Kenali Titik Akupunktur Tangan dan Manfaatnya untuk Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 November 2022

“Titik akupunktur tangan dianggap dapat membantu menghilangkan beberapa masalah kesehatan. Selain dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, teknik pengobatan ini juga bebas risiko dan aman.”

Kenali Titik Akupunktur Tangan dan Manfaatnya untuk TubuhKenali Titik Akupunktur Tangan dan Manfaatnya untuk Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tubuh manusia mengandung banyak titik tekanan, tidak terkecuali tangan. Beberapa orang percaya bahwa menekan titik-titik tertentu pada tangan dapat memengaruhi bagian lain dari tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Titik-titik ini dapat dirangsang melalui terapi akupunktur tangan.

Titik akupunktur tangan dianggap dapat membantu menghilangkan beberapa masalah kesehatan. Teknik akupunktur sendiri merupakan pengobatan tradisional Cina menggunakan jarum khusus yang relatif bebas risiko, sehingga biasanya aman digunakan bersama perawatan yang direkomendasikan dokter. Nah, tempat-tempat titik akupuntur disebut acupoints.

Titik Akupunktur Tangan dan Manfaatnya

Praktisi akupunktur tradisional mengidentifikasi titik-titik tertentu yang mereka yakini meningkatkan aliran energi ke seluruh tubuh. Masih banyak orang yang mempraktikkan terapi ini sampai sekarang, meskipun belum banyak ilmuwan yang mempelajari prosedur dan kemanjurannya. 

Berikut beberapa titik akupuntur tangan yang sering dilakukan oleh praktisi akupunktur tradisional beserta manfaatnya:

  1. Jantung 7

Lokasi ini terletak di daerah pergelangan tangan, tepat di luar tulang kecil yang sejajar dengan jari kelingking. Menekan titik ini dianggap memiliki manfaat kesehatan, seperti pencegahan penyakit jantung, depresi, kecemasan, dan insomnia.

  1. Titik Gerbang Dalam

Sebenarnya, titik refleksi satu ini tidak berada tepat di tangan. Letakkan telapak tangan dan gunakan tiga jari untuk mengukur sekitar satu inci di bawah pergelangan tangan untuk menemukan titik ini.

Tekan keras tempat ini dengan ibu jari tangan yang berlawanan. Tekanan pada titik ini memiliki manfaat untuk mengobati masalah pencernaan seperti mual dan sakit perut.

  1. Meridian Paru-Paru

Terletak di tepi telapak tangan, meridian paru-paru membentang dari ujung ibu jari ke bawah hingga melewati lipatan di pergelangan tangan. Menurut ahli refleksologi, tekanan pada titik sepanjang garis ini dapat membantu meredakan gejala yang berhubungan dengan pilek, termasuk bersin, kedinginan, dan sakit tenggorokan.

  1. Titik Lembah Tangan

Seseorang dapat menemukan titik ini antara jari pertama dan ibu jari. Praktisi mengklaim bahwa menerapkan tekanan kuat ke titik lembah tangan dapat mengurangi stres, menghentikan migrain, dan menghentikan rasa sakit di bahu, gigi, dan leher

  1. Usus Kecil 3

Letak titik akupuntur tangan ini adalah tepat di bawah jari kelingking dan di atas salah satu lipatan besar tangan. Memberikan tekanan kuat pada titik ini diyakini dapat meredakan sakit telinga, sakit kepala bagian belakang, dan sakit leher.

  1. Titik Pergelangan Tangan 1

Praktisi dapat menemukan titik ini di pergelangan tangan. Titik ini berada dari jari kelingking ke lipatan pergelangan tangan. Ahli pijat refleksi yakin bahwa menekan kuat titik pergelangan tangan 1 menggunakan terapi akupuntur secara teratur dapat membantu meningkatkan kebahagiaan dengan mengatur emosi.

  1. Titik Gerbang Luar

Titik ini hampir sejajar dengan titik lembah tangan. Hanya saja letaknya ada di bagian sisi atas tangan dan lengan, di antara dua tendon. Menerapkan tekanan di titik ini dipercaya bisa meningkatkan energi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Base of Thumb Point

Kamu dapat menemukan titik ini dengan menelusuri jari di sisi telapak ibu jari sampai mencapai lipatan pergelangan tangan. Tekanan di titik ini diklaim dapat membantu meringankan masalah pernapasan.

Itulah pembahasan mengenai titik akupuntur tangan dan manfaatnya. Apabila kamu perlu berkonsultasi ke dokter terkait masalah kesehatan, kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Hands Pressure Points.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Hand Pressure Points: Everything You Need to Know.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan