknologi pengembangan vaksin yang utama, yaitu teknologi klasik dan terbaru. Teknologi klasik adalah cara pembuatan vaksin yang selama ini sudah dilakukan dan menghasilkan beragam jenis vaksin, termasuk vaksin polio, rabies, hingga vaksin hepatitis A. 

Cara pembuatan vaksin ini melibatkan jenis virus utuh yang kemudian dimatikan atau dilemahkan. Dengan kata lain, vaksin dibuat dan dikembangkan dengan memanfaatkan virus yang diinaktivasi. Sementara untuk vaksin COVID-19, teknologi ini digunakan dalam pengembangan vaksin dari Sinovac dan vaksin Sinopharm. Selain itu, ada sejumlah teknologi lain yang digunakan untuk mengembangkan vaksin corona, di antaranya: 

  • Virus-like Particles (VLP) 

Dalam teknologi VLP, pengembangan vaksin dilakukan dengan menggunakan zat atau jenis virus yang memiliki struktur mirip dengan virus corona. Namun, vaksin tidak memiliki genom dari virus tersebut. 

Baca juga: Mutasi Virus Corona dan Kemampuan mRNA Terbatas

  • Vaksin Viral Vector

Tidak berbeda jauh, teknologi pembuatan vaksin COVID-19 ini juga memanfaatkan virus lain. Cara ini dikembangkan oleh beberapa produsen vaksin, seperti Astrazeneca, Janseen, dan Gamaleya.

  • Teknologi mRNA

Sementara itu, Moderna, Pfizer, hingga CureVac mengembangkan vaksin dengan teknologi messenger RNA (mRNA). Jenis vaksin ini dikembangkan dengan materi genetik, yaitu protein spike dari COVID-19. Zat tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk memberi instruksi kepada sel tubuh dan memicu pembentukan antibodi terhadap virus. 

  • Teknologi Protein Subunit

Protein subunit adalah satu teknologi pengembangan vaksin yang memanfaatkan rekayasa protein. Dalam hal ini, protein dibuat khusus untuk meniru protein alami pada virus corona. Setelah masuk ke dalam tubuh, vaksin akan memicu reaksi antibodi untuk melawan virus dan mencegah infeksi. Salah satu vaksin yang dikembangkan dengan teknologi ini adalah vaksin Novavax. 

  • Antigen-presenting Cells (APC)

Ada juga teknologi vaksin yang disebut antigen-presenting cells (APC). Katanya, teknologi ini digunakan untuk vaksin yang saat ini tengah dikembangkan di Indonesia. 

Apapun jenis dan teknologi yang digunakan, semua bertujuan untuk menghasilkan vaksin yang sama, yaitu vaksin untuk melawan penyebaran virus corona. Seperti diketahui, sejak akhir 2019 lalu, virus ini muncul dan perlahan menjadi pandemi di seluruh dunia. Hingga ini, sejumlah peneliti dan produsen terus mengembangkan vaksin COVID-19 untuk melawan virus. 

Baca juga: Mutasi Virus Corona N439K Kebal Terhadap Vaksin COVID-19

COVID-19 bisa ditandai dengan beberapa gejala, termasuk demam dan sesak napas. Jika mengalami gejala penyakit yang parah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mengetahui penyebabnya. Biar lebih mudah, kamu bisa mencari daftar rumah sakit terdekat dan buat janji dengan dokter menggunakan aplikasi Halodoc. Ayo, download Halodoc sekarang!

Referensi:
Kompas.com. Diakses pada 2021. Mengenal Beragam Teknologi Pembuatan Vaksin Covid-19 di Dunia. 
Livescience. Diakses pada 2021. COVID-19 vaccines: The new technology that made them possible.
British Society Immunology. Diakses pada 2021. Types of vaccines for COVID-19.
Corona.jakarta.go.id. Diakses pada 2021. Kenalan dengan Vaksin-vaksin Covid-19, Yuk!
The New York Times. Diakses pada 2021. How the Novavax Vaccine Works.
Verywell health. Diakses pada 2021. An Overview of the Novavax COVID-19 Vaccine.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan